Qupas Travel

5 Wisata di Surabaya yang Seolah Membawamu Terbang ke Tiongkok

03 April 2020, at 05:00
5 Wisata di Surabaya yang Seolah Membawamu Terbang ke Tiongkok

Surabaya dikenal memiliki beragam latar belakang masyarakat yang berbeda, mulai dari suku, ras, agama, hingga budaya. Di kota ini pun bukan selain terdapat gedung bersejarah dengan nuansa Belanda. Bangunan bernuansa Tiongkok juga ada.

Untukmu yang ingin liburan ke China, tapi belum tercapai sampai sekarang, bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Surabaya berikut ini. Scroll down, ya!

1. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng Sanggar Agung (Foto: instagram.com/bhactymuda)
instagram.com/bhactymuda

Dikenal pula dengan nama Klenteng Hong San Tang, tempat ibadah bagi pemeluk ajaran Tridharma sekaligus wisata di Surabaya ini sudah ada sejak tahun 1999.

Hal paling menarik dari klenteng ini adalah adanya Patung Dewi Kan Im dengan tinggi 20 meter yang lokasinya di tepi laut.

Untuk mengunjungi destinasi satu ini, kamu bisa menuju ke Jalan Pantai Ria Kenjeran. Tanpa mengganggu mereka yang sedang beribadah, kamu bisa menuju lokasi keberadaan patung sang dewi dari pintu di sisi kanan klenteng.

Lokasi Klenteng Sanggar Agung : Jl. Sukolilo Nomor 100, Pantai Ria Kenjeran, Surabaya

Tiket masuk Klenteng Sanggar Agung : Rp2.500 (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti (Foto: instagram.com/nurzait)
instagram.com/nurzait

Konon dibangun di tahun 2010, Pagoda Tian Ti sebenarnya nggak diperuntukkan untuk tempat ibadah agama tertentu. Hal ini tampak jelas di bagian dalam bangunan yang dibiarkan bersih tanpa aksesoris religius.

Berada di dalam kawasan Kenjeran Park, bangunan ini dibangun setelah pengelola terinspirasi dengan Pagoda Tian Tan di Beijing Cina. Sebagian besar ukiran, warna, ornamen, hingga keseluruhan tampilan bangunnya memang mirip dengan pagoda di Negeri Tirai Bambu.

Lokasi Pagoda Tian Ti : Jalan Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya

Tiket masuk Pagoda Tian Ti : Rp10 ribu masuk Kenjeran Park (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Kya Kya Surabaya

Kya Kya Surabaya (Foto: instagram.com/arrif.m)
instagram.com/arrif.m

Wisata di Surabaya ini bisa dibilang China Town-nya Kota Pahlawan. Berada di kawasan ini, kamu seolah merasakan atmosfer Negeri Tirai Bambu yang khas, terutama saat berpose di pintu gerbangnya.

Menariknya lagi, saat malam menjelang, di sepanjang jalan Kembang Jepun ini banyak kios yang menjual berbagai macam makanan khas Surabaya, Tionghoa, ataupun menu Nusantara lainnya.

Saat hari-hari tertentu, kamu juga bisa melihat pementasan budaya. Acara tematik seperti Shanghai Night, Dancing on The Street, Agoestoesan Tjap Kya-kya Kembang Djepoenserta Mystical Night, hingga Festival Bulan Purnama biasanya juga digelar di sini.

Lokasi Kya Kya Surabaya : Jl. Kembang Jepun, Bongkaran, Pabean Cantian, Kota Surabaya 

Tiket masuk Kya Kya Surabaya : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Jelajah Kota Pahlawan di 5 Wisata Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi, Pasti Seru!

4. Kapasan Dalam

Kapasan Dalam (Foto: instagram.com/enggarprasetya)
instagram.com/enggarprasetya

Kawasan pecinan di Surabaya ini mungkin jarang disebut namanya. Padahal Kapasan Dalam adalah serangkaian dengan Kembang Jepun atau kawasan Kya Kya yang lebih terkenal.

Di area ini, kamu bisa menemukan bangunan rumah bundar zaman dahulu, gang-gang sempit, hingga klenteng. Kamu juga bisa mengunjungi landmark seperti bekas rumah Kapten China yang sekarang jadi Hotel Ganefo dan bekas Sectie V Politie van Kapasan Soerabaia yang kini berubah jadi Polresta Surabaya Timur.

Selain itu, ada pula Klenteng Boen Bio yang hanya diperuntukkan bagi penganut agama Khonghuchu murni. Di tempat ibadah ini, atmosfer Tiongkok yang khas akan kamu rasakan.

Lokasi Kapasan Dalam : Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya

Tiket masuk Kapasan Dalam : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho Surabaya (Foto: instagram.com/aprilliaika)
instagram.com/aprilliaika

Bukan hanya di Pandaan, di Surabaya pun ada Masjid Cheng Ho yang dihiasi dengan perpaduan ornamen Tiongkok dan Arab. Pintu tempat ibadah ini menyerupai pagoda.

Relief naga dan patung singa dari lilin serta lafadz Allah dalam Bahasa Arab ada di puncak pagoda. Lalu di sisi kiri bangunan ada bedug yang khas dari masjid.

Bangunan yang diresmikan pada 13 Oktober 2002 ini didirikan untuk menghormati Cheng Ho, seorang laksamana asal Tiongkok yang juga merupakan seorang muslim. Saat berada di kawasan Asia Tenggara, Cheng Ho nggak hanya berdagang dan menjalin persahabatan saja. Ia juga menyebarkan agama Islam.

Lokasi Masjid Cheng Ho : Jl. Gading No.2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya

Tiket masuk Masjid Cheng Ho : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itu dia tempat wisata di Surabaya dengan nuansa Tiongkok. Kamu bisa mengunjunginya setelah pandemi virus corona sudah berakhir. Sabar dulu, ya!