5 Tempat Wisata di Jakarta Selatan untuk Liburan Bersama Keluarga

13 December 2018, at 04:00
2
0
5 Tempat Wisata di Jakarta Selatan untuk Liburan Bersama Keluarga

Jakarta Selatan merupakan wilayah yang ternyata punya wisata menarik. Bahkan cocok untuk dikunjungi saat akhir pekan maupun ketika liburan panjang bersama keluarga.

Bukan hanya menampilkan suasana kota metropolitan khas ibukota Jakarta. Tapi wilayah ini ternyata juga memiliki beberapa tempat yang bisa dikatakan dapat mendekatkan diri dengan alam.

Selain itu, ada pula tempat yang cocok untuk mengajak anak bermain sambil belajar. Jadi nggak ada salahnya untuk membawa si kecil ke tempat tersebut ketika libur panjang tiba.

Penasaran dimana saja lokasinya kan? Yuk langsung simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Kebun Binatang Ragunan Jakarta

kebun binatang ragunan
instagram.com/woro17

Kebun Binatang Ragunan memang menjadi tempat wisata favorit bagi warga Jakarta Selatan. Terlebih lagi suasana asri dapat dinikmati di sini meski lokasinya ada di kawasan perkotaan.

Beragam hewan yang ada di kebun binatang ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Ditambah lagi ketika menyaksikan atraksi menggemaskan dari binatang-binatang tersebut.

Adapun beberapa hewan yang dapat kamu saksikan ketika ada di kebun binatang ini, yakni meliputi jenis unggas, reptil, primata hingga mamalia.

Berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamananmu pun tersedia di wisata Jakarta ini. Misalnya saja seperti toilet, musala hingga tempat makan.

kebun binatang ragunan jakarta selatan
instagram.com/laelah_ela_alah

Selain itu, ada pula beberapa wahana yang bisa kamu kunjungi, tapi dengan biaya tambahan. Contohya seperti:

  • Onta tunggang: Tujuh ribu lima ratus rupiah
  • Kuda tunggang: Lima ribu rupiah
  • Taman satwa anak: Dua ribu lima ratus rupiah
  • Kereta keliling: Tujuh ribu lima ratus rupiah
  • Perahu angsa: Delapan belas ribu rupiah
  • Kuda bendi: Lima belas ribu rupiah
  • Sepeda tunggal: Sepuluh ribu rupiah
  • Sepeda ganda: Lima belas ribu rupiah

Bukan hanya itu, kamu juga akan dikenakan biaya jika memasuki Ragunan Primata, yakni enam ribu rupiah (Selasa-Jumat) dan tujuh ribu lima ratus rupiah (Sabtu-Minggu)

Lengkap dan tarif masuknya super terjangkau ya? Jadi jangan ragu lagi deh untuk liburan ke sini!

Alamat: Jalan Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam operasional: Selasa-Minggu (07.30-16.00 WIB); Senin (tutup)

Tiket masuk: Empat ribu rupiah (dewasa); tiga ribu rupiah (anak-anak)

Jangan lupa review di sini, Kebun Binatang Ragunan Jakarta

2. KidZania Jakarta

kidzania
instagram.com/kidzaniajakarta

Liburan bersama si kecil bukan melulu soal menghiburnya saja. Tapi juga bisa mengajaknya bermain sambil belajar.

Salah satu lokasi yang bisa dikunjungi adalah KidZania, sebuah theme park atau 'kotanya' anak-anak dengan mengedepankan unsur pendidikan sekaligus hiburan bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

Tempat yang pertama kali didirikan di Santa Fe di Mexico City pada 1 September 1999 ini menyerupai replika kota yang sesungguhnya. Tapi pasti disukai oleh anak-anak.

Di sana juga dilengkapi dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, anak-anak juga bisa memainkan peran atau profesi layaknya orang dewasa. Ia bisa menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.

kidzania jakarta selatan
instagram.com/kidzaniajakarta

Harga tiket untuk bisa melakukan segala aktifitas seru di tempat ini pun cukup terjangkau, yakni senilai:

  • Senin-Jumat: Kategori batita (2-3 tahun) tarifnya lima puluh ribu rupiah; anak (4-16 tahun) tarifnya 200 ribu rupiah; dewasa (17-64 tahun) tarifnya 150 ribu rupiah; senior (65 tahun ke atas) tanpa dipungut biaya.
  • Sabtu-Minggu: Kategori batita (2-3 tahun) tarifnya 100 ribu rupiah; anak (4-16 tahun) tarifnya 250 ribu rupiah; dewasa (17-64 tahun) tarifnya 200 ribu rupiah.

Cukup terjangkau kan? Pasti sangat menyenangkan saat membawa buah hati ke tempat ini.

Alamat: Pacific Place, Jalan Jend. Sudirman No.Kav. 52-53, Senayan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam operasional: Senin-Kamis (09.00-16.00 WIB); Jumat-Minggu (09.00-14.00 WIB dan 15.00-20.00 WIB)

Tiket masuk: Tarif mulai dari lima puluh ribu rupiah sampai 250 ribu rupiah

Jangan lupa review di sini, Kidzania Jakarta

3. Museum Satria Mandala Jakarta

museum satria mandala
travelbos.id

Wisata di Jakarta Selatan satu ini patut untuk dikunjungi jika para orangtua ingin menanamkan jiwa patriotisme dan kebanggaan akan militer Indonesia pada anak. Kenapa?

Sebab museum satu ini menyimpan koleksi berbagai perlengkapan perang, seperti senjata ringan ataupun berat, pesawat, mobil bahkan tank baja.

