Qupas Beauty

5 Tips Makeup untuk Kulit Sensitif Biar Nggak Mengiritasi Wajah

15 August 2020, at 05:24
5 Tips Makeup untuk Kulit Sensitif Biar Nggak Mengiritasi Wajah

Pemilik kulit sensitif sering kerepotan ketika memilih produk makeup. Nggak cuma masalah harga ataupun warnanya, beberapa kosmetik bisa menimbulkan iritasi di wajah.

Meski begitu, jangan menyerah dan kapok berdandan ya. Dengan beberapa tips mudah, kamu bisa kok memakai makeup tanpa harus khawatir bakalan iritasi.

Untuk itu, langsung simak yuk 5 tips makeup untuk kulit sensitif berikut ini!

1. Perhatikan ingredients makeup

Cara Makeup Kulit Sensitif (Foto: instagram.com/3ce_official)
instagram.com/3ce_official

Seperti halnya memilih skincare untuk kulit sensitif, kamu juga harus memerhatikan ingredients makeup sebelum membelinya.  Sebab, beberapa bahan sangat berpotensi memicu iritasi.

Seperti salah satunya, parfum. Bahan parfum seperti ethylene brassylate, linalool, dan limonene juga wajib kamu hindari.

Dikutip dari paulaschoice.com, berbagai jenis alkohol seperti denatured alcohol, witch hazel, citrus extracts, dan essential oils bisa membuat kulit sensitif semakin sensitif.

2. Bijak dalam memilih warna produk makeup

Tips Makeup untuk Kulit Sensitif (Foto: instagram.com/3ce_official)
instagram.com/3ce_official

Produk makeup yang memiliki pigmentasi tinggi memang menggoda. Tapi jangan mudah terlena, kulit sensitifmu cenderung nggak bersahabat dengan kosmetik berwarna-warni.

Semakin intens warna kosmetik akan lebih rentan menimbulkan reaksi di kulit sensitif. Warna-warna netral seperti beige atau bronze bisa dipilih karena biasanya cukup jarang menimbulkan masalah.

Baca juga: Cara Layering Bahan Aktif Skincare Biar Nggak Bikin Wajah Iritasi

3. Lakukan patch test

Patch Test Makeup (Foto: instagram.com/etudeofficial)
instagram.com/etudeofficial

Setelah membeli makeup, jangan buru-buru mengaplikasikannya ke seluruh wajah. Selalu lakukan patch test atau tes reaksi alergi di bagian kulit yang paling sensitif.

Hal ini bisa kamu lakukan dengan mencoba makeup di belakang telinga atau area kulit paling sensitif lainnya. Durasi patch test bisa beragam.

Kamu bisa mengaplikasikan makeup di wajah dengan tenang kalau nggak ada reaksi setelah tiga hari sampai seminggu melakukan patch test.

4. Pilih makeup dengan formula melembapkan

Makeup untuk Kulit Sensitif (Foto: instagram.com/etudeofficial)
instagram.com/etudeofficial

Sebenarnya, langkah paling aman memang menggunakan makeup khusus kulit sensitif. Tapi kalau dirasa sulit, coba pilih kosmetik dengan formula melembapkan.

Produk bertekstur cair seperti liquid foundation, cream blush, liquid eyeshadow, dan hydrating setting spray bisa jadi pilihan tepat buat kamu. Jangan lupa juga, pilih yang formulanya ringan di kulit ya.

5. Jaga kebersihan alat makeup

Set Brush Makeup (Foto: instagram.com/3ce_official)
instagram.com/3ce_official

Iritasi di wajah seringkali disebabkan aplikator makeup. Maka dari itu, jangan lupa membersihkan brush makeup dan beauty blender secara rutin.

Aplikator makeup yang dipakai setiap hari setidaknya harus dibersihkan minimal sekali dalam seminggu. Kalau nggak, bakteri bisa bersarang dan berpotensi memicu iritasi di wajah.

Nah, itulah tips makeup untuk kulit sensitif yang harus diperhatikan. Biar hasil riasanmu makin maksimal dan nggak mengiritasi kulit.