5 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai yang Bikin Kamu Susah Berpaling

20 November 2018, at 11:00
1
0
5 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai yang Bikin Kamu Susah Berpaling

Pesona Bali seolah nggak pernah lepas dari wisata pantainya. Tapi tahkah kamu kalau masih ada tempat menarik selain dunia lautan yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Pulau Dewata?

Yap! Saat berkunjung ke Bali, rugi banget kalau kamu hanya berkunjung ke pantainya saja. Sebab masih ada area menarik yang membuatmu terpesona.

Mulai dari yang bertema kebudayaan, alam hingga lokasi instagenik dan unik bisa kamu temukan di Pulau Bali. Dijamin akan membuatmu betah dan malas pulang deh.

Nggak percaya? Lebih baik simak dulu ulasan Qupas berikut ini!

1. Hidden Canyon

hidden canyon bali
instagram.com/agung.ww95

Bukan hanya pantai, ada pula wisata tersembunyi di Bali yang keindahannya pasti bikin kamu takjub. Letaknya berada di dekat Pura Beji Guwang Sukawati.

Tempat tersebut adalah sebuah ngarai yang sakral dan belum banyak diketahui orang. Bahkan kamu juga bisa menyaksikan keunikan dinding yang terbentuk di wisata ini.

Bentuknya pun beragam. Mulai dari sosok tengkorak yang tengah menangis, berupa wajah hingga singa.

Sambil megagumi keindahannya, kamu pun bisa turun ke wilayah perairannya. Tapi tetap hati-hati ya!

Tertarik untuk mengunjunginya? Kamu bisa menggunakan rute menuju ke Pura Beji Guwang karena lokasinya berdekatan.

hidden canyon
instagram.com/xtianpa

Dari Denpasar, Hidden Canyon dapat ditempuh kurang lebih selama 30 menit berkendara. Selama perjalanan, kamu akan melewati patung Garuda, lalu beloklah ke kiri menuju Banjar Wangbung.

Sekitar 200 meter dari Banjar Wangbung, kamu akan menemukan Pura Beji Guwang. Selanjutnya kamu bisa melalui tangga yang ada di samping tempat sakral ini hingga berjumpa dengan wilayah perairan.

Lalu beloklah ke kiri menyusuri sepanjang sungai yang berbatu. Kurang lebih sekitar 700 meter, kamu akan menemukan lokasi Hidden Canyon.

Takut tersesat? Kamu bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang tarifnya bisa mencapai lima puluh ribu rupiah.

Lokasi: Jalan Sahadewa, Banjar Wangbung, Guwang, Sukawati, Gianyar, Bali

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WITA

Tiket masuk: Lima belas ribu per orang

2. Pura Luhur Lempuyang

pura luhur lempuyang
instagram.com/alexxzaitsev

Bukan hanya bertajuk sebagai pura Hindu tertua di Bali saja. Tempat bersejarah sekaligus sakral ini juga menyajika pemandangan yang sangat indah.

Perlu kamu ketahui, Pura tertinggi ini ada di atas Bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang di daerah Karangasem.

Bahkan kamu perlu mendaki 1.700 anak tangga untuk bisa menyaksikan indahnya pemandangan bukit, gunung berapi dan laut di kejauhan dari pura ini.

pura luhur lempuyang bali
instagram.com/niccol_yie

Pura Luhur Lempuyang ini bisa ditempuh selama kurang lebih 2 jam dari pusat Kota Denpasar. Kamu pun bisa mencapainya melalui kawasan wisata Candidasa melewati Amlapura.

Adapun alternatif lain yang bisa kamu tempuh adalah melalui Kecamatan Selat Karangasem. Kemudian melalui Kota Semarapura lalu ambil arah ke Besakih.

Lokasi: Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.00-18.00 WITA

Tiket masuk: Donasi

3. Bukit Belong

bukit belong
instagram.com/digital.depths

Selain pantai, ada juga wisata di Bali yang patut kamu kunjungi karena panorama cantiknya. Bukit Belong namanya.

Letaknya ada di kawasan Klungkung. Dari puncak bukit, kamu bisa menyaksikan area persawahan, tanaman hijau, pemukiman penduduk hingga lautan.

Sambil menyaksikan panorama alam yang sungguh memikat, kamu juga bisa sekalian hunting foto.

