5 Wisata Bogor Dekat Stasiun, Solusi Liburan Tanpa Macet

18 September 2019, at 11:00
0
0
5 Wisata Bogor Dekat Stasiun, Solusi Liburan Tanpa Macet

Banyak wisata Bogor yang bisa dikunjungi dengan kendaraan pribadi. Tapi kalau lagi akhir pekan atau liburan nasional, biasanya jalanan akan macet. Kalau sudah begini, rencana piknik jadi nggak seru.

Sebagai solusinya, liburan menggunakan transportasi umum seperti kereta api bisa jadi pilihan tepat. Supaya nggak perlu mikir biaya transportasi lain, kamu juga bisa pilih tempat wisata di Bogor yang dekat dengan stasiun. Dimana saja lokasinya?

1. Kebun Raya Bogor

kebun raya bogor
instagram.com/sabaidieter

Bisa dibilang destinasi ini adalah wisata sejuta umat. Mulai dari warga biasa, orang berpangkat, sampai artis rasanya pernah ke Kebun Raya Bogor. Tempat wisata ini pun seru untuk dikunjungi oleh semua umur, baik itu anak- anak maupun orang tua.

Wisata kebun dengan luas sekira 87 hektar ini punya ribuan koleksi tumbuhan. Panorama yang disajikan masih asri, hawanya pun sejuk. Beberapa spot yang ditawarkan ada banyak, mulai dari Danau Gunting, Griya Anggrek, Taman Meksiko, Jembatan Pemutus Cinta, sampai Pohon Jodoh.

Dari Stasiun Bogor, kamu cuma butuh waktu sekira 21 menit jalan kaki. Tiket masuknya pun lumayan murah, yaitu Rp15 ribuan.

Lokasi Kebun Raya Bogor : Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka : 08.00-17.00 WIB

2. Museum Zoologi

museum zoologi bogor
instagram.com/ryniezry_vet43

Dari Stasiun Bogor, Museum Zoologi jaraknya sekira 1,3 kilometer kalau jalan kaki dengan estimasi waktu kurang lebih selama 18 menitan.

Tempat wisata di Bogor ini cocok buat yang pengen nambah banyak ilmu, terutama yang berkaitan dengan dunia satwa. Saat memasuki Museum Zoologi, kamu bakal melihat beragam koleksi spesimen yang diawetkan maupun fosil hewan.

Soal tiket masuk, kamu cuma perlu menyediakan budget Rp14 ribu aja kok. Terjangkau kan? Apalagi selain cuma main, kamu juga bisa menambah wawasan.

Lokasi Museum Zoologi : Jl. Ir. H. Juanda No.9, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka : 08.00-15.00 WIB

3. Taman Sempur

taman sempur
instagram.com/kipliruli

Wisata di Bogor ini letaknya di samping Kebun Raya Bogor. Jadi kamu pasti nggak kesulitan untuk menemukannya. Untuk ke destinasi ini pun nggak terlalu sulit.

Kalau jalan dari stasiun, perkiraan waktunya bisa sampai 21 menitan. Kalau capek, kamu bisa naik angkot dengan nomor berapa saja, karena pasti bakal lewat di depan taman.

Di Taman Sempur, ada beberapa hal yang bisa dilihat, mulai dari taman ekspresi, lintasan lari, skateboard park, sampai kumpulan pedagang kaki lima yang menawarkan jajanan murah. Cocok nih buat destinasi tujuannya para backpacker!

Lokasi Taman Sempur : Jl. Sempur, RT.01/RW.01, Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka : 05.00-22.00 WIB

Baca juga: 5 Wisata Alam Bogor yang Bikin Mata Nggak Berkedip Saking Cantiknya

4. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

museum nasional sejarah alam indonesia
instagram.com/wanarastudio

Destinasi yang nggak kalah bikin pintar adalah Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau Munasain. Objek wisata di Bogor ini pun lokasinya nggak jauh dari Kebun Raya Bogor. Bahkan dari Stasiun Bogor pun jaraknya cuma sekira 650 meter dengan estimasi tempuh 9 menit jalan kaki.

Museum ini berisi kekayaan alam Indonesia, mulai dari flora, fauna, hingga budaya. Ada juga ruang teater yang memutar dokumenter di waktu tertentu. Soal tiket masuk, cuma Rp5 ribu aja.

Lokasi Munasain : Jl. Ir. H. Juanda 22 - 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka : 08.00-15.30 WIB (Senin-Kamis); 08.00-16.00 WIB (Jumat); 09.00-14.00 WIB (Sabtu-Minggu)

5. Istana Bogor

istana bogor
instagram.com/christianhariyanto

Istana Bogor bisa kamu tempuh dengan waktu kurang lebih 12 menit jalan kaki dari Stasiun Bogor. Tempat ini adalah salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang punya keunikan tersendiri, mulai dari aspek historis, kebudayaan, sampai fauna.

Cuma di waktu tertentu Istana Bogor akan dibuka untuk umum. Setiap ulang tahun Kota Bogor, tepatnya bulan Juli-Agustus, istana bisa dikunjungi.

Baca juga: Lembah Tepus, Wisata Baru di Bogor yang Sepertinya Cocok Buat Sobat Misqueen

Nggak perlu khawatir kalau belum sempat ke sana, karena setiap akhir pekan, pengunjung bisa memberi makan rusa istana dari luar pagar. Wortel sebagai pakan bisa dibeli dengan harga Rp5 ribu sampai Rp10 ribu.

Lokasi Istana Bogor : Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Jam buka : 09.00-14.00 WIB (Senin-Kamis); 09.00-11.00 dan 14.00-16.00 WIB (Jumat)

Well, itulah kelima wisata Bogor dekat stasiun yang bisa kamu kunjungi. Tiket masuk hemat, kamu pun nggak perlu mikir biaya transportasi.

0 Comment