5 Wisata Jogja Terbaru dengan Panorama Perbukitan yang Istimewa, Yuk Mampir!

10 February 2019, at 04:00
1
0
5 Wisata Jogja Terbaru dengan Panorama Perbukitan yang Istimewa, Yuk Mampir!

Kehadiran wisata Jogja yang terbaru menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para traveler. Apalagi wilayah ini selalu saja menjadi tempat yang istimewa di hati para turis.

Kebanyakan dari mereka ingin selalu saja kembali ke Jogja atau Yogyakarta. Kenapa? Lagi-lagi karena banyaknya tempat wisata di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

Seperti beberapa objek wisata di bawah ini. Ada yang sudah hits beberapa tahun belakangan, namun terdapat pula wisata Jogja yang baru populer di akhir tahun 2018 sampai awal 2019 ini.

Baca juga: Wow! Wisata Jogja Terbaru Ini bikin Kamu Seolah Liburan ke Jepang

Penasaran, kan? Yuk, langsung simak ulasan Qupas di bawah ini!

1. Wisata Alam Watu Payung

tempat wisata di jogja watu payung
instagram.com/cahyanadhini

Wisata Jogja yang juga disebut sebagai Geoforest Watu Payung Gunung Kidul ini memiliki kosep seperti Mangunan. Ada gardu pandang untuk menikmati panorama alam seperti pepohonan dan sungai di bawahnya.

Layaknya ada di atas awan, kamu akan menyaksikan kecantikan alam berupa sungai Oya, sunrise jika beruntung dan panorama cantik lainnya.

Menariknya lagi, meski tempat wisata Jogja ini masih baru, tapi kamu akan menmukan beragam fasilitas yang semakin memudahkanmu, seperti?

  • Gazebo
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan, dan lain sebagainya

Kalau kamu ingin mampir ke wisata Jogja terbaru ini, sebaiknya datang di pagi hari saja. Sebab kalau beruntung, kamu akan menamukan sunrise yang dihiasi kabut tebal.

wisata yogyakarta watu payung
instagram.com/erytriana_iie

Nggak ingin datang pagi? Bisa mampir di sore hari. Kamu pun nggak akan kehilangan momen indah, seperti menyaksikan sunset yang istimewa.

Panorama cantik bukan hanya bisa dinikmati ketika sudah berada di lokasi. Selama perjalanan menuju gardu pandang, kamu akan dimanjakan dengan spot cantik seperti goa, Sungai Oya sampai air terjun.

Meski dari tempat parkir kamu harus melewati jalan setapak yang menantang terlebih dahulu, namun semuanya akan terbayar ketika sudah sampai di lokasi.

Lokasi: Turunan, Girisuko, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 04.45-21.00 WIB

Tiket masuk: Gratis, tapi membayar parkir kendaraan senilai dua ribu rupiah

2. Gunung Bagus Paliyan

paket wisata jogja gunung bagus
instagram.com/indra.saputraaaa

Gunung Bagus Paliyan bisa dibilang merupakan wisata Jogja 2019 yang santer dibicarakan oleh para traveler. Apalagi penampilannya seperti Sumba maupun New Zealand.

Sejauh mata memandang, hamparan kawasan hijau bisa kamu saksikan. Bahkan ketika dilihat dari atas, area perbukitan ini menampilkan pola yang cantik.

Kawasan hutan rakyat ini dulunya ditanami oleh pohon jati yang rindang. Namun akhirnya semua tanaman itu dibabat. Sebab akan diganti oleh jati varietas unggul.

wisata jogja 2019 gunung bagus
instagram.com/dimasagungpradipta

Sembari menunggu tanaman jati tumbuh, maka masyarakat memanfaatkan lahan tersebut untuk ditanami jagung.

Kecantikan area seluas 82 hektar ini pun sontak membuat para traveler tertarik, terutama untuk hunting foto. Apalagi diketahui jika area ini menampilkan perbukitan yang cantik dipandang.

Satu catatan yang perlu kamu ketahui, pengelola yang merupakan petani nggak keberatan dengan kunjungan para traveler. Namun perlu diingat, jangan sampai merusak tanaman di sini, ya!

Lokasi: Area Hutan Rakyat di kawasan Gunung Bagus, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: -

3. Watu Tapak Camp Hill

wisata jogja terbaru watu tapak camp hill
instagram.com/dhian_hardjodisastro

Wisata Jogja terbaru selanjutnya adalah Watu Tapak Camp Hill. Letaknya sendiri persis di sebelah kawasan Taman Tebing Breksi, Sleman.

Bukan hanya mengusung tema destinasi digital. Wisata di Jogja yang baru buka pada 19 Oktober 2018 ini juga akan melibatkan para pengusaha muda (food trucking) dan co-branding dari Kementerian Pariwisata.

Baca juga: Cantiknya Bukan Main, Tempat Wisata di Jogja Ini juga Punya Spot Foto yang Hits

Selain menu makanan ringan di area food truck juga akan tersaji, di tempat wisata Jogja ini juga menyajikan keindahan alam berupa matahari terbit maupun tenggelam.

