Qupas Beauty

5 Tips Perawatan Wajah Remaja Biar Terhindar dari Jerawat

02 September 2020, at 06:03
5 Tips Perawatan Wajah Remaja Biar Terhindar dari Jerawat

Aktivitas hormon di masa remaja biasanya akan menimbulkan masalah bagi kulit. Seperti produksi minyak berlebih hingga munculnya jerawat.

Untuk mengatasi masalah ini, produk perawatan wajah yang diperlukan remaja sebenarnya nggak banyak. Pemakaian skincare dasar yang tepat sudah cukup untuk menjaga kulit tetap sehat.

Nah, biar nggak salah langkah, simak 5 tips perawatan wajah untuk remaja berikut ini yuk!

1. Pilih sabun cuci muka dengan formula ringan

Tips Perawatan Wajah Remaja (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Setiap hari, wajah akan bersentuhan dengan polusi, keringat, dan faktor eksternal lainnya. Kalau nggak dibersihkan dengan baik, berbagai kotoran tersebut bisa menyumbat pori dan menimbulkan beragam masalah di kulit.

Untuk remaja, pilihlah sabun cuci muka formula ringan dengan pH rendah. Produk tersebut akan membantumu melunturkan semua kotoran di wajah tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit.

Perlu diingat juga, lakukan cuci muka dua kali sehari lalu ikuti dengan penggunaan toner.

2. Jangan lewatkan moisturizer dan sunscreen

Produk Perawatan Wajah Remaja (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Kulit yang terhidrasi dengan baik adalah salah satu kunci wajah sehat. Maka dari itu, jangan pernah melewatkan pemakaian moisturizer di pagi hari.

Setelah moisturizer terserap dengan baik, aplikasikan sunscreen untuk melindungi wajahmu dari bahaya sinar UVA dan UVB yang bisa membuat kulit terbakar dan cepat menua.

Baca juga: 8 Produk Skincare Korea Ini Aman untuk Kulit Remaja yang Sedang Puber

3. Eksfoliasi wajah seminggu sekali

Tips Perawatan Wajah untuk Remaja (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Kulit remaja memang masih bisa beregenerasi dengan baik. Tapi, bukan berarti kamu bisa melewatkan ritual eksfoliasi wajah.

Lakukan eksfoliasi wajah seminggu sekali untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Pastikan memilih produk face scrub yang lembut biar nggak menyiksa kulitmu.

4. Hati-hati memilih produk kosmetik

Kosmetik untuk Remaja (Foto: instagram.com/innisfreeofficial)
instagram.com/innisfreeofficial

Sekarang ini, banyak remaja yang sudah tertarik mengaplikasikan makeup. Sayangnya, beberapa produk kosmetik formulanya terlalu 'berat' untuk remaja.

Supaya lebih aman, pilihlah produk kosmetik khusus untuk remaja. Selain itu, perhatikan baik-baik daftar komposisinya supaya nggak menimbulkan masalah di kulit.

5. Pakai skincare dan makeup non-comedogenic

Kosmetik untuk Remaja (Foto: instagram.com/innisfreeofficial)
instagram.com/innisfreeofficial

Untuk mengurangi kemungkinan skincare dan makeup yang kamu pakai menyumbat pori-pori, gunakan produk berlabel non-comedogenic. Ini termasuk pelembap wajah, sunscreen, ataupun kosmetik seperti bedak.

Produk non-comedogenic diformulasikan sedemikian rupa supaya nggak menyumbat pori-pori dan memicu jerawat di wajah. Kamu juga nggak bakal sulit menemukannya, karena biasanya label ini sudah tertera di kemasan suatu produk.

Nah, itulah 5 tips perawatan wajah remaja yang perlu kamu perhatikan. Catat baik-baik ya!