5 Wisata Bandung untuk Menikmati Akhir Tahun yang Jauh dari Keramaian

10 December 2018, at 14:00
2
0
5 Wisata Bandung untuk Menikmati Akhir Tahun yang Jauh dari Keramaian

Akhir tahun ini sudah punya rencana liburan kemana nih? Untuk yang sedang berada di Bandung, ada beberapa wisata yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melepas penat mumpung sedang banyak tanggal merah.

Mungkin akhir tahun akan identik dengan tema kembang api, keramaian, pesta bersama teman dan lain sebagainya. Tapi kamu juga bisa merayakannya dengan sensasi berbeda kok.

Salah satunya adalah berwisata di tempat yang tenang dengan panorama alam yang menakjubkan. Beberapa lokasi yang Qupas rekomendasikan ini tentu cocok untuk kamu yang ingin terlepas sejenak dari hingar bingar kota.

So, dimana saja lokasinya? Berapa tiket masuk dan apa yang bisa kamu saksikan di sana? Yuk simak ulasan berikut ini biar nggak semakin penasaran!

1. Tebing Keraton

tebing keraton
instagram.com/m.habibiazmi

Begitu mendengar namanya saja pasti kamu sudah tahu kalau tempat ini ada di ketinggian. Dari sini, kamu pun bisa menyaksikan panorama alam yang sangat menyejukkan mata.

Sambil duduk atau hunting foto, kamu juga bisa menghirup udara bersih di tebing Keraton. Pas banget untuk menghilangkan rasa penat dan mencari ketenangan dari hingar bingar kota.

Rute untuk mencapai wisata di Bandung ini pun cukup mudah. Kamu bisa menuju ke Dago Pakar - Terminal Dago - Taman Ir.H. Juanda.

Setelah pintu gerbang taman tersebut, arahkan kendaraanmu ke belokan kanan pertama. Sepanjang perjalanan, kamu pun akan melewati rumah-rumah besar dan perkampungan.

tebing keraton bandung
instagram.com/mrizalfrmnsyh_

Selanjutnya kamu masih harus melewati tanjakan dan jalan berbatu hingga sampai di pos teratas. Di sinilah kamu bisa memarkirkan kendaraan.

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah trekking selama kurang lebih 5 menit untuk bisa mencapai Tebing Keraton.

Lokasi: Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Cimenyan, Bandung

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 05.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Sebelas ribu rupiah

2. Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut
instagram.com/ramdanibudi612

Ingin menikmati wisata yang masih belum terjamah banyak orang dan cenderung sepi? Coba deh mampir ke Sanghyang Heuleut di kawasan Bandung Barat.

Objek wisata baru ini merupakan danau kecil yang dikelilingi bebatuan dan tebing. Nggak heran kalau tempat ini terlihat tersembunyi dari masyarakat luar.

Di sini kamu nggak hanya bisa menyaksikan air jernih di dalam danau. Berenang, hunting foto hingga berkemah pun dapat kamu lakukan di objek wisata keren ini.

Untuk bisa sampai di Sanghyang Heuleut, patokan rutenya adalah PLTA Saguling. Jarak gapura utama dengan lokasi danau ini adalah sekitar 5 kilometer.

sanghyang heuleut bandung
instagram.com/mochadjamalfarizqi

Kalau berangkat dari Bandung, kamu bisa mengambil rute Cimahi - Padalarang - Raja mandala - Pintu Gerbang PLTA Saguling.

Sebaiknya ketika datang ke tempat ini nggak di waktu hujan karena jalanan akan licin.

Lokasi: Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Gratis

3. Curug Bugbrug

curug bugbrug
instagram.com/panz04

Liburan akhir tahun menikmati wisata alam di Bandung pasti menarik. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Bugbrug.

Perlu kamu ketahui, curug dalam bahasa Sunda artinya air terjun. Sedangkan bugbrug berarti bertumpuk atau tumpang tindih.

Nggak salah kalau saat berada di sini, kamu akan menyaksikan air terjun yang bertumpuk ketika meluncur dari tebing tinggi.

curug bugbrug bandung
instagram.com/ricki_ip

Tepat di bawah pancurannya, terdapat kolam alami dengan kedalaman 3-4 meter yang menampung air yang jatuh dari tebing.

Dari pusat Kota Bandung, kamu perlu menuju ke daerah Cisarua di utara. Dari situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan kecil masuk area Ciwangun Indah Camp.

Lokasi: Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Tujuh ribu lima ratus rupiah

Baca juga: 5 Spot Foto di Farm House Lembang Untuk Postingan Instagrammu

4. Gua Pawon

gua pawon
instagram.com/nataniandur

Tempat ini terbilang hits di kalangan para traveler. Gua yang berada di Desa Gunung Masigit ini memiliki panjang 38 meter dan lebar 16 meter.

Ketika berada di sini, kamu bisa menyaksikan beberapa rongga layaknya kamar dengan jendela alami.

Kamu pecinta cerita sejarah? Kabar baiknya, di sini kamu bisa menyaksikan beberapa barang peninggalan masa purba yang terbuat dari bahan:

  • Kalsidon
  • Obsidian
  • Rijang
  • Kwarsit
  • Andesit

gua pawon bandung
instagram.com/irfan_nofiansyah

Jarak Gua Pawon dari pusat Kota Bandung adalah sekitar 30,1 kilometer. Jarak tempunya pun kurang lebih selama 1 jam 7 menitan.

Untuk bisa menuju ke lokasi wisata gua, kamu perlu menuju kawasan Cipatat. Begitu melihat kawasan pegunungan karst, berarti lokasi tujuan akan segera tercapai.

Lokasi: Cipatat, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 05.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Lima ribu lima ratus rupiah

5. Situ Cileunca

situ cileunca
instagram.com/hens4m

Situ Cileunca bisa dibilang merupakan wisata di Bandung yang juga tengah naik daun. Luasnya sekitar 1.400 hektar dan berada di dataran tinggi Kota Kembang.

Nggak heran kalau saat berada di sini kamu bisa merasakan hawa sejuk sekaligus menyaksikan panorama alam yang memukau.

Lokasi ini memang pas untuk para wisatawan yang hobi hunting foot. Tapi di sini juga tersedia beragam fasilitas yang pastinya akan membuatmu betah, di antaranya:

  • Camping ground
  • Rafting
  • Wisata air
  • Kebun strawberry-arbei

situ cileunca bandung
instagram.com/adysuryapermana

Rute yang bisa kamu pilih ketika menuju ke Situ Cileunca adalah Bandung - Ketapang - Banjaran - Pangalengan.

Setelah sampai di pertigaan Pangalengan, kamu bisa mengambil jalur ke kiri menuju ke Garut. Sekitar 5 kilometer, kamu pun akan menyaksikan kecantikan wisata Situ Cileunca.

Lokasi: Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Bandung Selatan

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Lima ribu rupiah (dewasa); dua ribu lima ratus rupiah (anak)

Ternyata menikmati liburan panjang tahun baru nggak melulu soal kembang api maupun hingar bingar kota. Kamu pun bisa berkunjung ke wisata yang tenang, misalnya saja di Bandung.

Jadi sudah tentukan akan liburan ke mana saat mampir ke Bandung? Pastinya ke tempat yang telah Qupas rekomendasikan kan?

0 Comment