Qupas Food

5 Teknik Memotong Bahan Masakan dengan Pisau, Belajar Memasak ala Koki Profesional

12 July 2020, at 04:05
5 Teknik Memotong Bahan Masakan dengan Pisau, Belajar Memasak ala Koki Profesional

Memasak bukan hanya soal menciptakan rasa enak pada sebuah masakan. Lalu menghidangkannya untuk memadamkan rasa lapar.

Tapi, memasak juga bisa soal menghadirkan seni dan keindahan dalam setiap porsi masakan. Keindahan dalam suguhan masakan bisa tercipta lewat keterampilan dalam memotong bahan masakan yang tersaji.

Semakin unik bentuk bahan masakannya terkadang memang semakin menggoda untuk dinikmati. Nah, kamu bisa coba 5 teknik memotong bahan masakan dengan pisau biar sajianmu lebih indah dipandang.

1. Chiffonade

Chiffonade (Foto: themom100.com)
themom100.com

Teknik memotong bahan masakan yang satu ini diperlukan kesabaran dan ketelitian yang cukup besar.

Pasalnya, hasil dari teknik memotong chiffonade ini berbentuk tipis melintang. Cocok untuk memotong sayuran dalam menu masakan lezat seperti sop dan salad.

2. Dicing

Dicing (Foto: bonappetit.com)
bonappetit.com

Teknik dicing atau yang biasanya disebut memotong dadu ini untuk menyeragamkan potongan bahan masakan. Biar nggak ada yang lebih besar atau lebih kecil.

Iris menjadi dua bahan masakan sebelum memootong dan potong memanjang sama rata. Teknik memotong ini biasanya digunakan untuk mengiris wortel atau timun.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Talenan Agar Noda Hitam Hilang dalam Sekejap

3. Minced

Minced (Foto: tasteofhome.com)
tasteofhome.com

Minced adalah Teknik memotong yang membuat bahan masakan menjadi potongan yang sangat kecil. Bisa dibilang seperti mencicang dengan pisau.

Teknik ini biasanya digunakan untuk memotong bumbu halus, seperti bawang merah atau bawang putih.

4. Slice

Slice (Foto: wikihow.com)
wikihow.com

Teknik memotong yang satu ini bisa dikatakan yang paling dasar. Pasalnya, Teknik mengiris ini yang paling mudah dilakukan.

Kamu hanya perlu mengiris bahan masakan secara horizonal dengan tingkat ketipisan yang bisa disesuaikan dengan seleramu.

5. Jardiniere

Jardiniere (Foto: littlegreendot.com)
littlegreendot.com

Kalau Teknik memotong yang satu ini cukup popular digunakan. Biasanya digunakan untuk bahan masakan sayuran yang diolah menjadi menu tumisan.

Hasil dari potongannya berbentuk balok, biasanya digunakan untuk memotong wortel, kentang, lobak, dan bahan lainnya.

Dari beberapa teknik memotong bahan masakan menggunakan pisau di atas, kamu mau mempraktikkan yang mana nih? Yang pasti, kamu juga perlu talenan sebagai alas bahan masakan sebelum dipotong ya!