Qupas Beauty

5 Tips Perawatan Kulit Kering dan Berjerawat Biar Wajah Tetap Sehat

23 August 2020, at 05:58
1
5 Tips Perawatan Kulit Kering dan Berjerawat Biar Wajah Tetap Sehat

Produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kemudian terinfeksi bakteri dikenal sebagai penyebab umum timbulnya jerawat. Karena itulah, jerawat sering kali dialami oleh pemilik kulit berminyak.

Tapi, bukan berarti kulit kering bisa sepenuhnya bebas dari jerawat. Sebab, apapun yang menyumbat pori-pori bisa mengundang jerawat.

Nah, kali ini Qupas akan membagikan tips perawatan kulit kering dan berjerawat yang bakalan sukses bikin wajahmu mulus. Simak yuk!

1. Pilih facial wash yang lembut di kulit

Facial Wash untuk Kulit Kering Berjerawat (Foto: instagram.com/thebathbox)
instagram.com/thebathbox

Meski ampuh melunturkan kotoran di wajah yang bisa menyumbat pori-pori, beberapa bahan yang ada dalam produk pembersih muka terkadang berpotensi mengikis minyak alami kulit.

Maka dari itu, pilihlah produk facial wash dengan formula lembut yang nggak akan bikin kulitmu semakin kering. Cleanser yang kaya bahan pelembab, seperti hyaluronic acid, juga bisa jadi pilihan tepat.

Perlu diingat juga, biar kelembapan wajah tetap terjaga,  jangan terlalu sering mencuci muka ya. Bagi pemilik kulit kering, membersihkan wajah 1-2 kali sehari sudah cukup.

2. Hati-hati dalam memilih produk anti acne

Cara Mengatasi Wajah Kering Kusam dan Berjerawat (Foto: orianka.com)
orianka.com

Mencari skincare untuk kulit kering dan berjerawat terkadang memang cukup susah. Sebab, produk yang ada di pasaran lebih banyak ditujukan bagi pemilik kulit berminyak.

Belum lagi, beberapa bahan dalam obat jerawat seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid sering kali malah bikin kulit semakin kering.

Sebagai tips, baiknya aplikasikan produk skincare anti-acne pilihanmu di area yang berjerawat aja ya. Jangan mengoleskannya ke seluruh wajah supaya kulitmu nggak kering dan iritasi.

Baca juga: 5 Acne Spot Treatment Lokal Terbaik yang Ampuh Lenyapkan Jerawat dalam Semalam

3. Kandungan skincare yang harus dihindari

Toner, Serum, ataupun Pelembab untuk Kulit Kering Berjerawat (Foto: instagram.com/sokoglam)
instagram.com/sokoglam

Merawat kulit kering dan berjerawat harus seimbang antara pemakaian produk hydrating dan anti-acne. Selain itu, ada beberapa bahan skincare yang wajib dihindari karena berpotensi membuat kulit semakin kering.

Misalnya seperti witch hazel, menthol, dan alkohol. Baiknya, pilih produk toner, serum, ataupun pelembab yang bersahabat untuk kulit kering berjerawat.

4. Ketahui eksfoliator yang tepat

Produk Eksfoliator (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Sebagai cara mengatasi wajah kering, kusam, dan berjerawat, produk eksfoliator dengan kandungan BHA bisa jadi pilihan yang pas.

Sebab, selain ampuh mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan wajah, bahan ini bisa memecahkan kotoran yang menyumbat pori-pori sekaligus menghilangkan kulit kusam tanpa membuatnya terasa kering sedikitpun.

Jangan lupa juga, hindari physical exfoliator dengan butiran scrub besar dan kasar, karena justru bisa membuat kulit iritasi dan semakin kering.

5. Pakai mud mask

Masker untuk Kulit Kering dan Berjerawat (Foto: instagram.com/freemanbeauty)
instagram.com/freemanbeauty

Kalau clay mask dikenal sebagai masker untuk kulit berminyak, pemilik kulit kering dan berjerawat bisa memakai mud mask yang bersifat hydrating atau lebih melembapkan.

Mud mask akan berfungsi sebagai masker detox wajah yang mampu bekerja secara efektif dalam membersihkan kulit dengan cara menarik kotoran dan racun dari dalam pori-pori. Hasilnya, kulit kering jadi sehat terawat dan terhindar dari jerawat.

Nah, itulah 5 cara merawat kulit kering dan berjerawat yang bisa langsung kamu coba. Nggak susah kan?