Qupas Beauty

5 Tips Mencegah Kulit Belang, Biar Nggak Dibilang Mirip Zebra Cross

19 March 2020, at 06:00
5 Tips Mencegah Kulit Belang, Biar Nggak Dibilang Mirip Zebra Cross

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit bisa menimbulkan berbagai masalah. Salah satunya membuat warna kulit jadi nggak sama alias belang.

Kulit yang belang akan tampak gosong atau kemerahan di beberapa area. Masalah ini biasanya dialami oleh wanita berhijab, orang yang sehari-hari naik kendaraan roda dua, dan mereka yang baru berlibur dari pantai atau usai berenang di siang hari.

Nah, supaya kamu nggak mengalaminya, mendingan simak 5 tips mencegah kulit belang berikut ini yuk! Biar nggak dibilang mirip zebra cross juga.

1. Pakai Tabir Surya

Memakai Tabir Surya (Foto: instagram.com/somebymi)
instagram.com/somebymi

Penggunaan tabir surya hukumnya wajib, meskipun nggak ada rencana keluar rumah. Dari dua jenis yang ada, yaitu sunscreen dan sunblock, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Sunscreen dengan SPF minimal 30, bisa kamu gunakan sehari-hari karena teksturnya lebih ringan dan nggak akan menimbulkan white cast atau bekas putih di kulit.

Sedangkan sunblock yang notabene mampu menghalangi sunar matahari supaya nggak menembus kulit akan lebih efektif bila dipakai untuk kegiatan tertentu. Seperti saat berenang atau ke pantai misalnya.

2. Mengenakan Pakaian Tertutup dan Penutup Kepala

Ilustrasi Wanita Memakai Topi (Foto: instagram.com/innisfreeofficial)
instagram.com/innisfreeofficial

Kulit wajah, tangan, dan kaki biasanya jadi area yang rentan belang dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menutupi bagian-bagian tersebut ketika keluar rumah.

Kamu bisa memanfaatkan bantuan, topi, kacamata, masker, dan kaos kaki sebagai cara mencegah kulit belang. Atau bagi kamu yang setiap hari naik kendaraan roda dua, wajib hukumnya memakai sarung tangan.

Baca juga: Hobi Berenang? Lakukan 5 Langkah Perawatan Ini Supaya Kulitmu Tetap Cantik

3. Aplikasikan Aftersun Gel

Ilustrasi Memakai After-Sun Gel (Foto: instagram.com/innisfreeofficial)
instagram.com/innisfreeofficial

Paparan sinar matahari yang menyengat terkadang langsung mengubah warna kulit jadi kemerahan alias terbakar. Nah, supaya keadaan ini nggak bertambah parah kamu bisa mengaplikasikan after-sun gel.

Meski after-sun gel bukanlah produk untuk menghilangkan kulit belang, tapi skincare yang satu ini siap membantu menenangkan kulit yang terbakar supaya kembali sehat dan warnanya nggak berubah jadi gosong.

4. Rajin Mengeksfoliasi Kulit

Mengeksfoliasi Kulit (Foto: instagram.com/sensatiabotanicals)
instagram.com/sensatiabotanicals

Tanpa disadari, warna kulit di beberapa bagian tubuhmu terkadang sudah nggak merata. Kalau sudah begini, kamu harus rajin melakukan ritual eksfoliasi supaya nggak tambah terlihat belang.

Cara menghilangkan kulit belang di wajah atau tubuh lainnya bisa dilakukan dengan rutin menggunakan produk peeling atau scrub. Baiknya pakai 2-3 kali dalam seminggu supaya hasilnya maksimal.

5. Masker dengan Bahan Alami

Masker dengan Bahan Alami (Foto: instagram.com/thebathbox)
instagram.com/thebathbox

Selain rajin eksfoliasi, cara memutihkan kulit belang dengan cepat bisa kamu lakukan dengan rutin maskeran. Biar nggak perlu beli produk yang mahal, ada banyak bahan alami yang bisa kamu pakai.

Misalnya seperti bengkoang, beras, kunyit, jeruk nipis, hingga pisang. Cara memutihkan kulit wajah ataupun tubuh belang secara alami ini pun nggak kalah ampuh dan tentunya minim bahan kimia karena kamu sendiri yang meraciknya.

Nah, itulah sederet tips mencegah kulit belang yang bisa kamu lakukan. Nggak disebut mirip zebra cross lagi deh!