5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya

19 November 2018, pada 06:00
2
0
 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya

Bentangan alam Bogor memang memang punya pesona tersendiri. Nggak heran kalau wisata di wilayah ini mampu memikat banyak turis dari dalam maupun luar kota.

Tapi destinasi liburan mana saja yang kamu tahu saat berkunjung ke Bogor? Kemungkinan besar pasti masih bingung dimana saja tempat menarik di daerah ini.

Tenang saja, karena Qupas akan memberi rekomendasi wisata di Bogor yang cantiknya bukan main. Bahkan pasti akan membuatmu betah berlama-lama di sana.

Nggak percaya? Simak saja ulasan berikut ini!

1. Curug Leuwi Lieuk

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/wandy_day94

Wisata air di Bogor ini pasti akan membuatmu terkagum-kagum. Kenapa?

Sebab semua yang ada di Curug Leuwi Lieuk bisa dikatakan keren. Nggak hanya kolam alami dengan air yang jernih dan juga dingin.

Panorama sekitar seperti area tebing bebatuan yang mengelilingi kolam sangat memikat. Tepat di sekitarnya pun terdapat pepohonan di atas bukit yang menyejukkan.

Menariknya lagi, kamu nggak hanya bisa menikmati keindahannya dan berenang saja. Kamu juga bisa melompat dari atas tebing dengan tinggi bervariasi, yakni:

  • Paling tinggi (6-7 meter)
  • Medium (5 meter)
  • Terpendek (3 meter)

Kalau kamu tipe kurang suka tantangan, bisa saja hanya berenang di kolam yang kedalamannya mencapai 4 meter ini.

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/rahmanmahenra

Tapi tetap selalu hati-hati dan pastikan kalau kamu pandai berenang karena di area ini nggak disediakan perlengkapan yang cukup.

Untuk bisa sampai ke wisata ini, rute dimulai dari Bundaran Sentul Nirwana. Beloklah ke kiri menuju ke Jungle Land.

Dari pintu masuk sebelah kanan, ikuti jalan menanjak hingga tiba di pertigaan. Pilihlah rute ke kiri sampai menemukan papan nama Curug Leuwi Hejo yang satu lokasi dengan Curug Leuwi Lieuk.

Kalau takut tersesat, kamu perlu bertanya pada penduduk sekitar karena petunjuk arah wisata air terjun ini masih cukup minim.

Lokasi: Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Cibadak, Sukamakmur, Bogor

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah

2. Gunung Kapur Klapanunggal

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/aamrynt

Sebagian besar orang mungkin belum tahu tentang tempat cantik ini. Tapi berbeda dengan para penikmat olahraga panjat tebing.

Sebab Tebing Kapur Klapanunggal yang ada di kawasan Cileungsi merupakan salah satu spot menarik untuk kamu yang suka olahraga menantang tersebut.

Meski begitu, wisata ini bukan hanya dikhususkan untuk para penikmat panjat tebing. Bagi yang suka melihat panorama alam juga bisa berkunjung ke sini.

Hal ini karena keindahannya bisa kamu saksikan. Bahkan ada sejumlah gua yang menjadikan Gunung Kapur Klapanunggal menjadi populer.

Selain panorama gua, kamu juga bisa menyaksikan bentangan alam ketikan berada di dataran tingginya. Hamparan tanaman hijau dan rumah penduduk pun akan memanjakan indera penglihatanmu.

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/septiawanphotography

Agar bisa sampai di lokasi, arahkan kendaraanmu ke Cikeas dan Cileungsi. Setelah belok ke kiri sebanyak tiga kali, kamu akan keluar ke Jalan Narogong Raya.

Sejauh 2,7 kilometer lagi kamu akan menemukan jalan yang bercabang. Dari sini, arahkan kendaraan ke kanan memasuki jalanan proyek yang banyak dilalui truk besar.

Selanjutnya kamu bisa mencari Perumahan Coco Garden dan Cluster Modesta. Masuk ke kawasan ini sampai menemukan masjid untuk parkir kendaraan (untuk roda empat).

Dari parkiran, kamu bisa jalan kaki ke lokasi gunung kapur selama kurang lebih 15 menit. Berbeda kalau membawa motor, kamu bisa melanjutkan perjalanan hingga area wisata alam ini.

Lokasi: Cileungsi, Bogor

Jam buka: -

Tiket masuk: Gratis 

3. Curug Love

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/uglio_odio

Curug Love bisa dibilang merupakan salah satu wisata alam Bogor yang sangat eksotis. Tapi kenapa namanya sangat unik ya?

Ini karena adanya batu yang menggantung dan berbentuk seperti hati. Sebenarnya wisata air terjun ini punya nama asli Curug Meleduk.

Tapi karena adanya batuan berbentuk unik di sekitar air terjun, berubahlah namanya.

