Qupas Family

5 Tips Melatih Anak Berhenti Menggunakan Botol Susu, Nggak Susah Kok Bunda!

12 February 2020, at 13:00
5 Tips Melatih Anak Berhenti Menggunakan Botol Susu, Nggak Susah Kok Bunda!

Bayi atau balita biasanya sulit dilepaskan dari botol susu atau dot. Bagaimana nggak, selain memudahkan proses minum si kecil, penggunaan botol susu atau dot memang memberikan kenyamanan bagi buah hati.

Meskipun demikian, anak tetap harus beralih menggunakan gelas seiring dengan bertambahnya usia. Namun sayangnya, menghilangkan kebiasaan menggunakan botol susu bagi anak memang bukan hal yang mudah.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini Qupas rangkum beberapa tips parenting untuk melatih anak berhenti menggunakan botol susu. Mudah kok!

1. Perhatikan Kesiapan dan Usianya

Botol Susu (Foto: istockphoto.com)
istockphoto.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin melatih anak berhenti menggunakan dot atau botol susu adalah kesiapannya berdasarkan usia. Menurut American Academy of Pediatric, si kecil sebaiknya berhenti dari kebiasaan tersebut sebelum usianya 18 bulan.

Buah hati sudah bisa mulai dikenalkan dengan gelas sejak usia 6 bulan dan biasanya sudah bisa memegangnya sendiri saat usia mencapai 1 tahun.

Usahakan untuk nggak mengajari buah hati menggunakan gelas terlalu dini karena hal tersebut akan membuatnya kesulitan. Akan tetapi, terlalu santai juga nggak disarankan.

2. Ganti Secara Bertahap

Anak Berhenti Menggunakan Botol Susu (Foto: babynicnacs.com)
babynicnacs.com

Setelah mengatahui waktu yang pas, orang tua bisa mulai melatih anak berhenti menggunakan botol susu dan menggantinya dengan gelas atau cangkir bayi secara bertahap. Jangan melakukannya secara tiba-tiba karena hal tersebut akan membuat buah hati kaget.

Misalnya, pada minggu pertama orang tua bisa mengganti botol dengan gelas saat si kecil minum susu di pagi hari saja. Setelah itu, kamu bisa mencoba menggunakan pola yang sama di waktu-waktu lainnya.

3. Biarkan Anak Memilih Gelas yang Disukai

Anak Menggunakan Gelas (Foto: ourstart.com) 
ourstart.com

Agar si kecil semakin bersemangat dan bisa terlepas dari kebiasaan minum menggunakan botol susu atau dot, orang tua bisa mengajaknya membeli cangkir atau gelas yang disukai.

Bentuk yang lucu atau gambar yang menarik akan membantu buah hati melupakan botol susu kesayangannya dan beralih ke gelas atau cangkir tersebut.

Baca juga: Pikir-pikir Lagi, Mengenalkan Empeng pada Bayi Bakal Berikan Efek Negatif Ini

4. Menjadi Contoh

Menjadi Contoh untuk Anak (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Selain itu, orang tua juga bisa menjadi contoh dan menunjukkan pada anak bahwa minum menggunakan gelas atau cangkir merupakan hal mudah dan menyenangkan.

Jangan lupa, anak-anak merupakan peniru ulung dari orang-orang yang ada di sekitarnya lho!

5. Singkirkan Dot Atau Botol Susu

Dot Susu (Foto: shutterstock.com)
shutterstock.com

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar anak berhenti menggunakan dot adalah dengan menjauhkannya. Sembunyikan botol susu di tempat-tempat yang tertutup dan nggak terjangkau oleh buah hati.

Hilangnya botol susu atau dot dari pandangan si kecil dapat membantunya melupakan benda tersebut lebih cepat.

Meskipun mungkin nggak akan mudah karena buah hati akan sering rewel, namun Sobat Qupas harus sabar dan memahami hal tersebut. Jangan lupa untuk memberikan pujian saat si kecil berhasil melakukannya ya!