Qupas Weekend

5 Trailer Film Hits Ini Sempat Menuai Protes, Kenapa Ya?

24 July 2019, at 12:00
5 Trailer Film Hits Ini Sempat Menuai Protes, Kenapa Ya?

Trailer film bisa dibilang sebagai pintu awal sebelum sebuah karya film meluncur di layar lebar. Hal ini juga merujuk pada upaya promosi film yang bakal segera tayang melalui video. Artinya, trailer adalah bagian terpenting dalam dunia perfilman.

Lalu, apa jadinya kalau sebuah trailer mendapat banyak protes sebelum tayang? Hmm, itu semua bukan nggak mungkin terjadi. Soalnya beberapa film berikut ini sempat mengalaminya. Apa saja judulnya?

Baca juga: Diapresiasi Sineas Mancanegara, 5 Film Indonesia Ini Justru Tuai Kontroversi di Negeri Sendiri

1. Cats

cats movie
encoreradio.co.uk

"Cats" adalah film live action yang diangkat dari sebuah karya dari seorang penulis legendaris, T.S Eliot. Film yang dikabarkan bakal rilis pada 20 Desember mendatang ini juga dibintangi oleh aktor, dan penyanyi terkenal seperti Taylor Swift, Idris Elba, James Corden, dan penari ballet Francesca Hayward.

Beberapa waktu lalu, trailer perdana film yang disutradarai oleh Tom Hooper ini pun sudah rilis. Tapi sayang, trailer tersebut menuai banyak protes. Banyak yang menilai kalau tampilan kucing-kucing dalam film terkesan dipaksakan. Kalau menurutmu gimana?

2. Sonic The Hedgehog

sonic
engadget.com

Sekitar akhir Maret 2019 lalu, trailer "Sonic The Hedgehog" telah diluncurkan. Sayangnya, banyak protes yang dilayangkan netizen usai video berdurasi sekitar 3 menit itu tayang.

Ada yang menyebut karakter sonic dalam film seperti mainan murahan, sampai gigi si tokoh berwarna biru itu mirip gigi manusia.

Karena kritikan pedas itu, sang sutradara, Jeff Fowler bakal ganti tampilan Sonic di film adaptasi game ini.

3. Pokemon: Detective Pikachu

detective pikachu
polygon.com

Trailer film live action yang sudah rilis pada 12 November 2018 lalu ini juga sempai menuai protes. Alasan pertama karena Pikachu berkomunikasi menggunakan bahasa manusia. Padahal di versi kartunnya, tokoh-tokoh Pokemon cuma bisa pakai bahasa Pokemon dan berkomunisi dengan pelatih dengan cara telepati.

Selain itu, suara Pikachu yang terlalu ngebas juga menuai kritikan dan dianggap aneh. Ada juga yang menyebut kalau Pikachu berbulu mirip dengan hamster. Kalau menurutmu gimana?

Baca juga: Fakta 'Pokemon Detective Pikachu', Film Terbaru yang Bikin Gemas

4. Avengers: Endgame

avengers endgame
bgr.com

Sebenarnya nggak terlalu krusial protes yang dilayangkan netizen di film terlaris sepanjang masa ini, tapi sempat jadi sorotan. Masalahnya cuma ada di penampilan Carol Danvers (Brie Larson) yang mendadak pakai makeup di trailer "Avengers: Endgame". Seperti diketahui, tokoh ini jarang pakai riasan di film "Captain Marvel".

Meski sempat menuai sedikit protes, toh hal itu bukan masalah. Soalnya film "Avengers: Endgame" sudah resmi melampaui penghasilan "Avatar".

5. Dua Garis Biru

dua garis biru
instagram.com/duagarisbirufilm

Nah, kalau film Indonesia satu ini masih baru tayang di bioskop, tepatnya 11 Juli 2019 lalu. Jadi salah satu film laris, ternyata trailer "Dua Garis Biru" juga sempat dikritik. Bahkan Gerakan Profesionalisme Mahasiswa Keguruan Indonesia (Garagaraguru) membuat petisi di Change.org.

Mereka menilai ada beberapa scene di trailer yang menunjukkan situasi pacaran remaja yang melampaui batas dan nggak layak dipertontonkan pada generasi muda.

So, menurutmu gimana? Dari kelima trailer film di atas, mana yang memang layak diprotes atau justru sebaliknya? Terlepas dari semua kritikan yang sempat dilayangkan, kita bisa ambil sisi baiknya saja. Toh beberapa diantaranya cukup laris di pasaran.