5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah

02 October 2018, pada 04:00
1
0
5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah

Tsunami yang terjadi di Palu memang mengundang duka yang mendalam. Kapendam XIII Merdeka Kolonel Inf Muhammad Tohir pun mengatakan bahwa hingga hari ketiga sudah ada 925 korban jiwa meninggal.

Sementara sebanyak 799 orang mengalami luka-luka dan 99 orang masih dalam pencarian. Adapun untuk bangunan yang rusak ada 66.733. Korban jiwa dan bangunan rusak yang sebanyak itu, tentu akan meninggalkan trauma yang mendalam juga.

Selain tsunami Palu, ada lima tsunami paling mematikan yang pernah terjadi di dunia yang terhitung dalam abad ini. Berikut penjelasannya,

1. Tsunami Aceh (2004)

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
kompasiana.com

Tanggal 26 Desember 2004, gempa dengan kekuatan 9,1 SR menghatam daerah ujung barat wilayah Indonesia. Tsunami itupun juga mengarah hingga ke Somalia, Afrika Timur menyapu hampir semua negara yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Menewaskan lebih dari 170.000 warga Aceh dan juga menewaskan sekitar 50.000 warga dari negara lain. Total korban jiwa yang meninggal saat itu sekitar 220.000 orang. Besarnya bencana Aceh, PBB pun menyatakan tsunami itu sebagai bencana kemanusiaan terbesar.

Beberapa negara maju pun turun tangan. Jerman yang mengirim pesawat militer yang berfungsi sebagai klinik darurat. Amerika mengirim kapal induknya untuk membantu evakuasi korban dan penyaluran bantuan.

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
grid.id

Gempa di Aceh menjadi gempa terbesar ketiga di dunia yang paling lama. Dengan durasi kejadian hingga 8,3 sampai 10 menit. Itu juga membuat planet Bumi bergetar 1 cm. Itulah yang memicu adanya tsunami terbesar di dunia.

Energi yang dikeluarkan dipermukaan bumi pun setara dengan 1.500 bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima, Jepang. Setara dengan 370 tahun pemakaian energi sumber daya alam di Amerika Serikat.

Lambat laun, Aceh pun mulai berbenah. Dengan sumbangan masyarakat dunia yang mencapai 14 miliar dolar Amerika banyak gedung yang mulai dibangun. Aktivitas warganya pun berangsur normal. Jerman pun memberikan sebuah alat yang dinamai German Indonesian Tsunami Early Warning System (GIRTEWS) sebagai sistem peringatan dini tsunami.

2. Tsunami Tohoku di Jepang (2011)

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
nice-newcarinformation.blogspot.com

Saat itu menjelang sore hari di tanggal 11 maret 2011. Gempa berkekuatan 9 SR mengguncang Tohoku yang berada di daerah lepas pantai Samudera Pasifik. Berada tepat di wilayah timur Honshu, Jepang.

Setelah terjadinya gempa dahsyat itu, Pusat Peringatan Tsunami setempat langsung mengeluarkan peringatan waspada tsunami. Peringatan itu diinformasikan untuk seluruh wilayah pantai pasifik di Jepang dan 20 negara lainnya termasuk pantai pasifik Amerika.

Dan benar, satu jam kemudian datang gelombang tinggi sekitar 10 meter menghantam pesisir Prefektur Miyagi. 15.000 jiwa warga Jepang pun melayang.

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
ibtimes.co.uk

Tsunami itu pun menghancurkan bangunan perumahan, menghanyutkan rumah, dan jalanan besar. Karena tsunami besar itu, Pemerintah Jepang pun mengeluarkan status darurat negara.

Bahkan Badan Keselamatan Nuklir Jepang melaporkan adanya situasi reaktor nuklir yang mengeluarkan status berbahaya sebanyak 8 kali. Hingga sedahsyat kekuatannya.

Badan Penyiaran Jepang melaporkan korban tewas sebanyak 15.269 orang, 5.363 orang luka, dan 8.526 orang hilang. Adapun juga dikonfirmasi ada dua kereta penumpang dalam jumlah yang nggak diketahui selama bencana tsunami dan sebuah kapal mengangkut 100 orang yang belum diketahui keberadaanya hingga saat ini.

