5 Wisata di Kota Sawahlunto, Si Kandidat Calon Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

26 June 2019, at 06:00
0
0
5 Wisata di Kota Sawahlunto, Si Kandidat Calon Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO

Sawahlunto yang ada di Sumatera Barat berhasil masuk nominasi situs warisan budaya dunia UNESCO. Kota ini bakal bersaing dengan 27 situs budaya lain dari dari berbagai negara yang masuk dalam nominasi sama.

Dilansir dari press rilis unesco.org, komite UNESCO yang bertanggung jawab atas hal ini bakal memulai 11 hari musyawarah di Baku, Azerbaijan, dari tanggal 30 Juni sampai 10 Juli 2019. Tujuannya untuk memutuskan situs mana yang pantas ditambahkan ke daftar situs warisan dunia.

Nah, buat kamu yang belum tahu soal Sawahlunto, kenalan dulu yuk dengan salah satu kota di Sumatera Barat ini. Banyak wisata menarik, instagenik, dan bisa membuat wawasanmu bertambah lho. Yuk simak infonya di bawah ini!

Baca juga: Taman Bunga di Sumatera Barat Ini Bakal Bikin Kamu Seolah di Jepang!

1. Danau Biru Sawahlunto

danau biru sawahlunto
instagram.com/iam_metsu

Seperti Danau Kaolin di Bangka Belitung, Danau Biru terbentuk akibat bekas galian tambang batubara yang sudah lama ditinggalkan. Meski begitu, di sekitar wisata Sumatera Barat ini masih banyak tumbuh pepohonan.

Akses menuju ke sana memang masih cukup sulit, dimana jalannya berbatu dan masih dari tanah. Meski begitu, tempat wisata ini pantang kamu lewatkan saat main ke Kota Sawahlunto.

Lokasi Danau Biru Sawahlunto : Tumpuak Tangah, Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat 

Jam buka : Setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk Danau Biru Sawahlunto : Rp5.000,00 per orang ; Rp5.000,00 untuk parkir kendaraan (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Museum Goedang Ransoem

museum goedang ransoem
instagram.com/sriharyatips

Museum Goedang Ransoem bisa dibilang adalah salah satu wisata andalan di Sawahlunto. Tempat bersejarah ini menempati bekas area dapur umum para pekerja tambang dan sudah ada sejak tahun 1918.

Menariknya, meski sudah berusia seabad, tapi bangunannya masih kokoh. Destinasi ini juga jadi lokasi favorit buat hunting foto karena banyak spot vintage yang kece abis.

Lokasi Museum Goedang Ransoem : Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat

Jam buka : Setiap Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB; Senin tutup

Tiket masuk Museum Goedang Ransoem : Rp5.000,00 untuk pengunjung dewasa dan Rp3.500,00 untuk anak-anak (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Lubang Mbah Soero

lubang mbah soero
instagram.com/rcnovista

Wisata Sawahlunto ini juga jadi andalan. Destinasi ini berupa terowongan sepanjang 1,5 kilometer dan dulunya adalah salah satu fasilitas untuk penambangan batubara. "Soero" sendiri diambil dari nama mandor tambang batubara saat itu.

Untuk bisa masuk ke sini, kamu wajib pakai helm pengaman serta safety shoes. Selain menjelajah area teraowongan, kamu juga bisa mendengar sejarah tentang Lubang Mbah Soero dari pemandu yang bakal menemanimu sepanjang perjalanan menyusuri terowongan.

Lokasi Lubang Mbah Soero : Jalan Abdurrahman Hakim, Tanah Lapang, Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat

Jam buka : Selasa-Sabtu pukul 07.30-17.15 WIB; Minggu dan Senin tutup

Tiket masuk Lubang Mbah Soero : Rp8.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Meski Bekas Tambang, Wisata di Indonesia Ini Menawan

4. Museum Kereta Api Sawahlunto

museum kereta api sawahlunto
instagram.com/xtinod

Dulu, museum kereta api ini adalah Stasiun Sawahlunto yang juga menjadi bagian dari jaringan rel kereta api Sumatera. Tapi sejak tahun 2005 mulai beralih fungsi jadi museum kereta api. Koleksinya ada gerbong, lokomotif  uap, dan dokumentasi kereta api di Sumatera.

Perlu kamu tahu nih. Museum Kereta Api Sawahlunto ini tertua kedua setelah Museum Kereta Api Ambarawa di Semarang, lho. Menariknya lagi, setiap Minggu kamu bisa coba naik kereta wisata yang ditarik dengan lokomotif uap ikonik Mak Itam.

Lokasi Museum Kereta Api Sawahlunto : Jalan A. Yani, Lembah Segar, Pasar, Sawahlunto, Sumatera Barat

Jam buka : Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk Museum Kereta Api Sawahlunto : Rp3.000,00; naik kereta hari minggu Rp50.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Museum Tambang Batubara Ombilin

museum tambang batubara ombilin
instagram.com/irwansantoso10

Wisata ini juga pantang kamu lewatkan. Diketahui, Ombilin adalah nama salah satu area pertambangan batubara yang terkenal di Sawahlunto. Di museum ini, kamu bisa melihat beragam artefak maupun dokumentasi sejarah penambangan batubara, khususnya di Sawahlunto.

Lokasi Museum Tambang Batubara Ombilin : Saringan, Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat

Jam buka :

Tiket masuk Museum Tambang Batubara Ombilin : -

Nah, itulah wisata Sawahlunto yang pantang kamu lewatkan liburan ke sana. Kalau kamu paling tertarik yang mana?

0 Comment