Qupas Travel

5 Wisata Bondowoso untuk Para Pengagum Ketinggian, Serasa Melayang di Angkasa!

14 March 2020, at 04:00
5 Wisata Bondowoso untuk Para Pengagum Ketinggian, Serasa Melayang di Angkasa!

Bondowoso, Jawa Timur, mungkin hanya dikenal karena sebutannya sebagai Kota Tape atau keberadaan Wisata Ijen yang mendunia. Tapi sebenarnya 'tetangga' Situbondo, Jember, dan Banyuwangi ini punya banyak keistimewaan, terutama soal pariwisatanya.

Untuk para pecinta ketinggian, pantang untuk melewatkan destinasi di kabupaten ini. Soalnya beberapa wisata di Bondowoso berikut ini siap membuatmu seolah melayang di angkasa. Simak deh ulasan Qupas berikut ini untukmu yang sudah nggak sabar liburan!

1. Gunung Piramid

Gunung Piramid (Foto: instagram.com/riaryuuu)
instagram.com/riaryuuu

Tahun lalu, Gunung Piramid Bondowoso menjadi sorotan setelah seorang pendaki bernama Thoriq menghilang secara misterius. Ketinggian destinasi ini memang nggak seberapa, yaitu sekitar 1.521 mdpl saja. Meski begitu, tingkat kemiringannya mencapai 90 derajat. Bahkan jalur pendakiannya sangat ekstrem.

Untuk menjangkau puncak kawasan yang masih bagian dari Gunung Argopuro ini, waktu yang diperlukan pun cukup lama, yaitu kisaran 3 sampai 5 jam atau sesuai kemampuan.

Fyi, destinasi yang memiliki spot bernama 'Punggung Naga' ini bisa dibilang cocok untuk mereka yang sudah berpengalaman. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata ini. Hanya saja disarankan untuk menyewa jasa guide karena medannya cukup berbahaya.

Lokasi Gunung Piramid : Bondowoso

Tiket masuk Gunung Piramid : -

2. Wisata Alam Arak-arak

Wisata Alam Arak-Arak (Foto: instagram.com/catatanbondowoso)
instagram.com/catatanbondowoso

Sekilas, destinasi ini seperti Hutan Pinus Pengger di Jogja. Apalagi dengan bentuk spot foto dan pemandangan yang ditawarkan benar-benar mirip. Tapi jangan salah, karena wisata alam ini ada di Bondowoso.

Berada di ketinggian 345 mdpl, Wisata Alam Arak-arak menawarkan panorama tebing hijau, air terjun, bentangan laut dari kejauhan, hingga gemerlap lampu pemukiman warga saat malam hari. Ayunan untuk anak-anak hingga rumah pohon pun tersedia di sini.

Lokasi Wisata Alam Arak-arak : Desa Sumber Canting, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Wisata Alam Arak-arak : Rp1.500 (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Puncak Pesona P28

Puncak Pesona P28 (Foto: instagram.com/fariyadi)
instagram.com/fariyadi

Wisata Bondowoso yang cocok untuk pecinta ketinggian selanjutnya ada di daerah Wonosari. Berada di ketinggian sekitar 1.674 mdpl, Puncak Pesona P28 menawarkan pemandangan perbukitan hijau yang menawan.

Bahkan kalau kamu mampir saat pagi dan sore hari, panorama sunrise dan sunset siap memanjakan matamu. Yakin nggak tertarik untuk mampir?

Lokasi Puncak Pesona P28 : Jl. Patirana, Krajan, Wonosari, Grujugan, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Puncak Pesona P28 : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Kawah Wurung, Wisata di Kaki Gunung Ijen yang Punya Padang Ilalang Fotogenik

4. Betoh So'on

Betoh Soon (Foto: instagram.com/zenawrdn11)
instagram.com/zenawrdn11

Wisata Bondowoso ini bisa dibilang merupakan Stonehenge versi kearifan lokal. Di Betoh So'on, kamu bisa melihat batu-batu yang tampak bertumpuk-tumpuk.

Dulu tempat ini bukan apa-apa. Tapi setelah dikelola oleh pemerintah setempah, banyak fasilitas yang ditambah. Misalnya saja seperti gardu pandang untuk menyaksikan bebatuan bersusun dari ketinggian sudah tersedia.

Lokasi Betoh So'on : Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Betoh So'on : Rp8 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Sky Garden Wonoboyo Klabang

Wonoboyo Klabang (Foto: instagram.com/cindymeriyanti)
instagram.com/cindymeriyanti

Bukan tempat wisata, sebenarnya destinasi ini adalah sebuah cafe. Meski begitu, Sky Garden sering dijadikan sebagai spot foto karena pemandangannya sangat cantik.

Berada di Kecamatan Klabang yang dulu sempat dikaitkan dengan cerita KKN Desa Penari, Sky Garden justru nggak seram sama sekali. Tempat wisata di Bondowoso ini justru menawarkan panorama alam berupa hamparan sawah dan tumbuhan hijau lainnya yang bisa disaksikan dari ketinggian.

Lokasi Sky Garden Wonoboyo : Wonoboyo, Klabang, Kabupaten Bondowoso

Tiket masuk Wonoboyo : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Well, itu dia wisata Bondowoso yang cocok untuk para penikmat ketinggian. Kamu sudah pernah dengar atau mampir ke sana belum?