5 Wisata di Tabanan Bali yang Menyejukkan, biar Nggak ke Pantai Melulu

26 December 2018, at 09:00
2
0
5 Wisata di Tabanan Bali yang Menyejukkan, biar Nggak ke Pantai Melulu

Saat memikirkan tentang wisata Bali, kebanyakan orang pasti hanya akan berpikir soal pantainya yang indah. Padahal pesona Pulau Dewata bukan itu saja.

Banyak tempat menarik yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya ada di kawasan Tabanan. Meski bukan lagi menyuguhkan tentang keindahan pantai, tapi pesonanya sungguh memikat.

Di sini kamu bisa menikmati suasana sejuk yang menenangkan. Cocok banget untuk kamu yang ingin menghilangkan penat dan bukan liburan biasa.

Penasaran dimana saja lokasi tempat wisata yang dimaksud? Simak langsung ulasan Qupas di bawah ini, yuk!

1. Danau Bratan Bali

danau bratan
instagram.com/juanitoviajero

Sejuknya udara akan kamu rasakan begitu mampir ke Danau Bratan. Apalagi wisata ini berada di ketinggian kurang lebih 1.240 mdpl.

Danau ini memiliki luas kira-kira 375,6 hektar dengan kedalaman kurang lebih 22 sampai 48 meter. Perlu kamu ketahui juga kalau tempat ini merupakan danau terluas kedua setelah Danau Batur. 

Menariknya lagi, di sini kamu dapat menyaksikan Pura Ulun Danu Beratan yang letaknya di tengah danau. Jadi kamu bisa juga menikmati dua keindahan objek di wisata Bali ini.

Selama perjalanan ke wisata ini, kamu akan menuju ke arah pegunungan. Bahkan menjelang sampai ke lokasi, kamu akan melewati tanjakan berliku dengan pemandangan kebun sayur dan lembah yang indah.

danau bratan bali
instagram.com/aditbendoth

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah saat pagi hari, yakni mulai pukul 09.00-11.00 WITA. Tujuannya untuk menghindari turunnya kabut.

Coba bayangkan kalau kabut turun ketika kamu sampai di sini. Pastinya hasil fotomu jadi kurang memuaskan. Jadi lebih baik datang di waktu yang sudah disarankan.

Lokasi: Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WITA

Tiket masuk: Dua puluh ribu rupiah (dewasa); lima belas ribu rupiah (anak-anak)

Jangan lupa review di sini, Danau Bratan Bali

2. Secret Garden Village Bali

secret garden village
instagram.com/vabyramauriz

Secret Garden Bali ini memang cukup unik. Sebab tempat ini mengusung tema tur edukasi dan dibuat untuk memastikan lingkungan akan menyenangkan dan menarik untuk dipelajari.

Wisata ini sendiri punya 4 atraksi utama yang pastinya akan membuatmu betah berlama-lama di sini, yakni meliputi:

  • Museum kecantikan beserta pabrik mini produk kecantikan lokal Oemah Herborist
  • Museum kopi dan kafe di bawah label Black Eye
  • Restoran Rice View
  • Restoran The Luwus

Menariknya lagi, kamu yang berkunjung ke sini juga akan diajak berkeliling ke selama 60 menit untuk mengunjungi atraksi utama tersebut.

Bayangkan saja, kamu bisa menyaksikan bangunan berkonsep minimalis kontemporer. Dipadukan dengan konsep alam yang sangat kuat, seperti kayu, air, besi dan beton, tempat ini tentu sangat menarik untuk dikunjungi.

Beberapa bagian di tempat ini memang bernama museum. Tapi jangan salah, karena kamu akan menyaksikan beragam koleksi kuno yang dikemas lebih modern.

secret garden village bali
instagram.com/dayuginta

Misalnya saja ketika petugas akan mengarahkanmu ke Beauty Heritage Museum (bagian dari Oemah Herborist). Di sini terdapat ekitar 20 koleksi peralatan antik untuk meracik jamu atau produk kecantikan di zaman dulu.

Gimana, tertarik untuk berkunjung kan? Apalagi tiket masuknya juga cukup terjangkau dan masih banyak hal yang bisa kamu pelajari di tempat ini.

Lokasi: Jalan Raya Denpasar Bedugul km. 36, Mekarsari, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 09.00-20.00 WITA

Tiket masuk: Lima puluh ribu per orang

Jangan lupa review di sini, Secret Garden Village Bali

3. Kebun Raya Bali

kebun raya bedugul
instagram.com/rynmlyna_

Wisata di Bali ini memang sudah cukup populer dan banyak dikunjungi turis. Tempat ini sendiri merupakan hutan lindung di Bali.

Udaranya sangat sejuk dan cocok untuk destinasi liburan bersama keluarga. Area yang juga disebut sebagai Kebun Raya Eka Karya Tabanan ini luasnya mencapai 157.5 hektar dan ternyata yang terluas di Indonesia.

Kebun Raya Bali ini memiliki beberapa spot menarik yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Misalnya saja seperti:

  • Candi Bentar
  • Ramayana Boulevard
  • Kumbakarna Laga Statue
  • Roses Garden
  • Lake Beratan View
  • Usada Cafe
  • Traditional Balinese house, dan lain sebagainya

kebun raya bedugul bali
instagram.com/krisnasanmaharta

Tertarik untuk liburan ke sini? Mumpung lokasinya nggak terlalu jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai, lho. Jaraknya sendiri adalah sekitar 62,6 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih selama 1 jam 14 menit saja.

Keuntungannya lagi, harga tiket masuk ke wisata di Bali ini cukup murah dan nggak sampai lima puluh ribu rupiah kok.