Museum Satria Mandala Jakarta ini juga terbagi menjadi beberapa area yang menyimpan cerita tersendiri, yakni:

  • Ruangan khusus bagi 4 jenderal besar Indonesia: Contohnya seperti Jendral Oerip Soemoharjo, Panglima Besar Jendral Sudirman, Jendral Besar (bintang 5) Abdul Haris Nasution dan Jendral Besar (bintang 5) H.M. Suharto.
  • Ruangan Diorama: Terdiri dari dua lantai, yakni utama dan basement. Lantai utama menyediakan diorama-diorama dari jaman Proklamasi, pembentukan BKR, dan diakhiri dengan diorama Palagan Ambarawa.
  • Koleksi senjata: Ada beragam jenis senjata, seperti pistol,meriam penangkis serangan udara, molotov buatan sampai bamboo runcing.
  • Koleksi pesawat dan kendaraan lapis baja: Letaknya ada di halaman belakang, dimana di sini ada semacam hanggar yang menyimpan sebagian kecil pesawat perintis yang dimiliki oleh TNI.

museum satria mandala jakarta selatan
weekendatmuseum.weebly.com

Sebenarnya masih banyak hal yang dapat ditemukan di sini. Terutama soal keterkaitannya dengan sejarah. Kalau ingin liburan yang bermanfaat, tempat wisata ini recommended banget untuk kamu. 

Alamat: Jalan Gatot Subroto No.14, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam operasional: Selasa-Minggu (09.00-14.30 WIB); Senin (tutup)

Tiket masuk: Dua ribu lima ratus rupiah

Jangan lupa review di sini, Museum Satria Mandala Jakarta

Baca juga: Harga Tiket Dufan dan Wisata Jakarta Utara Lain Untuk Piknik Akhir Pekan

4. Taman Ayodya

taman ayodya
instagram.com/candrayudhaprasutio

Jakarta nggak melulu soal kemacetan, banjir maupun kehidupan yang sangat keras. Sebab di sini juga ada tempat hiburan yang pastinya mampu membuat pikiran tenang dari hingar bingar kota.

Sebut saja Taman Ayodya, ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan yang megah dan tersedia beragam fasilitas menarik. Misalnya saja seperti tempat nongkrong, danau buatan, sarana olahraga, jalur olahraga dan lainnya.

Luas taman ini sendiri adalah 7.500 meter persegi. Bahkan tepat di tengahnya ada danau seluas 1.500 meter persegi.

Nggak hanya membuat hati dan pikiran lebih tenang, ada pula fasilitas yang pasti membuat pengunjung betah berlama-lama di sini, yakni wifi.

taman ayodya jakarta selatan
instagram.com/puudarmawan

Jadi para pengunjung bisa bersantai sambil membawa gadget mereka ketika liburan di taman ini. Penataan yang rapi dan luar biasa juga memungkinkanmu untuk hunting foto.

Menariknya lagi, di sini juga banyak juru foto keliling yang menawarkan jasa mereka untuk memotret para pengunjung. Jadi nggak perlu khawatir lagi kalau kamu lupa membawa kamera.

Alamat: Jalan Lamandau III, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis

Jangan lupa review di sini, Taman Ayodya

5. Taman Anggrek Ragunan Jakarta

taman anggrek ragunan
instagram.com/pijar.suciati

Bukan hanya ruang terbuka hijau yang megah, Jakarta Selatan juga menyediakan taman bunga yang sangat cantik. Jenis tanamannya adalah anggrek yang memang dapat tumbuh baik di negara tropis seperti Indonesia.

Beragam jenis anggrek bisa kamu temukan di sini. Menariknya lagi, bunga tersebut nggak hanya bisa dinikmati kecantikannya saja. Kamu juga bisa membeli dan membawa mereka ke rumah.

Semakin banyaknya permintaan, maka ada perluasan lahan hingga menjadi 5 hektar dan terbagi menjadi 42 kavling.

Tapi ternyata tempat pembibitan anggrek bukan di kawasan Ragunan, melainkan di Bogor dan Sukabumi. Alasannya karena udara Jakarta yang kian panas dan berpolusi.

taman anggrek ragunan jakarta selatan
die-bruecke-jakarta.org

Diketahui, ternyata ketika pembibitan anggrek dilakukan di Ragunan, maka waktu pertumbuhannya bisa mencapai 5 bulan. Sedangkan ketika ada di Bogor atau Sukabumi hanya memerlukan waktu 2 bulan saja.

Jadi inilah penyebab anggrek yang telah berbunga mulai dipindah dari Bogor dan Sukabumi ke kawasan Ragunan.

Usai hunting foto, kamu juga bisa sekalian membeli bunga anggrek di Ragunan dengan harga mulai dari dua puluh lima ribu sampai tujuh puluh lima ribu rupiah. Terjangkau banget kan?

Alamat: Jalan Kebagusan Raya, Ragunan, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam operasional: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Seribu rupiah per orang

Jangan lupa review di sini, Taman Anggrek Ragunan Jakarta

Itulah beberapa wisata di Jakarta Selatan yang bisa jadi alternatif tempat untuk liburan akhir pekan maupun tahun bersama keluarga. Nggak perlu menyediakan budget mahal, kamu pun sudah bisa menikmati beragam fasilitasnya.

Bahkan ada pula tempat seru untuk tumbuh kembang anak di Jakarta Selatan, lho. Hmm, jadi nggak sabar untuk liburan ya, Sahabat Qupas?

0 Comment