5 Wisata Gua di Jogja untuk Menguji Adrenalin Sambil Melihat Indahnya 'Negeri Bawah Tanah'

14 November 2019, at 11:00
0
0
5 Wisata Gua di Jogja untuk Menguji Adrenalin Sambil Melihat Indahnya 'Negeri Bawah Tanah'

Selain budaya dan kuliner, Jogja juga dikenal punya pariwisata alam yang memikat. Deretan pantai hingga gua bisa kamu temukan di wilayah ini.

Memang sih, begitu mendengar tentang wisata gua, mungkin yang bakal kamu pikirkan adalah aroma lembap, suasana gelap, maupun akses jalan yang bikin deg-degan. Bahkan kadang kita harus menuruni area gua menggunakan seutas tali jika bentuk mulutnya horizontal.

Meski melelahkan, pada akhirnya 'negeri bawah tanah' ini membuat kita akan langsung jatuh cinta. Entah dari stalaktit atau stalakmit yang terbentuk, bentuk mulut gua yang fenomenal, maupun keunikan lainnya. Seperti saat kamu liburan ke sederet wisata gua di Jogja berikut ini. Simak deh!

1. Goa Cokro

goa cokro
instagram.com/joeadimara_

Destinasi yang juga dikenal dengan nama Luweng Cokro ini keunikannya terletak pada cahaya yang menembus ke dalam gua. Untuk mencapai dasarnya, kamu pun harus menggunakan teknik seutas tali atau single rope technique (SRT).

Gua sedalam 18 meter ini punya dua mulut gua. Yang pertama lebarnya sekitar 1,5 meter x 0,8 meter. Sedangkan yang kedua ukurannya lebih kecil sehingga agak sulit untuk memasukinya.

Saat cuaca terik, kamu bisa melihat fenomena bernama ray of light. Beragam ornamen juga bisa kamu lihat di dalam wisata Jogja ini.

Lokasi Goa Cokro : Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul

Tiket masuk Goa Cokro : paket wisata senilai Rp400 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Goa Jomblang

goa jomblang
instagram.com/chelseakauai

Salah satu dari 13 geosite yang ada di Gunungsewu, Gunungkidul ini sempat menjadi tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada tahun 2011 lho. Memasuki area gua, sungai bawah tanah, hutan purba, dan "Sinar Surga" alias lubang Luweng Grubug yang ikonik bakal tersaji di hadapanmu.

Beda dari yang lain, Goa Jomblang bisa dibilang termasuk wisata eksklusif di Jogja. Ini karena pihak pengelola memberikan kuota terbatas setiap harinya bagi para pengunjung yang memasuki destinasi tersebut.

Buat para petualang, Goa Jomblang juga cocok buatmu. Soalnya, butuh nyali tinggi untuk bisa menuruni gua vertikal sedalam 60 meter.

Lokasi Goa Jomblang : Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul

Tiket masuk Goa Jomblang : Rp500 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Goa Kalisuci

goa kalisuci
instagram.com/kalisucicavetubing

Wisata gua di Jogja ini menawarkan cave tubing yang bakal bikin liburanmu makin seru. Saat bertualang di Kalisuci, kamu bakal merasakan sensasi derasnya arus yang menantang. Cocok banget buat yang suka hal ekstrem.

Menariknya lagi, selama susur goa, para pemandu juga bakal menjelaskan potensi alam di sekitar Goa Kalisuci, seperti:

  • Gua Suci
  • Gua Luweng Senglat
  • Gua Geleng
  • Gua Buri Omah

Lokasi Goa Kalisuci : Dusun Jetis, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul

Tiket masuk Goa Kalisuci : Rp65 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Uji Adrenalin di Kalisuci dan Goa Pindul Cave Tubing Jogja, Lebih Seru yang Mana Ya?

4. Goa Cerme

goa cerme
instagram.com/angelinaadwi

Nggak kalah cantik dari gua lainnya, tempat wisata di Bantul ini punya aliran sungai bawah tanah. Bentuknya seperti lorong dengan panjang sekitar 1,5 kilometer membentang dari Kabupaten Bantul hingga Gunungkidul.

Untuk menyusuri Goa Cerme, kamu harus berusaha untuk melawan arus sungai bawah tanah. Selama susur gua, ornamen-ornamen indah bisa kamu saksikan. Ada stalaktit, stalakmit, pilar, sodastraw, flowstone, dan masih banyak lagi.

Lokasi Goa Cerme : Dusun Srunggo, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

Tiket masuk Goa Cerme : Rp9 ribu per orang dan Rp50 ribu untuk jasa guide (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Goa Pindul

goa pindul
instagram.com/marchelinaagathaa

Selain punya stalaktit yang diklaim terbesar ke-4 di dunia, Goa Pindul juga terkenal dengan cave tubing-nya. Di wisata Gunungkidul ini, kamu bisa menikmati sensasi berenang di lorong gua yang panjang. Tenang, kegiatan ini mudah dilakukan kok. Apalagi aliran sungai bawah tanahnya sangat tenang.

Untuk mengunjungi Goa Pindul Jogja, sebaiknya bukan saat musim liburan. Karena pasti bakal penuh sesak seperti lautan manusia.

Lokasi Goa Pindul : Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul

Tiket masuk Goa Pindul : Rp50 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Itu dia wisata gua di Jogja yang pesonanya bakal bikin kamu jatuh cinta saat pertama lihat. Kamu pernah berkunjung ke salah satunya?

0 Comment