5 Wisata di Gunung Kidul Selain Pantai yang pas untuk Foto-Foto

03 October 2018, at 09:21
0
0
5 Wisata di Gunung Kidul Selain Pantai yang pas untuk Foto-Foto

Ada banyak wisata di Gunung Kidul yang bisa jadi destinasi liburan nanti. Bukan hanya pantai, di sini kamu juga bisa menemukan beberapa tempat menarik.

Mulai dari taman bunga, waduk, air terjun hingga goa akan kamu temukan di Gunung Kidul. Tentu saja spot foto cantik juga ada di salah satu kabupaten di Jogja ini.

Bisa dipastikan kamu aka membawa buah tangan serta pengalaman berkesan saat liburan ke Gunung Kidul. Jadi dijamin nggak menyesal saat liburan ke wilayah ini.

Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Goa Jomblang

goa jomblang
instagram.com/atharproject_idn

Objek wisata ini sangat cocok bagi pecinta aktifitas ekstrem. Tempat ini juga bisa disebut Goa Vertikal.

Sebab mulut goa memang ada di permukaan tanah. Bahkan untuk bisa masuk ke dalamnya, kamu perlu memiliki keahlian khusus.

Jalur masuk ke goa pun bervariasi. Ada jalan masuk bagi para pemula, yakni dengan kedalaman 15 meter pertama dan masih bisa ditapaki oleh kaki.

Ada pula jalur dengan kedalaman 40 meter, 60 meter hingga yang utama hingga 80 meter. Semua medan tentu memiliki rentang kesulitan tersendiri.

Lokasi wisata ini terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Jaraknya dari Gunung Kidul sekitar 4,6 kilometer.

goa jomblang gunung kidul
instagram.com/jordhammond

Soal tiket masuk, sebenarnya kamu nggak perlu membayar kalau membawa peralatan pribadi untuk bisa turun ke dasar goa. Kamu pun hanya perlu meminta izin pada Kepala Dukuh di wilayah tersebut.

Tapi kalau kamu ingin ada pemandu sekaligus menyewa peralatan, kamu perlu menyediakan budget sebesar 450 ribu sampai 1 juta rupiah. Semua ini tergantung fasilitas yang akan kamu dapatkan.

Jam buka objek wisata di Gunung Kidul ini mulai dari pukul 08.00-14.00 WIB saja. Tapi sebaiknya datang pada jam 10.00-12.00WIB agar bisa melihat keindahan cahaya yang masuk ke dalam goa.

2. Taman Bunga Amarilis

taman bunga amarilis
instagram.com/nyonyokecil

Taman Bunga Amarilis pasti akan menyita perhatianmu. Apalagi panorama yang ditawarkan wisata di Jogja ini begitu memukau.

Hamparan bunga berwarna oranye di lahan seluas 2.350 meter persegi akan kamu temukan di sini. Tapi di saat musim hujan, mulai bulan November-Desember saja kamu bisa melihat tanaman ini bermekaran.

Kalau nggak ingin ketinggalan untuk menikmatinya, kamu bisa berkunjung ke Desa Beli, Kecamatan Patuk. Dari pusat Kabupaten Gunung Kidul, jaraknya sekitar 28,4 kilometer.

taman bunga amarilis gunung kidul
instagram.com/bebe_vins

Untuk bisa sampai ke objek wisata ini, kamu bisa menggunakan aplikasi google maps dengan tujuan Polsek Patuk. Dari sini, kamu bisa bertanya pada warga sekitar tentang keberadaan Taman Bunga Amarilis.

Menariknya lagi, kamu nggak perlu menyediakan biaya khusus untuk bisa masuk ke area wisata ini. Cukup menyediakan biaya parkir senilai tiga ribu rupiah untuk motor maupun mobil.

Sangat terjangkau kan? Apalagi kamu bisa puas hunting foto dari pukul 06.00-18.00 WIB. 

3. Taman Bunga Nawari

kebun bunga nawari
instagram.com/freda_fredot

Salah satu objek wisata di Gunung Kidul yang sayang untuk kamu lewatkan adalah Taman Bunga Nawari. Lokasinya ada di Grogol, Bejiharjo, Karangmojo.

Daya pikat utama di taman ini adalah hamparan bunga matahari yang tumbuh di lahan seluas 5000 meter persegi. Bisa dibayangkan betapa segarnya saat melihat tanaman ini bermekaran.