Baca juga: 5 Gempa Paling Mengerikan di Dunia, Semoga Kita Nggak Mengalaminya

3. Gempa Chili (1960)

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
santiagotimes.cl

Tsunami lainnya yang juga maha dahsyat terjadi pada tahun 1960 di Chile. Awalnya gempa dengan 7,6 SR mengguncang kawasan Valdivia. Namun itu hanya awal dari sebuah bencana alam besar.

Bencana yang sesungguhnya saat goncangan berkekuatan 8,5 SR memicu tanah longsor di pegunungan dan tsunami setinggi 10 meter datang menghampiri.

Tsunami itu berhasil menyapu bersih bangunan kecil yang ada di pesisir hingga menyeret bangunan hingga ketengah daratan. 1000 jiwa pun menjadi korban meninggal.

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
gettyimages.com

Bencana alam itu pun disinyalir menjadi bencana terbesar yang pernah ada, seperti yang dilansir oleh Today in History. Dengan goncangan sebesar 9,6 SR dan gelombang setingga 10 meter.

Menewaskan 5.000 orang dan 1.000 orang terluka. Adapun juga jutaan orang harus menjadi tunawisma karena tidak memiliki rumah.

Dua hari kemudia, erupsi Gunung Cordon-Caulle meletuskan isi perutnya setelah 40 tahun tertidur lamanya.

4. Tsunami Papua Nugini (1998)

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
nritribune.com

Papua Nugini pun juga pernah dilanda bencana besar tsunami pada tahun 1998. Awalnya gempa sebesar 7,0 SR mengguncang daerah pesisir pantainya. Selang beberapa menit kemudian, datanglah sebuah gelombang besar setingga 15 m mengarah ke garis pantai.

Hanya selang beberapa menit saja, area yang paling parah berada di garis pantai sepanjang 30 km ke arah barat laut dari Aitape. Bahkan, air terus saja mengalir hingga sejauh 19 mil.

Beberapa desa di jalur tsunami pun hancur total dan sebagiannya lagi rusak berat. Gelombang tsunami besar itu meratakan bangunan hingga sejauh 60 m dari lokasi awal.

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
eic.eri.u-tokyo.ac.jp

Termasuk daerah Sissano yang berada tepat di barat laut Papua Nugini menjadi daerah dengan kerusakan bangunan dan infrastruktur paling parah. Itu disebabkan karena gelombang ketinggian hingga 49 kaki.

Tsunami itu mengakibatkan 2.200 orang meninggal, ribuan lainnya luka. Sedangkan untuk korban jiwa selamat ada sekitar 9.500 orang yang harus menjadi tunawisma.

5. Tsunami Teluk Moro di Filipina (1976)

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
politiken.dk

Tsunami dahsyat dengan gelombang hebat juga pernah terjadi di Filipina. Tepatnya pada malam hari tanggal 17 Agustus 1976. Gempa ini memiliki kekuatan getaran hingga 7,9 SR.

Tingginya gelombang ini mencapai lima meter yang saat itu langsung menyapu banyak warga yang tinggal di pesisir pantai. Menyapu habis tanpa adanya upaya penyelamatan karena mayoritas warga sedang tertidur.

Diketahui ada 8.000 korban jiwa yang harus tewas dalam bencana alam terburuk sepanjang sejarah Filipina ini.

5 Tsunami Paling Mengerikan Sekaligus Mematikan Sepanjang Sejarah
suaradewan.com

Adapun juga korban jiwa yang selamat melarikan diri menuju tempat yang lebih tinggi. Ribuan orang pun harus menjadi tunawisma karena bangunan yang mereka miliki sudah rusak dan rata dengan tanah.

Bencana ini bukanlah hal yang aneh di Filipina mengingat kawasannya terletak di daerah cincin api pasifik. Pasti akan sering dilanda gempa dan letusan gunung berapi. Namun yang paling parah dari yang pernah terjadi, barulah disaat tahun ini.

Lima tsunami terdahsyat yang pernah terjadi di dunia ini memang mengerikan. Terlebih ada Indonesia yang menjadi deretan negara yang juga pernah mengalami bencana alam besar. Semoga bencana alam besar seperti ini bisa diantisipasi dengan teknologi pendeteksi bencana dini dan pelatihan datangnya bencana oleh warga terutama yang tinggal di pesisir pantai.

0 Komentar