Qupas Food

5 Tips Membuat Kentang Goreng ala Restoran Cepat Saji, Biar Nggak Lembek!

21 July 2020, at 04:07
5 Tips Membuat Kentang Goreng ala Restoran Cepat Saji, Biar Nggak Lembek!

Siapa nih yang suka memesan menu kentang goreng di restoran cepat saji? Teksturnya yang gurih, renyah, dan lembut di dalam memang bikin nggak bisa berhenti nyemil.

Nah biar nggak melulu jajan di luar, kamu bisa mencoba lima trik membuat kentang goreng ala restoran cepat saji ini. Bye-bye, kentang goreng lembek!

1. Pilih Kentang yang Masih Segar

Pilih Kentang Goreng (Foto: bonappetit.com)
bonappetit.com

Salah satu tips untuk membuat kentang goreng ala fast food restaurant adalah memilih kentang yang masih segar. Nggak hanya yang masih segar, tapi kamu juga perlu memilih kentang dengan ukuran besar.

Itu karena kentang dengan ukuran yang besar lebih mudah dipotong memanjang. Selain itu, potongan kentang juga memiliki ketebalan yang pas saat digoreng.

2. Jangan Kupas Semua Bagian Kulit Kentang

Mengupas Kulit Kentang (Foto: acouplecooks.com)
acouplecooks.com

Tips membuat kentang goreng yang kedua adalah jangan mengupas semua bagian kulit kentang. Jet Tila, Celebrity Chef asal Amerika menemukan tips membuat french fries yang gurih.

Menurutnya, kamu bisa mendapatkan hasil gorengan kentang yang gurih dan lezat dengan tidak mengupas semua bagian kulit kentang. Kulit kentang bisa memberikan tekstur yang garing pada saat digoreng.

3. Tips Memotong Kentang

Memotong Kentang (Foto: finecooking.com)
finecooking.com

Cara membuat kentang goreng selanjutnya ditentukan pada proses pemotongan. Lapisi pisau dengan minyak agar kentang nggak menempel saat direndam di dalam air dingin.

Proses ini juga bisa menghilangkan kandungan pati dalam kentang. Bilas kentang dan keringkan dengan tisu dapur.

Baca juga: Iniloh 5 Tips Membuat Kentang Goreng Renyah ala Restoran Cepat Saji Pakai atau Nggak Pakai Tepung

4. Taburi Kentang dengan Tepung Maizena

Taburi dengan Tepung Maizena (Foto: mybakingaddiction.com)
mybakingaddiction.com

Gunakan tepung maizena sebagai bahan pelapis kentang. Dalam 250 gram kentang potong, taburkan 5 sdm tepung maizena.

Aduk-aduk dan tunggu selama 1 jam hingga tepung benar-benar menempel dengan kentang. Tepung maizena bisa membuat french fries menjadi lebih renyah di luar dan lembut di dalam.

5. Gunakan Teknik Deep Fry saat Menggoreng

Teknik Deep Fry (Foto: tasteofhome.com)
tasteofhome.com

Trik lain untuk mendapatkan kentang goreng ala restoran cepat saji ada di teknik penggorengannya. Goreng kentang dengan teknik deep fry.

Caranya tuang minyak goreng hingga memenuhi ½ wajan. Lalu, goreng kentang selama 5 menit dan angkat. Tunggu kentang hingga dingin. Kalau sudah dingin, goreng kembali sampai benar-benar matang.

Mudah dan sederhana sekali bukan tips kelima membuat kentang goreng di atas? Kalau gitu, yuk coba membuatnya, sobat Qupas.