5 Wisata ala Maldives di Indonesia, Cantiknya Bikin Mata Nggak Berkedip!

18 August 2019, at 00:00
1
0
5 Wisata ala Maldives di Indonesia, Cantiknya Bikin Mata Nggak Berkedip!

Maldives adalah wisata impian banyak orang di dunia. Pasalnya kamu bisa menikmati lautan dengan sangat dekat. Keindahan baharinya juga luar biasa. Ditambah dengan resort-resort cantik yang fotogenik.

Tapi, kalau bicara soal Maldives terlalu jauh. Indonesia loh juga punya wisata ala Maldives. Kamu nggak perlu pergi ke luar negeri.

Nggak percaya? Yuk, Qupas bakal ngajakin kamu keliling Indonesia melihat keindahan bak Maladewa!

1. Pulo Cinta

pulo cinta
instagram.com/enoviando

Destinasi di Gorontalo ini sebenarnya adalah penginapan yang mengusung konsep eco resort. Jadi Pulo cinta dibangun dengan mempertimbangkan dampaknya bagi lingkungan. Masing-masing villa pun punya panel surya sebagai sumber listrik dan nggak pakai AC.

Bukan cuma menginap atau memandangi panorama sekitar, kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti diving, snorkeling, atau mampir ke Pulau Bajo dan hutan pesisir Boalaemo yang letaknya memang berdekatan. Soal tarif, kamu perlu menyediakan budget mulai dari Rp3,5 jutaan. Mahal sih, tapi pasti nggak bakal nyesel liburan ke Pulo Cinta.

Untuk bisa sampai ke Pulo Cinta, kamu harus melakukan perjalanan darat selama 2 jam dari Gorontalo menuju kabupaten Boalemo, kemudian naik perahu sekitar 15 menit menuju resort.

Lokasi Pulo Cinta : Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo

2. Pulau Bawah

pulau bawah riau
instagram.com/rajbelandres

Kesan mewah dan lebih privasi bakal kamu rasakan saat liburan ke Pulau Bawah. Wilayah dengan luas sekitar 300 hektar ini disebut-sebut sabagai tujuan wisatanya 'orang kaya'.

Menariknya lagi, kunjungan juga dibatasi cuma 70 orang setiap kali datang. Satu lagi yang perlu diketahui nih. Ternyata Pulau Bawah cuma bisa diakses melalui jalur laut maupun dengan menggunakan seaplane alias pesawat terbang yang bisa mendarat di laut. Hmm, nggak heran kalau disebut wisatanya orang kaya.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, seperti enjajal olahraga air hingga trekking ke hutan buat melihat satwa liar di habitat aslinya. Bahkan wisata di Riau ini punya sekitar 13 pantai yang masih 'perawan', lho.

pulau bawah
instagram.com/ninjarod

Untuk bisa sampai ke Pulau Bawah, kamu bisa menggunakan seaplane dari Bandara Batam dengan lama perjalanan kurang lebih sekira 70 menitan.

Nah, satu lagi yang menarik. Soal harga sewa satu kamar vila di Pulau Bawah, kamu perlu menyediakan budget sekitar 1.800 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp24 jutaan. Hmm, kudu kerja keras bagai quda dulu nih kalau pengen liburan ke Pulau Bawah.

Lokasi Pulau Bawah : Pulau Anambas, Kepulauan Riau

3. Pulau Saronde

pulau saronde
instagram.com/yanuarrainsyah

Wisata ala Maldives selanjutnya ada di Gorontalo lagi. Pulau Saronde namanya. Keeksotisannya nggak kalah dari Pulo Cinta. Tempat wisata ini punya pasir pantai berwarna putih serta air laut yang sebening kristal. Destinasi ini pun cocok buat kegiatan snorkeling.

Mau kulineran, main wahana air seperti banana boat, camping bisa dilakukan di sini. Kalau pengen nginap di cottage juga ada, lho. Dan kabar baiknya, tarif mulai dari Rp150 ribuan saja.

Supaya bisa sampai di wisata dengan pantai cantik ini, kamu perlu menempuh perjalanan darat ke Pelabuhan di Kwandang selama kurang lebih 1 jam. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan melalui laut dengan naik perahu katingting. Estimasi waktunya juga sejam.

Lokasi Pulau Saronde : Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo

Baca juga: Berapa Sih Tarif Menginap di Pulo Cinta?

4. Pantai Ora

pantai ora
instagram.com/_handrijay

Ini nih surga tersembunyi di wilayah timur Indonesia. Pasir pantainya purih bersih, air laut jernih, ditambah lagi dengan biota laut yang beragam. Nggak kalah dari Maldives alias Maladewa deh.

Di sekitar Pantai Ora memang ada penginapan. Ora Beach Resort namanya. Tapi kalau pengen lebih hemat, kamu juga bisa menginap di rumah warga sekitar.

Untuk bisa sampai ke Pantai Ora dari Kota Ambon, kamu perlu menuju Pelabuhan Hulnara, Tulehu. Dari sini ada kapal feri menuju Amahi dengan jadwal 2 kali setiap harinya, yaitu:

  • Tulehu-Amahai: Pukul 09.00 dan 16.00 WIT pada Senin-Sabtu; Minggu cuma jam 11.00 WIT (info bisa berubah sewaktu-waktu)
  • Amahai-Tulehu: Pukul 08.00 dan 14.00 WIT Senin-Sabtu, Minggu cuma jam 15.00 WIT (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Lokasi Pantai Ora : Pulau Seram, Kecamatan Seram Utara, Maluku Tengah, Maluku

5. Pulau Tegal Mas

pulau tegal mas
instagram.com/rahmat_ronaldo

Pulau Tegal Mas baru dibuka buat umum sekitar tahun 2016. Tapi semakin tahun, apalagi di 2019, wisata di Lampung ini kian hits. Apalagi di sini tersedia cottage terapung yang mirip sama Maldives.

Bukan cuma cantik di wilayah daratannya saja. Tegal Mas Lampung juga menyimpan kekayaan alam bawah laut. Mulai dari beragam jenis ikan-ikan kecil, batuan karang, bintang laut dengan warna cerah, atau kalau beruntung ada penyu berukuran besar di sini.

Baca juga: Mau Nginap di Pulau Tegal Mas Lampung? Segini Tarif Per Malamnya!

Segala fasilitas seperti cafe dan resto, gazebo, musala terapung, toilet, kamar mandi, hingga penyewaan alat snorkeling dan diving, wahana banana boat, jet sky hingga sepeda tersedia di sini. Menariknya, tiket masuk wisata ini juga murah, yaitu mulai dari Rp80 ribu saja. Pantas saja populer ya?

Lokasi Pulau Tegal Mas : Pidada, Kecamatan Panjang, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Wah, ternyata wisata ala Maldives banyak juga ya di Indonesia? Jadi buat para pecinta wisata bahari, nggak perlu jauh-jauh buat pergi liburan sampai ke luar negeri. Apalagi masih banyak kekayaan alam di Indonesia yang nggak kalah cantik dari negeri orang.

0 Comment