Apalagi kamu juga bisa menemukan spot populer di sini, yakni di antara bunga matahari yang tumbuh. Ada pula panggung-panggung kecil dengan ketinggian 1-4 meter ada di tengah hamparan tanaman.

kebun bunga nawari gunung kidul
instagram.com/ferisav

Untuk bisa sampai di area wisata, kamu juga bisa kok menggunakan transportasi umum, seperti bus jurusan Jogja-Wonosari. Selanjutnya kamu harus turun di perempatan Grogol-Bejiharjo.

Dari sini, kamu bisa dengan mudah menemukan lokasi wisata. Sebab keberadaannya tepat di perempatan tersebut.

Kamu pun hanya perlu menyediakan budget senilai enam ribu rupiah untuk bisa masuk ke lokasi wisata. Sangat terjangkau kan?

Apalagi dengan jam buka dari pukul 07.00-18.00 WIB, kamu bisa puas hunting foto di sini. Yuk liburan ke Taman Bunga Nawari!

Baca juga: 6 Wisata Gunung Kidul Tema Pantai dengan Spot Foto Menantang

4. Air Terjun Kedung Kandang

air terjun kedung kandang
instagram.com/fajarnasution

Panorama alam yang begitu memukau akan kamu temukan di Air Terjun Kedung Kandang ini. Apalagi hamparan tebing yang ditumbuhi tanaman hijau menambah kecantikan objek wisata ini.

Lokasinya ada di Desa Nglanggeran, Patuk. Dari pusat Kabupaten Gunung Kidul, jaraknya sekitar 24,7 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 43 menit.

Sesampainya di parkiran, kamu pun perlu berjuang untuk mencapai air terjun. Kamu pun harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 900 meter untuk bisa sampai ke wisata air terjun ini.

air terjun kedung kandang gunung kidul
instagram.com/ariansyaharizki

Meski cukup jauh, dijamin rasa lelah akan terbayar lunas. Apalagi hamparan sawah dan tumbuhan hijau lainnya bisa kamu nikmati selama perjalanan.

Kamu pun perlu menyediakan budget senilai tujuh ribu rupiah untuk bisa masuk ke area wisata ini. Ada pula tambahan biaya untuk parkir kendaraan, yakni dua ribu (motor) dan sepuluh ribu rupiah (mobil).

Cukup terjangkau kan? Apalagi kamu bisa puas menikmati panorama alam dari pukul 06.00-16.00 WIB.

5. Air Terjun Sri Gethuk

air terjun sri gethuk
instagram.com/purwodwiandanu

Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu wisata yang menawarkan eksotisme alam di Jogja. Bahkan pesonanya disejajarkan dengan Grand Canyon yang berada di Utara Arizona, Amerika Serikat.

Lokasinya ada di Dusun Menggoran, Bleberan, Playen. Jaraknya pun sekitar 25,9 kilometer dari Gunung Kidul dan bisa ditempuh selama 47 menit berkendara.

Untuk bisa masuk ke area wisata ini, kamu bisa menggunakan jalur darat maupun air. Dari daratan, kamu bisa melewati jalan setapak yang lengkap dengan pemandangan hamparan sawah dan deretan pohon kelapa.

Perjalanan yang ditempuh pun sekitar 450 meter dan disusul dengan menuruni anak tangga sejumlah 96 undakan. Alternatif lain yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan jalur air.

air terjun sri gethuk gunung kidul
instagram.com/desiagussela

Tapi kamu masih harus berjalan kaki sejauh 300 meter menuju dermaga penyeberangan. Sungai Oya adalah jalur yang dilewati menuju air terjun menggunakan rakit sederhana dari drum bekas dan papan.

Selama 7 menit perjalanan, kamu pun bisa langsung sampai ke area wisata. Bahkan kamu juga hanya perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah untuk bisa naik transportasi sederhana ini.

Sementara untuk bisa masuk ke objek wisata, kamu hanya perlu menyediakan biaya sebesar tiga rupiah saja. Cukup terjangkau kan?

Apalagi kamu bisa lebih lama berada di sini. Sebab jam bukanya dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Sahabat Qupas, itulah beberapa wisata di Gunung Kidul selain pantai yang bisa jadi destinasi liburanmu nanti. Bukan hanya menawarkan akses yang mudah dijangkau saja.

Ada pula pula objek wisata menantang yang tentu akan menguji adrenalinmu. Meski begitu, dijamin liburanmu ke Gunung Kidul tetap seru.

0 Comment