Berbeda dengan Tebing Breksi, wisata Yogyakarta yang dikelola oleh GenPi Jogja (Generasi Pesona Indonesia Jogja) ini memungkinkanmu untuk menikmati pemandangan sambil mendirikan tenda.

Setiap satu kawasan disediakan khusus untuk kegiatan camping berkapasitas 50 tenda. Sementara itu, satu tenda mampu menampung hingga 4 orang.

wisata jogja watu tapak camp hill
instagram.com/alexander_dendy_setyawan

Wisata Jogja Watu Tapak Cam Hill memiliki kontur tanah yang berundak dan menghadap ke utara serta barat. Ornamen bebatuan pun semakin mempercantik kawasan ini.

Dari tempat yang mungkin akan masuk ke dalam paket wisata Jogja ini, kamu juga bisa menyaksikan lanskap mulai dari:

  • Bandara Adisutjipto
  • Gunung Merapi
  • Candi Barong
  • Candi Prambanan
  • Situs Ratu Boko

Bahkan selain tenda, kamu juga bisa bermalam menggunakan campervan. Satu kawasan disediakan area api unggun dan bersantai sambil menikmati suasana malam yang istimewa.

Lokasi: Kompleks Taman Tebing Breksi, Gn. Sari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogja

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: -

4. Puncak Bukit Sosok Pleret

wisata jogja 2019 puncak bukit sosok pleret
instagram.com/senjakopikita

Puncak Bukit Sosok Pleret memang masih tergolong baru. Namun wisata Jogja ini memiliki daya tarik tersendiri, yakni adanya trek downhill.

Para pengunjung yang datang ke Puncak Sosok dan membawa sepeda bisa mencoba trek yang memicu adrenalin.

Trek downhill di wisata Jogja 2019 ini terbuat dari bambu yang dibelah menjadi dua dan tertata rapi. Untuk dinding penyangganya sendiri sudah menggunakan cor.

Dari ketinggian, hamparan sawah, Puncak Gebang hingga rumah penduduk dapat dilihat. Hmm, pasti cantik sekali.

tempat wisata jogja puncak bukit sosok pleret
instagram.com/ramadhaan44

Sementara saat malam hari, pemandangan lampu-lampu dapat kamu skasikan. Bahkan kalau berkemah di sini, kamu juga bisa menyaksikan matahari terbit yang indah.

Selama perjalanan menuju Puncak Bukit Sosok Plaret, kamu akan melewati jalan sempit dan menanjak serta curam.

Namun kamu nggak perlu khawatir karena jalan dibuat satu arah sehingga tidak menyebabkan akses jalan terhambat

Lokasi: Jambon, Bawuran, Pleret, Bantul, Jogja

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Seikhlasnya karena masih dalam tahap pembangunan

5. Gunung Ireng

wisata di jogja gunung ireng
instagram.com/rusdydarmawan

Ingin menikmati panorama perbukitan sekaligus berburu sunrise yang cantik? Semua itu bisa kamu dapatkan di Gunung Ireng.

Namanya memang gunung. Namun wisata Jogja hits ini hanyalah sebuah bukit batu kecil dengan puncak yang gundul, nyaris tanpa tanaman.

Kawasan ini merupakan titik tertinggi di Dusun Srumbung dan terkenal sebagai tempat berburu mahari terbit terbaik di Jogja.

Dari parkiran, kamu akan melewati beberapa puluh meter melewati hutan jati lebar sampai tiba di puncak. Perbukitan kabur dihiasi petak-petak sawah hijau kabut tipis ketika berangkat di pagi hari bisa kamu saksikan.

Begitu sampai di puncak, kamu akan menyaksikan bebatuan vulkanis berwarna gelap. Bahkan kamu akan menemui sedikit pepohonan di atasnya.

wisata jogja hits gunung ireng
instagram.com/yosafatyk

Ingin mendirikan tenda di sini? Bisa saja. Beberapa traveler pun bisa mendirikan tenda di dekat kawasan puncak supaya dapat melihat pemandangan cantik lebih lama.

Tapi ingat, ketika berada di wisata Jogja hits dan terbaru ini, jangan sampai merusak keindahan dengan membuang sampah sembarangan, ya!

Lokasi: Dusun Srumbung, Kelurahan Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Tiga ribu rupiah

Baca juga: Alamanda Flower Garden, Wisata Jogja Terbaru yang Anak Muda Banget

Nah, itulah deretan wisata Jogja terbaru yang akan memanjakan matamu dengan pemandangan perbukitan maupun kawasan hijau. Kapan nih mampir?

Agar liburanmu lebih murah, bisa saja kamu mencari paket wisata Jogja yang memungkinkanmu untuk mengunjungi beberapa tempat dengan harga lebih terjangkau. Yuk, berangkat!

0 Comment