Qupas Food

5 Tips Membuat Makanan Sehat dan Lezat Tanpa Garam, Jarang Diketahui Nih!

17 December 2019, at 04:00
5 Tips Membuat Makanan Sehat dan Lezat Tanpa Garam, Jarang Diketahui Nih!

Buat kamu yang lagi belajar masak, pasti garam dan gula adalah bahan masakan utama yang paling kamu kenali. Terlebih penggunaannya memang untuk menambah rasa pada masakan.

Tapi, tahukah kamu kalau mengonsumsi garam secara berlebihan bisa memicu banyak penyakit dalam tubuh. Sebagian orang-orang yang akan menjalani diet ketat atau hidup sehat pun perlu menghindari garam pada setiap masakan yang dikonsumsinya.

Nah, biar hidupmu jadi lebih sehat, nggak ada salahnya untuk mengikuti 5 tips memasak makanan sehat yang lezat tanpa garam. Simak yuk gimana caranya!

1. Menambahkan rempah-rempah

pengganti garam pada masakan
tasty-ideas.blogspot.com

Nggak ada salahnya untuk menambahkan rempah-rempah pada masakan. Tapi perlu diingat, kalau sudah menambahkan bumbu tersebut, jangan ditambahkan garam lagi ya!

Pengganti garam ini bebas kalori lho. Jadi berapapun kadar rempah yang kamu tambahkan ke dalam masakan, tetap bikin kamu sehat kok.

2. Taburkan bubuk rumput laut

taburi dengan bubuk rumput laut
bonappetit.com

Pengganti garam pada masakan selanjutnya adalah bubuk rumput laut. Rasanya yang gurih mirip dengan garam, jadi tetap mengundang selara makanmu.

Apalagi bubuk rumput laut bisa kamu tambahkan di berbagai jenis masakan. Termasuk keripik kentang atau singkong.

3. Membuat sendiri vinaigrette

membuat vinaigrette
playswellwithbutter.com

Vinaigrette adalah campuran minyak dan bahan yang memiliki rasa asam seperti air cuka. Bahan ini bisa kamu tambahkan pada masakan sebagai pengganti garam.

Vinaigrette pun bisa kamu tambahkan pada menu salad favoritmu. Biar makin lahap makannya.

Baca juga: 5 Bahan Makanan Alami Pengganti Gula, Ada yang Rendah Kalori Juga Lho!

4. Taburi masakan dengan bubuk bawang putih

taburi dengan bawang putih
bigcommerce.com

Biar makin enak, kamu juga bisa menambahkan taburan bubuk bawang putih. Bumbu ini bisa juga kamu tambahkan pada tumisan sayur biar makin gurih.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkannya pada olahan berkuah seperti bakso atau sayur lodeh sebagai penambah rasa.

5. Mengubah cara memasak

mengubah cara memasak biar lebih lezat
faberspa.com

Nggak hanya mengganti garam dengan bahan masakan lainnya saja. Tapi kamu juga perlu mengubah cara memasak.

Misalnya saja, dengan menggunakan api kecil agar bahan masakan lebih matang sempurna dan menghasilkan rasa masakan yang lezat. Lalu, mengganti cara memasak tumis dengan panggang.

Nah, itulah lima tips memasak masakan sehat tanpa menggunakan garam. Cukup mudah dan nggak ribet kan? Yuk coba mulai dari sekarang!