5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget

01 October 2018, pada 03:38
0
0
5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget

Beragam wisata Banyuwangi yang sudah cukup populer di kalangan turis domestik hingga mancanegara. Terutama lokasi yang menawarkan panorama alam.

Mungkin sekilas akan terlintas soal pantainya yang cantik saat mendengar tentang wisata di Banyuwangi. Tapi bukan hanya itu saja yang akan kamu dapat saat berkunjung ke wilayah ujung timur Pulau Jawa ini.

Ada beragam tempat menarik mulai dari area perkebunan, danau hingga gunung. Jadi nggak perlu khawatir kehabisan stok objek wisata saat liburan ke Banyuwangi.

Pun demikian dengan spot foto menarik dan dijamin bakal bikin kamu ketagihan untuk datang. Semua akan kamu temukan di wilayah yang akan kamu lewati saat hendak ke Bali.

Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Jawatan Benculuk

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/smurf_veller

Saat liburan ke Banyuwangi, jangan sampai melewatkan Jawatan Benculuk. Pasalnya pemandangan objek wisata yang tengah naik daun ini sangat eksotis.

Hawa sejuk dan spot foto kece pun akan kamu temukan di sini. Nyaris setiap hari wisata ini ramai pengunjung, apalagi menjelang sore.

Hal ini karena saat menjelang sore, cahaya matahari mulai menembus celah pepohonan rimbun. Suasana 'magical' dan syahdu, momen ini cocok untuk foto romantis bersama pasangan.

Menariknya lagi, pihak pengelola juga sudah menambahkan beragam fasilitas menarik. Mulai dari tempat pemancingan, arung jeram dan lain sebagainya akan kamu temui di Jawatan Benculuk.

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/commaditya

Untuk bisa sampai ke wisata yang terletak di Kecamatan Cluring ini, perjalanan dari pusat Kota Banyuwangi hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Aksesnya pun sangat mudah, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai di lokasi. Kamu pun nggak hanya perlu menyediakan budget untuk parkir kendaraan saja.

Jam operasional wisata ini mulai dari pukul 07.30-18.00 WIB. Jadi jangan sampai terlalu awal atau terlambat dari jam yang sudah ditentukan itu ya!

2. Waduk Bajulmati

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/ryoaulya

Waduk Bajulmati terletak di Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo. Jaraknya pun sekitar 41,8 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi dan butuh waktu sekira 58 menit untuk bisa sampai ke lokasi.

Di sini kamu akan menemukan panorama alam layaknya di Kepulauan Wayag, Raja Ampat, Papua Barat. Tapi tentu saja dengan ukuran lebih mini dan nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Pasalnya kamu hanya perlu menyediakan budget untuk parkir kendaraan senilai lima ribu (motor) dan sepuluh ribu rupiah (mobil).  Apalagi kamu bisa puas hunting foto atau sekedar menikmati suasana di Waduk Bajulmati. Tapi ingat, wisata ini buka dari pukul 07.00-17.00 WIB saja.

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/fannychristianawong

Untuk bisa ke objek wisata ini, kamu perlu melewati jalan yang menghubungkan Banyuwangi dan Situbondo. Ikuti jalur yang akan mengarahkanmu ke Taman Nasional Baluran.

Kamu pun akan melewati Pantai Watu Dodol dan Pasar Bajulmati hingga tiba di Baluran. Dari sini kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk menuju lokasi wisata.

Kamu pun nggak perlu takut tersesat karena keterangan nama wisata sudah sangat jelas. Jadi kapan nih liburan ke Waduk Bajulmati?

3. Kawah Ijen

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/mr.hellmuth

Wisata Banyuwangi yang pasti sudah dikenal banyak orang adalah Kawah Ijen. Bahkan wilayah ini sudah populer di kalangan turis mancanegara.

Di puncak gunung setinggi 2.443 meter di atas permukaan laut, kamu bisa melihat danau kaldera dengan air berwarna hijau kebiruan. Kabut dan asap belerang juga kian menambah keeksotisan objek wisata ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kawah Ijen adalah saat pagi hari. Pasalnya kamu akan melihat keindahan sunrise dari atas puncak.