Lokasi: Jalan Kebun Raya, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WITA

Tiket masuk: Sebelas ribu rupiah

Jangan lupa review di sini, Kebun Raya Bali

Baca juga: Sekian Wisata di Kuta Selain Pantai, biar Liburan Nggak Monoton

4. Bali Tree Top Adventure Park

bali tree top adventure park
instagram.com/balitreetop

Bosan liburan ke pantai saat ke Bali? Coba deh kunjungi Bali Tree Top Adventure Park, lokasi seru-seruan untuk kamu yang suka tantangan.

Sambil menikmati kesejukan udara hutan, kamu pun bisa melakuka kegiatan outbond di sini. Pasti seru deh! Apalagi kalau kamu liburan bersama orang-orang tersayang.

Menariknya lagi, bukan hanya pengunjung dewasa saja yang bisa menikmati keseruan outbond. Anak-anak pun tentu bisa merasakannya.

Terdapat sekitar 72 jenis permainan menantang di sini, seperti Flying-Fox, Spider Nets, Suspended bridges, Flying Swings, Tarzan Jumps dan lain sebagainya. Pasti seru banget nih.

Eits! Sebelum menggunakan fasilitas permainan, pengunjung harus memenuhi beberapa persyaratan untuk keselamatan. Hal tersebut meliputi batasan umur dan berat badan.

bali tree top adventure park tabanan
instagram.com/balitreetop

Untuk bisa main di sini, umur minimumnya adalah 4 tahun dan maksimal 70 tahun. Sedangkan syarat berat badan yang berlaku adalah maksimal 120 kilogram.

Adapun kategori permainan yang tersedia di wisata satu ini meliputi:

  • Squirrel Yellow Circuit: Khusus untuk anak berusia 4-6 tahun. Orang tua dapat menemani serta menjaga anak-anaknya dari bawah. Durasi permainan selama 10 menit.
  • Squirrel Green Circuit: Dirancang untuk anak usia 4-8 tahun. Orang tua juga masih dapat mengawasi serta menjaga anak. Durasinya adalah 10 menit.
  • Green Circuit: Khusus untuk anak usia 4-8 tahun dengan durasi permainan selama 15 menit.
  • Blue Circuit: Untuk anak-anak usia di atas 8 tahun. Tapi bisa juga digunakan oleh orang dewasa. Durasi permainannya adalah 30 hingga 45 menit.
  • Orange Circuit: Untuk anak usia di atas 8 tahun dan orang tua juga harus menemani secara langsung. Pada level ini, orang dewasa juga diperbolehkan melakukan permainan. Durasi permainan 30 sampai 45 menit.
  • Red Circuit: Untuk anak usia di atas 12 tahun dengan orang tua ikut dalam permainan. Level ini juga dapat dilakukan oleh orang dewasa. Durasinya 20 sampai 40 menit.
  • Adrenaline Black Circuit: Level teratas dan khusus untuk anak usia di atas 12 tahun. Orang tua harus ikut menemani anak di arena ini. Orang dewasa juga diperbolehkan menggunakan wahana ini. Durasi permainan 30 sampai 40 menit.

Tertarik untuk liburan ke sini? Yuk langsung meluncur ke arena permainan seru ini!

Lokasi: Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 09.30-18.00 WITA

Tiket masuk: Harga mulai 14 dolar Amerika Serikat (sekitar 204 ribuan rupiah) untuk anak-anak; 22 dolar Amerika Serikat (sekitar 320 ribuan rupiah) untuk dewasa)

Jangan lupa review di sini, Bali Tree Top Adventure Park

5. Air Panas Penatahan

air panas penatahan
instagram.com/rinbali

Menikmati suasana asri sambil berendam di air panas bisa jadi salah satu alternatif liburan paling menyenangkan. Kabar baiknya, kamu bisa melakukannya saat berada di Pulau Dewata.

Yap! Coba saja datang ke Pemandian Air Panas Penatahan. Berada di kawasan seluas 2,1 hektar, tempat ini dirawat kebersihannya sehingga para pengunjung pasti akan merasa nyaman.

Sumber airnya pun berasal dari Pura Yeh Panes yang berlokasi di tepu sungai Yeh Ho. Kadar belerang di tempat ini memang cukup tinggi, tapi baunya nggak terlalu menyengat.

Selain untuk tempat wisata, tentu saja area ini cocok untuk sarana penyembuhan beragam penyakit kulit. Bahkan bisa juga untuk lokasi relaksasi.

air panas penatahan bali
instagram.com/sindhugautama.id

Di sini terdapat dua kategori kolam, yakni umum dan privat dengan rincian sebagai berikut:

  • Area privat terdiri dari 8 kolam, di mana 4 di bagian bawah yang terdapat tembok penyekat tanpa atap. Sedangkan 4 kolam di atas dikelilingi dinding yang terbuat dari bambu.
  • Area umum terdiri dari 3 tipe kolam, yakni kolam dengan kurang lebih 38 sampai 40 derajat celcius; kedalaman sekitar 80 cm dan tempat dengan kedalaman 115 – 180 meter.

Jadi siap meluncur ke Pemandian Air Panas Penatahan? Dijamin nggak akan menyesal dan pegal-pegal langsung sirna deh.

Lokasi: Desa Penatahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 07.00-20.00 WITA

Tiket masuk: Sepuluh ribu rupiah (kolam umum); dua puluh lima ribu rupiah (kolam privat)

Jangan lupa review di sini, Air Panas Penatahan

Nah, itulah beberapa wisata di Tabanan Bali yang menyejukkan untuk kamu yang bosan liburan ke pantai. Kabar baiknya, harga tiketnya juga tetap terjangkau. Bahkan kamu pun bisa puas bersenang-senang di Pulau Dewata.

0 Comment