5 Tips Membiasakan Anak Puasa Sejak Dini

13 June 2018, pada 03:00
1
0
5 Tips Membiasakan Anak Puasa Sejak Dini

Bila si kecil sudah mulai beranjak besar sudah saat untuk membiasakannya berpuasa di bulan Ramadan. Membiasakan anak kecil untuk berpuasa memang bukan perkara mudah. Ikuti 5 tips dari Qupas berikut ini agar si kecil bisa terbiasa berpuasa di bulan Ramadhan.

 

1. Membuat kartu prestasi puasa anak

 

fcbihor.net

Anak-anak pasti akan menyukai sesuatu yang berhubungan dengan kreatifitas tinggi. Kamu bisa membuat sebuah kartu prestasi yang didesain oleh si kecil sendiri. Lalu beri tahu bahwa kartu prestasi itu berisi 30 tabel hari yang harus diisi. Beri satu bintang untuk 7 tabel hari yang sudah diisi olehnya. Jelaskan juga padanya akan hadiah untuknya jika berhasil mendapatkan 4 bintang.

 

2. Mendongeng sebelum tidur tentang keutamaan puasa di bulan ramadhan

 

merries.co.id

Usahakan untuk para orang tua meluangkan sedikit waktu untuk bercerita tentang keutamaan berpuasa di bulan Ramadan yang penuh dengan berkah ini. Lewat cerita tersebut, si kecil akan termotivasi untuk meraih pahala sebesar-besarnya. Ceritakan dengan nada yang asik, menarik, dan membuatnya betah untuk terus mendengar cerita tersebut sampai selesai.

 

3. Bangunkan dengan lembut, sambil mengucapkan ada makanan kesukaannya dimeja makan saat sahur

 

dream.co.id

Saat sahur adalah saat dimana sang ibu atau ayah harus tega membangunkannya dari tidur lelapnya. Saat itu juga akan sangat sulit dilakukan bila si kecil tidak mau terbangun dari tidur lelapnya. Kamu bisa membujuknya dengan menyiapkan menu favoritnya untuk sahur.

 

4. Mengisi waktu makan dengan bermain agar si kecil lupa waktu

 

todaysparent.com

Selama berpuasa, sebisa mungkin ibu atau ayah meluangkan waktunya untuk bermain dan membuat si anak lupa waktu. Hal itu juga akan membuatnya betah menahan lapar karena serunya bermain dengan orang tua. Hanya perlu menyiapkan satu buah board game yang bisa dimainkan berdua atau banyak orang.

 

5. Melatih si buah hati puasa hanya sampai adzan dhuhur tiba

 

patheos.com

Kamu bisa melatih anak-anak dengan berpuasa hanya sampai di jam 12 atau waktu sholat dhuhur tiba. Satu jam setelah adzan dhuhur berkumandang, ajak si kecil untuk melanjutkan kembali puasanya. Dengan begitu, si kecil pasti akan telatih dengan sendirinya untuk berpuasa.

Melatih anak kecil untuk berpuasa akan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, namun bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dicoba.

0 Komentar