Nggak hanya bisa menyaksikan uniknya batu menggantung tersebut, ada area di sekitarnya yang pasti akan membuatmu terpikat.

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/maman0401

Letaknya memang tersembunyi. Namun panorama bebatuan membentuk seperti tebing yang tersusun rapi sangat memanjakan mata.

Saat berada di sini, kamu pun bisa sambil berenang. Meski begitu, tetap hati-hati saat berendam di sini.

Supaya bisa sampai di lokasi Curug Love, dari Sentul International Convention Centre langsung mengarah ke Jungle Land. Sebelum pintu gerbang, belok kanan dan melalui perkampungan.

Dari sini, kamu bisa menemukan petunjuk jalan. Ikuti saja terus dan kamu akan sampai di lokasi Curug Love.

Lokasi: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah

Baca juga: The Ranch Bogor dan 4 Wisata Ala Luar Negeri di Sekitar Puncak

4. Danau Quarry

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/nostagian

Tahukah kamu kalau danau ini terbentuk secara nggak sengaja?

Yap! Tepatnya karena wilayah perairan ini merupakan bekas penambangan pasir yang sudah nggak digunakan lagi.

Karena kejelian para traveler untuk mencari spot yang bagus, alhasil kubangan air ini justru menjadi wisata hits di Bogor saat ini.

Nggak hanya danau, kamu juga akan menyaksikan panorama alam yang membentang di sekitarnya. Misalnya seperti tebing serta hamparan tanaman hijau yang menyejukkan mata.

Mungkin bagi para jiwa petualang, kamu akan tertantang untuk memanjang tebing atau bahkan berenang di dalam danau. Tapi sebaiknya jangan lakukan karena kondisi cukup berbahaya dan minim pengawasan.

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/dk_bulsara

Untuk bisa sampai ke Danau Quarry, kamu bisa melalaui simpang tiga Semplak atau Pasar Parung. Selanjutnya arahkan kendaraan ke Kecamatan Rumpin.

Dari pasar Parung, lurus saja menuju simpang tiga Rumpin. Lalu beloklah ke kanan ke BDK-Bogor, Rumpin Panjang dan melewati Gunung Munara.

Ikuti jalan sampai menemukan petunjuk nama PT Lotus SG Lestari. Lanjutkan perjalanan ke sana sampai menemukan lokasi Danau Quarry.

Takut tersesat? Kamu bisa kok bertanya ke penduduk sekitar.

Perlu diingat, kondisi jalan menuju ke Danau Quarry cukup sempit dan rusak. Jadi pastikan saja kendaraan yang kamu bawa dalam kondisi prima ya!

Lokasi: Desa Kampung Sawah, Rumpin, Bogor

Jam buka: -

Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah

5. Gunung Batu Jonggol

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/aabay_bayu19

Ingin merasakan sensasi naik gunung tapi kamu masih belum berpengalaman? Coba deh datang ke wisata satu ini.

Sebab dengan ketinggian sekitar 875 mdpl, Gunung Batu Jonggol bisa didaki oleh para pemula. Medannya pun nggak terlalu sulit untuk bisa sampai ke puncak.

Dari atas ketinggian, kamu bisa menyaksikan pemantangan wilayah Jonggol yang hijau dan istimewa. Selain itu, gagahnya Gunung Gede Pangrangi juga bisa kamu lihat dari kejauhan.

Eksotisnya pemandangan di Gunung Batu Jonggol tentu bisa kamu abadikan dalam sebuah potret. Bahkan sampai kegiatah camping juga bisa kamu lakukan di sini, lho.

Tertarik untuk berkunjung? Kamu hanya bisa sampai di lokasi dengan kendaraan pribadi saja karena nggak ada angkutan kota yang bisa mengantarmu ke sini.

 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya
instagram.com/fadhikapray_

Selama perjalanan, kamu akan melewati Sentul dan menyusuri jalan tol yang menuju ke arah utara. Sekira 30 menit, kamu akan tiba di daerah Sukahati.

Beloklah ke kanan menuju jalan yang cukup rusak. Setelah kurang lebih selama 2 jam perjalanan dari Kota Bogor, kamu akan menemukan pertigaan.

Di sini terdapat papan nama yang akan mengarahkanmu ke Kota Jonggol dan Gunung Batu.

Pilih arah ke Gunung Batu dan nggak lama kemudian kamu akan tiba di lokasi.

Lokasi: Sukaharja, Sukamakmur, Bogor

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima belas ribu rupiah

Itulah beberapa wisata alam Bogor yang pesonanya seolah nggak ada habisnya. Bukan hanya bisa menikmati keindahannya saja.

Kamu pun bisa melakukan kegiatan menantang atau hanya sekedar bersantai-santai saja. Jadi jangan ragu lagi untuk liburan ke wisata di Bogor seperti yang sudah Qupas rekomendasikan ya!

0 Komentar