Qupas Travel

5 Wisata di Kaki Gunung Rinjani, Suguhan Alam yang Memikat Hati

30 December 2019, at 05:00
1
5 Wisata di Kaki Gunung Rinjani, Suguhan Alam yang Memikat Hati

Gunung Rinjani bisa dibilang menjadi agenda wajib para pendaki saat ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nggak heran sih, apalagi gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini menyajikan pemandangan alam yang memanjakan mata.

Bahkan bukan dari puncak tertinggi Gunung Rinjani saja. Panorama alam di sekitarnya pun nggak kalah menawan.

Seperti beberapa tempat wisata di kaki Gunung Rinjani berikut ini. Coba deh intip foto-fotonya, dijamin bikin nggak sabar buat liburan!

1. Bukit Pergasingan

bukit pergasingan
instagram.com/baperman_

Berada di ketinggian sekitar 1.700 mdpl, Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan alam seperti hamparan sawah dan Desa Sembalun yang kadang diselimuti awan. Bahkan Gunung Rinjani pun terlihat dari wisata di Lombok Timur ini.

Untuk mencapai puncaknya, perlu waktu sekitar 2 sampai 3 jam jalan kaki dari tempat parkir. Jalur pendakiannya berupa jalan setapak yang dibuat oleh warga setempat. Jadi bakal lebih memudahkanmu.

Kamu bisa memulai perjalanan menuju puncak Bukit Pergasingan sekitar pukul 14.00. Setelah sampai di puncaknya, kamu pun bisa menyaksikan sunset, bersiap mendirikan tenda, hingga membuat api unggun bersama pendaki lain. Seru, kan?

Lokasi Bukit Pergasingan : Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Tiket masuk Bukit Pergasingan : Rp15 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Bukit Selong

bukit selong
instagram.com/andhikabayu

Masih berada di Desa Sembalun, Bukit Selong lebih mudah dicapai daripada Bukit Pergasingan. Kamu pun cuma perlu waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai di puncaknya.

Dari atas puncaknya, pemandangan yang sangat menawan, seperti petak-petak sawah yang sedang menghijau bakal terlihat. Saat pagi cerah, kamu pun bisa menyaksikan kegagahan Gunung Rinjani dari jauh.

Lokasi Bukit Selong : Desa Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Tiket masuk Bukit Selong : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Pusuk Sembalun

pusuk sembalun
instagram.com/vickaralfarizi

Wisata di kaki Gunung Rinjani ini berada di ketinggian sekitar 1.250 mdpl. Nggak heran kalau udara di sekitarnya begitu sejuk.

Di wisata ini, kamu pun bisa menyaksikan kegagahan Gunung Rinjani sambil mengabadikannya dalam bentuk foto. Kebetulan, tersedia pula gardu pandang untuk memanjakan para traveler yang suka berpose.

Rute terdeka menuju Pusuk Sembalun adalah melalui Mataram dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Sepanjang perjalanan, pemandangan sawah bakal tersaji di hadapanmu.

Lokasi Pusuk Sembalun : Jl. Wisata Gunung Rinjani, Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Tiket masuk Pusuk Sembalun : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Bukit Batu Idung, Alternatif Tempat Liburan di Lombok Selain Gunung Rinjani

4. Air Terjun Mangku Sakti

air terjun mangku sakti
instagram.com/skinnymonkey

Para petualang wajib mampir ke air terjun cantik di Lombok ini. Apalagi akses menuju ke sana penuh tantangan. Buat kamu yang pertama ke Air Terjun Mangku Sakti, mending sewa pemandu agar lebih aman.

Jalan berbatu dan menanjak. Di sini, kamu pun nggak bakal menemukan tempat parkir. Namun kamu bisa menitipkan kendaraanmu pada warga setempat.

Lokasi Air Terjun Mangku Sakti : Sajang, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Tiket masuk Air Terjun Mangku Sakti :

5. Bukit Dandaun

bukit dandaun
instagram.com/a_rama91

Bukan cuma menawarkan pemandangan seperti perbukitan lain di Sembalun. Di wisata Lombok ini, panorama pemukiman warga lokal dari ketinggian hingga peternakan yang indah bakal memanjakan matamu.

Dari Kota Mataram, wisata ini bisa ditempuh selama kurang lebih 2 sampai 3 jam perjalanan. Rute terbaik yang bisa kamu lewati adalah melalui Mataram Raya - Labuan Lombok.

Lokasi Bukit Dandaun : Jalan Raya Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

Tiket masuk Bukit Dandaun : -

Nah, itulah deretan wisata di kaki Gunung Rinjani yang bisa jadi alternatif tempat liburanmu. Dari semua tempat wisata Lombok di atas, mana nih yang paling bikin kamu nggak sabar buat liburan?