5 Wisata di Kepulauan Seribu ini Nggak Kalah Menawan, Jadi batal ke Maldives deh

10 August 2018, at 07:55
0
0
5 Wisata di Kepulauan Seribu ini Nggak Kalah Menawan, Jadi batal ke Maldives deh

Pulau di Kepulauan Seribu ini bisa jadi tempat berliburmu bareng keluarga. Apalagi, di Kepulauan Seribu ini punya pemandangan menawan mirip Maldives sama Pulo Cinta, Gorontalo. Tempatnya yang tidak jauh dari Jakarta atau kota-kota besar di Jawa, juga cocok buat kamu yang ingin memboyong keluarga besar yang punya anak kecil.

Selain jadi tempat wisata yang favorit dengan panorama indah nan memukau, kepulauan seribu juga punya sejarah dari masa ke masa. Mulai dari menjadi tempat persembunyian tentara Belanda hingga tempat perundingan memasang strategi perang. Nggak heran kalau banyak benteng peninggalan masa penjajahan di sana.

Nah, makin penasaran sama pulau-pulau cantik di kepulauan sering? Ini loh, deskripsinya

Pulau Onrust

instagram.com/jessika_novia & instagram.com/tiara.yaya

Pulau Onrust ini menjadi saksi bisu penjajahan Belanda yang pernah ada di Batavia. Onrust sendiri berasal dari bahasa Belada yang berarti, tidak pernah beristirahat, kata lainnya dalam bahasa inggris menjadi unrest. Pulau ini dulunya juga menjadi pelabuhan tempat berangkat dan datangnya orang-orang Indonesia yang berhaji pada saat itu. Di sini lah mereka diperiksa apakah memiliki pengaruh yang berbahaya atau tidak untuk Belanda. Makanya di pulau ini banyak berdiri bangunan besar sebagai tempat karantina para peserta haji.

instagram.com/oki.wahyu & instagram.com/komunitashistoria

Spot foto apik berada di Benteng Martello, besi-besi untuk menyandarkan kapal-kapal besar jaman Belanda juga masih ada disana. Adapun juga, museum pulau Onrust yang menyimpan banyak bangunan yang sudah mulai hancur dimakan usia. Museum itu juga memiliki besi tahanan hingga meriam-meriam kuno yang masih rapi disimpan. Untuk bisa sampai disana, kamu bisa menyewa perahu dengan harga 50.000 hingga 250.000 dari jam 06.30-13.00. Datang pagi ya agar tidak ramai.

Pulau Macan

instagram.com/bie_aurel  & instagram.com/geuliskapr

Duh, kalau pulau Macan ini bisa bikin kamu serasa ada di Raja Ampat. Bukan sihir, bukan mimpi. Bagus banget pemandangannya, padahal ini cuman 90 menit menggunakan speedboat dari Pantar Marina Ancol. Cepat dan nggak ribet kan?

instagram.com/_rvgeys_ & instagram.com/ameliahusainiph

Di pulau ini kamu bisa melakukan snorkeling dan coral planting secara langsung didampingi dengan ahlinya. Namun, untuk bisa menikmati keindahan alam laut yang ada di sana kamu harus berebutan booking tempat. Pasalnya, luas pulau ini hanya 1 hektar saja sehingga ada kuota pengunjung tiap hari. Nah, banyak yang resort mewah yang murah dengan harga satu juga saja tiap malam, sudah include permainan air. Murah kan ya?

Pulau Pelangi

 instagram.com/rayssaordonhes  & instagram.com/nurlatifahzamil

Pulau sepi dipinggiran kota Jakarta berikutnya adalah pulau pelangi yang bisa ditempuh menggunakan speedboat selama 90 menit saja. Sesampainya di sana, kamu akan bisa menggunakan ATV, kendaraan yang digunakan untuk off-road. Harga sewanya hanya 100.000 saja.

instagram.com/britto.7 & instagram.com/nasyaflcia

Paket liburan yang bisa kamu gunakan hanya mengeluarkan uang sebesar 950ribu rupiah saja, itu termasuk perahu pulang-pergi, makan siang, dan snorkeling. Cukup murah meriah. Sesampainya di sana juga akan ada beberapa penginapan yang menjajakan bakaran ikan yang lezat dan enak. Maknyus!

Pulau Perak

instagram.com/ririnwindriyani96 & instagram.com/shalsya_nr

Kepulauan di pulau seribu yang selanjutnya adalah Pulau Harapan. Untuk menuju ke sana, kamu harus berangkat dari pelabuhan kapal Muara Angke. Sesampainya di sana mungkin kamu bisa merasakan bau-bau amis yang mungkin saja menghampiri hidungmu. Sewaktu kamu akan melakukan snorkeling, kamu bisa mengunjungi juga pulau Kayu Angin Bira dan pulau Bulat.

instagram.com/widad_elzae & indo-kaya.com

Pulau dengan 6,7 hektar ini berpenduduk 600 jiwa, maka cocok dengan kamu yang takut jika berwisata sendirian. Orang yang jual makanan banyak jangan takut juga kehabisan bekal makanan. Caranya untuk bisa sampai disana lewat pelabuhan kaliadem yang akan bersandar  kapal feri besar dengan kapasitas 400 orang. Harganya hanya 50ribu rupiah,  kapal itu hanya ada di hari sabtu saja ya.

Pulau Tidung

instagram.com/satya_kusumah & instagram.com/firmanhidayyat

Di pulau Tidung kamu bukan hanya bisa bermain air di pantai, namun jyuga menikmati bersepeda di sore hari berkeliling pulau. Hamparan hijau rerumputan ilalang juga menjadi pemandangan asli pulau Tidung. Ombak pantai bertemu hijaunya padang rerumputan kombinasi lengkap yang bisa dinikmati gratis.

instagram.com/afretd_dejakka81 & Missnidy.com

Ke pulau Tidung jangan lupa mampir dulu ke jembatan cinta. Dari jembatan cinta itu kamu bisa melompat langsung ke pantai. Sensasi menyenangkan, seperti meluncur dari air terjun. Ketinggiannya yang hanya 6 meter juga membuat jantung berdebar-debar. Jangan lupa juga untuk mencicipi kerupuk cue yang menjadi kekhasan pulau Tidung. Diolah dari tepung sagu dan campuran ikan segar yang mantab.

Jadi, kapan nih mau jalan-jalan ke beberapa pulau di atas? Rekomendasi tepat dan hemat buat kamu yang akan mengambil cuti di akhir tahun.

Topics:

0 Comment