Qupas Food

5 Tips Mudah Memasak Ampela Ayam Biar Nggak Alot dan Amis

23 December 2019, at 04:00
1
5 Tips Mudah Memasak Ampela Ayam Biar Nggak Alot dan Amis

Yang suka olahan ampela ayam mana suaranya?

Nah tahu nggak sih, kalau mengolah bahan makanan ini susahnya minta ampun. Bahkan ada yang merebusnya hingga berjam-jam agar ampela ayam menjadi empuk dan nggak amis.

Eits, Qupas punya cara mudahnya nih! Biar nggak ribet dan nungguin rebusan ampela hingga berjam-jam, begini lho tips mudah memasak ampela ayam.

1. Rendam dengan bawang putih

rendam dengan bawang putih
tradekorea.com

Kamu hanya memiliki bawang putih di rumah? Nggak perlu khawatir. Pasalnya aroma kuat dari bawang putih bisa menghilangkan bau amis dari ati ampela.

Caranya, parut bawang putih dan campurkan dengan air mineral. Setelah itu, rendam ati ampela dengan parutan bawang putih tersebut. Tunggu selama 15 menit saja.

2. Rendam dengan air jeruk

ati ampela
farm2fork.co.uk

Kalau bawang putih hanya menghilangkan bau amisnya saja. Beda lagi kalau kamu ingin ati ampelamu menjadi empuk dan nggak bau amis.

Caranya, rendam ati ampela ke dalam perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat hingga merata. Lalu, tunggu selama 15 menit.

Baca juga: 5 Resep Ayam khas Nusantara, Bisa Dicoba Agar Nggak Jajan Geprek Terus

3. Merebus ati ampela dengan rempah-rempah

ati ampela dengan rempah rempah
wixstatic.com

Selain merendam ati ampela dengan air perasan jeruk, kamu juga bisa merebusnya langsung dengan rempah-rempah.

Caranya cukup mudah. Masukkan ampela ayam ke dalam air panas dan masukkan bahan rempah seperti daun salam, daun jeruk, serai, dan parutan jahe.

4. Lumuri ati ampela dengan tepung cepat saji

ati ampela
grandbaby-cakes.com

Tepung cepat saji juga bisa digunakan untuk membuat ampela ayam jadi empuk. Caranya cukup mudah, yaitu ayak tepung cepat saji lalu remas dengan ampela ayam.

Setelah itu, goreng hingga matang. Saat menggorengnya, pastikan minyak panas dan api kompor kecil.

5. Masak dengan press cooker

resep ampela ati
momsdish.com

Biar ampela ayam menjadi empuk dalam waktu singkat, gunakan panci presto saat merebusnya.

Memiliki sistem pengaturan bertekanan uap dan panas, panci presto ini bisa membuat ampela ayam jadi empuk dalam sekejap saja. Tentunya, rebus juga dengan rempah-rempah agar aroma amisnya hilang.

Nah, sekarang jadi semakin tahu kan? 5 tips mudah memasak ampela ayam ini bisa kamu gunakan untuk masakan spesial favorit keluarga.