5 Tips Memasak Jamur Biar Seenak Buatan Koki Profesional, Anti Lembek!

25 September 2019, at 09:00
0
0
5 Tips Memasak Jamur Biar Seenak Buatan Koki Profesional, Anti Lembek!

Jamur menjadi salah satu bahan masakan yang cukup populer di Indonesia. Biasanya tanaman ini dimasak menjadi tumisan, isian kuah sop, hingga digoreng dengan balutan tepung yang gurih.

Namun, jamur menjadi salah satu bahan masakan yang mudah rusak. Tentu harus disimpan dan diolah dengan benar, supaya nggak menjadi lembek dan berair.

Untuk mengatasinya, Qupas punya lima tips memasak jamur biar seenak koki profesional nih. Dan juga nggak bikin lembek. Simak yuk!

1. Usahakan jamur dalam kondisi kering

cara memasak jamur shitake
thespruceeats.com

Tips memasak yang pertama adalah membersihkan jamur tanpa harus mencucinya. Pasalnya, jamur mengandung 80 persen air. Tanaman ini juga bisa menyerap air saat dicuci.

Lebih baik gunakan sikat gigi bersih atau lap kering untuk membersihkan jamur dari kotoran. Kamu juga bisa mencucinya dengan air mengalir, lalu memotongnya dan masak.

2. Membersihkan sela jamur

membersihkan sela sela jamur
demandstudios.com

Ada beberapa jenis jamur yang memiliki sela-sela dan harus dibersihkan. Seperti jamur merang atau jamur tiram.

Sela-sela itu terkadang menjadi sarang kuman dan ulat. Gosok sela jamur dan rendam selama 5 menit dengan air panas agar kotoran yang menempel bisa hilang.

Baca juga: 5 Tips Memasak Talas Biar Nggak Gatal Saat Dimakan, Mama Muda Wajib Tahu!

3. Jangan membuang batang jamur

membuang batang jamur
bonappetit.com

Untuk jenis jamur yang memiliki batang halus, seperti jamur kancing, jangan dibuang begitu saja. Rebus dan masak saja menjadi kuah kaldu. Pasalnya, batang jamur memiliki aroma yang bisa menambah cita rasa lezat pada masakan.

4. Minyak yang panas dan mentega adalah kuncinya

masak jamur dengan minyak panas
apartmenttherapy.info

Untuk memasak jamur tentu menggunakan minyak yang panas. Selain itu, tambahan mentega juga bisa membantu meningkatkan kematangannya secara sempurna.

Nantinya,jamur akan bertekstur kering dan nggak lembek. Tips ini bisa kamu lakukan saat akan memasaknya menjadi tumisan.

5. Jangan memasak terlalu lama

memasak jamur terlalu lama
bonappetit.com

Idealnya jamur hanya dimasak sekitar 3-5 menit saja. Hal itu untuk mendapatkan tekstur kenyalnya yang sudah matang.

Selain itu, jamur yang dimasak terlalu lama bisa membuatnya akan mengeluarkan air yang terserap saat dicuci.

Itu dia lima tips memasak jamur, biar hasil masakan jamur ala kamu biar seenak buatan koki di restoran mewah. Gampang banget kan?

0 Comment