Qupas Travel

5 Wisata Dekat Stasiun Lawang untuk Kamu yang Cuma Punya Jatah Libur Sebentar

08 March 2020, at 10:00
5 Wisata Dekat Stasiun Lawang untuk Kamu yang Cuma Punya Jatah Libur Sebentar

Kereta api menjadi salah satu transportasi favorit semua kalangan. Bahkan bagi yang sedang menghindari kemacetan, kendaraan ini menjadi alternatif.

Seperti ketika kamu ingin liburan ke Lawang, Malang, daripada menggunakan kendaraan pribadi, kereta api adalah pilihan tepat. Karena selain terhindar dari kemacetan, tiketnya murah, kamu juga nggak perlu capek-capek membawa transportasi sendiri.

Nah, kalau pusat Kota Malang atau Kota Batu sudah mainstream, coba deh mampir ke Lawang. Karena ada sederet wisata dekat stasiun Lawang yang bisa jadi alternatif tempat libruanmu. Simak yuk dimana saja lokasinya!

1. Tlogo Land

Tlogo Land (Foto: instagram.com/oktaviadwisaputri_)
instagram.com/oktaviadwisaputri_

Destinasi yang bisa ditempuh selama 7 menit berkendara dari Stasiun Lawang ini memadukan panorama alam yang masih asri, seperti lembah dan bukit, dengan beragam fasilitas modern. Di tempat wisata Malang ini tersedia flying fox hingga jembatan gantung buat kamu yang suka liburan penuh tantangan.

Ada pula spot selfie dengan background perbukitan yang asri. Gardu pandang yang menyajikan panorama serba hijau juga tersedia.

Berada di Tlogo Land, kamu bakal merasa dimanjakan. Karena bukan hanya wahana permainan dan spot foto saja yang ada di sini. Fasilitas pendukung lainnya seperti aula, kamar mandi, musala, hingga warung makan pun bisa kamu temukan.

Lokasi Tlogo Land : Jl. Telogorejo, Wonorejo, Kecamatan Lawang, Malang

Jam buka : Setiap hari pukul 07.00-17.30 WIB

Tiket masuk Tlogo Land : Parkir kendaraan mulai Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Wisata Air Krabyakan

Wisata Air Sumber Krabyakan (Foto: instagram.com/lauraaurellya)
instagram.com/lauraaurellya

Wisata kebanggaan Desa Sumber Ngepoh ini menyajikan pemandangan alam berupa hamparan sawah perbukitan. Selain itu, ada kolam alami di tengah sawah dibatasi dengan batu kali di sekelilingnya.

Bukan hanya tersedia kolam untuk dewasa dan anak-anak. Berada di Wisata Sumber Air Krabyakan, pengunjung juga bisa menikmati terapi ikan, mandi bola, hingga mencoba wahana sepeda air.

Lokasi Wisata Air Krabyakan : Desa Sumber Ngepoh, Krajan, Kecamatan Lawang, Malang

Jam buka : Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk Wisata Air Krabyakan : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco (Foto: instagram.com/ridmuhammad)
instagram.com/ridmuhammad

Wisata dekat Stasiun Lawang selanjutnya adalah Pemandian Kalireco. Dari tempat pemberhentian Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut, kamu cuma butuh waktu sekitar 3 menit berkendara untuk menjangkaunya.

Berada di wisata Malang ini, kamu bakal dimanjakan dengan kolam alami dan buatan yang letaknya di dekat hamparan sawah. Airnya menyegarkan karena berasal dari air terjun di balik perbukitan.

Lokasi Pemandian Kalireco : Jl. Sumber Waras 2 No.97, Krajan, Kalirejo, Kecamatan Lawang, Malang

Jam buka : Setiap hari pukul 05.00-18.00 WIB

Tiket masuk Pemandian Kalireco : Dana seikhlasnya untuk sumbangan (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Sensasi Snorkeling di Sumber Sirah, Wisata Air Tawar di Malang yang Menyegarkan

4. Pemandian Sumber Polaman

Sumber Polaman (Foto: instagram.com/nizal_amna_alfatih)
instagram.com/nizal_amna_alfatih

Bukan hanya Kalireco, Pemandian Polaman juga nggak jauh dari Stasiun Lawang. Kamu pun cuma perlu waktu kurang lebih 4 menit berkendara untuk bisa sampai di destinasi yang sudah ada sejak masa kerajaan Kediri, Singosari, dan Majapahit ini.

Berada di Sumber Polaman, kamu akan dimanjakan dengan adanya kolam penampungan dengan air yang jernih, area hutan yang menyejukkan mata, kolam penuh ikan, hingga beberapa peninggalan sejarah.

Lokasi Pemandian Sumber Polaman : Jl. Indrokilo No.118, Polaman, Kalirejo, Kecamatan Lawang, Malang

Jam buka : Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk Pemandian Sumber Polaman : Gratis dan hanya membayar parkir mulai Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Museum Kesehatan Jiwa

Museum Kesehatan Jiwa (Foto: instagram.com/_aadis)
instagram.com/_aadis

Cuma bisa ditempuh sekitar 12 menit berkendara dari stasiun, Museum Kesehatan Jiwa atau Museum Keswa bisa jadi alternatif liburan buat kamu yang suka dengan hal-hal berbau medis.

Berbagai koleksi yang bisa kamu lihat di destinasi yang berada di dalam komplek Rumah Sakit Jiwa dr. Radjiman Wediodiningrat. Seperti berbagai benda dan dokumen masa lalu yang berkaitan dengan rimayat rumah sakit jiwa di Malang ini.

Selain itu, berbagai macam alat kesehatan yang ada sejak zaman Belanda juga bisa kamu saksikan di sini. Foto-foto masa lampau yang berkaitan dengan wisata sejarah di Malang ini pun masih terawat dengan baik.

Lokasi Museum Kesehatan Jiwa : Krajan Utara, Sumber Porong, Kecamatan Lawang, Malang

Jam buka : 08.00-16.00 WIB (Senin-Kamis); 08.00-11.00 dan 13.00-16.30 WIB (Jumat); Sabtu dan Minggu libur

Tiket masuk Museum Kesehatan Jiwa : Gratis

Nah, itu dia sederet wisata dekat Stasiun Lawang yang bisa kamu kunjungi saat ada waktu senggang. Mana nih yang paling menarik perhatianmu?