Untuk bisa menuju ke area wisata, kamu bisa melewati Kecamatan Licin. Jaraknya pun hanya sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi.

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/gustindra

Dari Kecamatan Licin, ikuti jalan hingga sampai ke Paltuding. Dari sinilah kamu akan memulau petualanganmu menuju puncak dengan jarak tempuh sekitar 3 kilometer.

Normalnya diperlukan waktu 2 jam dengan berjalan kaki. Karena jalanan sangat menanjak, sebaiknya siapkan fisik terlebih dahulu saat ingin mendaki.

Soal harga tiket masuk, kamu nggak perlu risau. Sebab kamu cukup menyediakan budget senilai dua belas ribu lima ratus rupiah.

Sangat terjangkau kan? Apalagi pesona memikat dan spot foto menarik akan kamu dapatkan.

Baca juga: 5 Pantai Banyuwangi yang Eksotis dan Instagrammable

4. Gunung Raung

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/kristin_dws

Bosan dengan liburan yang terkesan biasa? Kalau ingin yang lebih menantang, kamu bisa mendaki Gunung Raung.

Kamu bisa menggunakan jalur pendakian via Kalibaru yang dikenal punya akses ekstrem dan sulit. Dari Banyuwangi, kamu bisa menemukan alat transportasi dengan mudah.

Salah satunya dengan menggunakan kereta api dari Banyuwangi dan turun di Stasiun Kalibaru. Harga tiket transportasi ini pun bervariatif, yakni mulai dari delapan ribu rupiah (KA Pandanwangi).

Selanjutnya, kamu bisa menuju ke pos pendakian Gunung Raung di rumah Pak Soeto, Desa Wonokromo. Sebaiknya gunakan ojek agar lebih mudah menemukan lokasi.

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/senja_adv

Dari pos pertama, maka petualanganmu akan segera dimulai hingga mencapai puncak, perjuanganmu pun akan teruji di sini.

Ada empat titik puncak yang bisa coba Anda taklukkan. Mulai dari Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan yang tertinggi adalah Puncak Sejati (3.344 m).

Dijamin kamu akan berdecak kagum saat berada di area ini. Apalagi kamu akan melihat kawah Gunung Raung dengan kaldera kering terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora.

Sayangnya gunung ini nggak disarankan untuk pemula mengingat medan yang dilalui super sulit, tapi bagi pendaki profesional patut dicoba nih.

5. Air Terjun Lider

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/reza_baikhaqi

Banyuwangi juga punya air terjun yang pesonanya nggak bisa diragukan lagi. Lokasinya di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon dan berjarak 45 kilometer dari pusat kota.

Saat berada di sini, pemandangan air terjun dengan ketinggian mencapai 60 meter akan tersaji di hadapanmu. Letaknya pun berada di 1.600 meter di atas permukaan laut.

Jadi nggak heran kalau kamu akan merasakan hawa sejuk saat berada di area wisata. Ada pula deretan tumbuhan hijau yang tersaji dijamin membuatmu malas beranjak.

Akses yang cukup sulit akan kamu temui untuk bisa sampai ke objek wisata. Kamu pun harus melewati beberapa tebing curam, menyeberangi sungai sebanyak 7 kali dan tentunya melewati hutan.

5 Wisata Banyuwangi Selain Pantai yang Fotogenik Banget
instagram.com/ilacitra

Area yang masih masuk dalam kawasan hutan lindung ini pun masih sangat terjaga. Menariknya lagi, beragam satwa seperti burung, kupu-kupu, serangga hingga kera akan kamu jumpai di sini.

Untuk bisa masuk ke area wisata, kamu pun hanya perlu menyediakan budget senilai tiga ribu rupiah per orang. Ada pula biaya tambahan untuk parkir, yakni dua ribu (motor) dan lima ribu rupiah (mobil).

Sangat terjangkau kan? Dijamin puas deh liburan ke sini.

Nah, itu dia beberapa wisata Banyuwangi selain pantai yang bisa menjadi pilihan saat liburan. Selain menawarkan panorama cantik, kamu pun nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Jangan lupa juga, spot foto menarik tentu akan kamu temukan di sini. Jadi siap bertualang?

0 Komentar