Salah satu spot foto favorit di sini adalah di sebuah pohon yang letaknya pas di dekat jurang. Hamparan alang-alang pun juga nggak kalah menarik untuk menjadi elemen jepretanmu.

bukit belong bali
instagram.com/backpackertampan

Tertarik untuk berkunjung? Mumpung rutenya nggak terlalu sulit, lho. Bahkan petunjuk arah juga siap membawamu ke lokasi wisata.

Saat kamu menuju ke Karangasem melalui Jalan Bypass Ida Bagus Mantra, kamu akan melewati Bukit Belong Gunaksa dan Kusamba Klungkung.

Perlu kamu ketahui, Desa Bukit Belong ada persis di sekitar dua wilayah tersebut. Kamu pun bisa mencapainya dengan mengikuti jalan kecil hingga tiba di titik awal pendakian.

Lokasi: Jalan Raya Gunaksa, Gunaksa, Dawan, Klungkung, Bali

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

Baca juga: 6 Wisata di Bali Timur dengan Nuansa Asri nan Sepi

4. Tukad Unda

tukad unda
instagram.com/zerodidi

Ingin menikmati wisata gratis di Bali tapi panoramanya tetap cantik? Coba deh datang ke Tukad Unda yang ada di wilayah Klungkung!

Dalam bahasa lokal, tukad sendiri merupakan sungai. Sedangkan unda artinya lapisan, sehingga "Tukad Unda" bermakna sungai yang berlapis-lapis.

Area ini memang tampak bertingkat-tingkat karena adanya infrastruktur bangunan. Nggak heran kalau aliran air yang jatuh dari atas menghadirkan pemandangan indah seperti air terjun mini.

tukad unda bali
instagram.com/nadirasaraswati

Menariknya lagi, tempat ini didapuk sebagai lokasi foto prewedding terbaik. Jadi nggak heran kalau Tukad Unda cukup populer di kalangan para pasangan yang akan segera menikah.

Tukad Unda sendiri berara sekitar 62 kilometer dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Waktu tempunya pun kurang lebih selama 1 jam berkendara.

Selain itu, lokasinya juga sangat dekat dengan pusat Kota Semarapura, yakni sekitar 1,5 kilometer ke timur. Bahkan kamu bisa menemukannya dengan mudah saat di lihat dari jalan utama Kota Klungkung.

Lokasi: Jalan Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Klungkung, Bali

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis 

5. Rumah Bambu Pengalon

rumah bambu pengalon bali
instagram.com/ysntamnd

Rumah Bambu Pengalon pasti akan membuatmu sadar kalau di Bali bukan hanya wisata pantainya saja yang layak dikunjungi. Terutama bagi yang gemar hunting foto.

Sebenarnya bangunan ini rencananya akan menjadi tempat diadakannya festival musik Bali Unite. Sayangnya proyeknya justru mangkrak karena terhalang perizinan.

Meski belum pernah selesai dibangun, tapi arsitektur dari bambu tempat ini benar-benar eksotis. Kamu pasti nggak tahan untuk segera mengabadikannya dalam sebuah foto.

Terlebih lagi pemandangan di sekitarnya juga cantik. Bahkan terdapat danau kecil yang jernih akan memanjakan matamu.

rumah bambu pengalon
instagram.com/elmasoedirman

Untuk bisa sampai ke sini, kamu bisa memulai perjalanan dari pusat Kota Denpasar. Selanjutnya arahkan kendaraanmu ke kanan setelah SPBU di Yeh Malet (melewati Pura Goa Lawah).

Tepat di kantor Desa Antiga Timur, lanjutkan perjalanan sekitar 400 meter lagi dari Jalan Raya Amlapura-Denpasar.

Ikuti saja terus jalanan yang nggak beraspal, maka kamu akan segera tiba di Rumah Bambu Pengalon.

Lokasi: Banjar Pengalon, Desa Antiga, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali

Jam buka: -

Tiket masuk: Gratis

Ternyata selain pantai masih ada beberapa tempat wisata di Bali yang recommended untuk kamu kunjungi. Bahkan bukan hanya sekedar memanjakan mata dan melepas penat saja.

Untuk para pecinta dunia fotografi, kamu juga bisa berkunjung ke wisata yang sudah Qupas rekomendasikan tersebut. Jadi kapan nih liburan ke Bali?

0 Comment