5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi

01 November 2018, pada 03:00
0
0
5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi

Bicara soal wisata Mojokerto, apa sih yang ada di benakmu? Tempat bersejarah atau area dengan panorama alam yang sangat cantik?

Keduanya nggak salah kok. Mojokerto memang punya beberapa destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi, baik bertema alam maupun budaya.

Bahkan untuk kamu yang sudah jatuh cinta dengan dunia fotografi, coba deh datang ke Mojokerto. Sebab di kota kabupaten ini ada beberapa tempat yang fotogenik.

Nggak percaya? Simak saja ulasan Qupas berikut ini! Dijamin hasil jepretanmu nggak akan mengecewakan.

1. Puncak Watu Jengger

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/ahmad.shyarief

Mau tahu wisata hits di Mojokerto saat ini? Puncak Watu Jengger yang secara administrasi berada di Desa Tawangrejo adalah salah satu jawabannya.

Wisata bukit ini bisa dibilang menjadi area populer bagi para pecinta fotografi. Tapi kamu nggak hanya bisa hunting foto saja saat berada di sini.

Sambil menikmati panorama alam di sekitarnya tentu sangat boleh. Terlebih lagi hamparan perbukitan yang menghijau dengan pemandangan epic pasti akan mmebuatmu betah berlama-lama di Puncak Watu Jengger.

Untuk bisa sampai ke lokasi Puncak Watu Jengger, arahkan kendaraanmu ke Kecamatan Trowulan. Selanjutnya pilih rute ke Jatirejo - Wonosalam sampai menemui persimpangan Desa Lebak.

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/dheaananda_12

Ikuti terus rute ini sampai tiba di Desa Nawangan. Sampai di area ini, kesabaranmu mulai diuji karena harus melewati medan berbatu dan terjal.

Tapi nggak lama dari area ini, kamu akan menemukan papan petunjuk yang mengarahkanmu ke kawasan Puncak Watu Jengger.

Selama perjalanan dari parkiran ke puncak, kamu pun harus melewati medan yang nggak bisa dibilang mudah. Jalur sempit dan berbatu akan kamu lalui untuk bisa sampai di lokasi tujuan.

Meski begitu, semuanya akan terbayar kalau kamu sudah berada di puncak. Pemandangan alam yang indah dan hawa sejuk dijamin akan membuatmu tenang saat berada di sini.

Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk liburan ke Puncak Watu Jengger ya!

Alamat:  Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang

2. Gunung Penanggungan

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/fajarekop5_

Bagi para pendaki, Gunung Penanggungan pasti bukan tempat asing lagi untuk dikunjungi. Dataran tinggi yang kerap disebut miniatur Semeru ini memang jadi salah satu tujuan wisata populer di Mojokerto.

Apalagi ketinggiannya hanya sekitar 1.653 mdpl sehingga bisa jadi pilihan untuk para pendaki pemula. Selain itu panorama alam yang tampak dari puncaknya juga sangat memikat.

Untuk bisa sampai di puncak Gunung Penanggungan, ada 3 jalur yang bisa kamu lewati, yakni:

  • Jalur Desa Tamiajeng: Rute paling favorit karena jarak tempuhnya hanya kurang lebih selama 3 jam dari basecamp. Medan yang dilalui juga nggak sulit. Kamu pun hanya perlu menyediakan budget senilai delapan ribu rupiah.
  • Jalur Jolotundo: Butuh waktu kurang lebih selama 4,5 jam untuk bisa sampai ke Puncak Penanggungan. Tranck yang lebih landai pun akan kamu lalui saat memilih jalur ini.
  • Jalur Desa Ngoro: Akses lebih berat dan panjang dibandingkan melalui Tamiajeng dan Jolotundo. Jalan setapak dan tanjakan dengan kemiringan sekitar 80 derajat akan kamu lalui saat melalui jalur ini.

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/imam_rahendri

Ketiga jalur tersebut memang punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Meski begitu, semua akan mengantarmu ke puncak Gunung Penanggungan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk langsung liburan ke Gunung Penanggungan di Mojokerto!

Alamat: Kabupaten Mojokerto

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Delapan ribu rupiah (melalui jalur Tamiajeng)

3. Candi Wringin Lawang

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/egi_darmansyah

Wisata Mojokerto ini bisa membuat liburanmu lebih bermakna. Sambil menyegarkan pikiran penat, kamu juga bisa belajar sejarah.

Saat berkunjung ke Candi Wringin Lawang, kamu akan menemukan bangunan berbentuk gapura tanpa atap.

Menurut cerita rakyat pada Knebel 1907, candi dengan warna keemasan ini diperkirakan merupakan gerbang masuk Kerajaan Majapahit bagi para tamu yang berkunjung ke istana.

Tapi berdasarkan pengamatan peta kota Raja Majapahit serta penuturan Kitab Natanegara, diperkirakan pula kalau bangunan ini adalah pintu masuk ke kediaman Maha Patih Gajah Mada.

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/suttichai.phr

Terlepas dari sejarahnya, sampai saat ini Candi Wringin Lawang masih berdiri kokoh. Bahkan gerbang ini sekarang menjadi platform gapura di Jawa Timur.

Lalu bagaimana cara untuk menuju ke Candi Wringin Lawang dari pusat Kota Mojokerto? Mudah kok, kamu hanya perlu menuju ke Kecamatan Trowulan.

Setelah menemui perempatan Trowulan, ikuti jalan ke timur. Sekitar 2 kilometer, kamu akan menjumpai papan nama bertuliskan "Gapura Wringin Lawang".

Mudah kan? Yuk liburan ke Candi Wringin Lawang!

Alamat: Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Hanya perlu memberi sumbangan sukarela

Baca juga: Yuk, Mengunjungi Wisata Edukasi di Sidoarjo yang Punya 4 Candi Warisan Jaman Dulu!

4. Coban Canggu

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/aristiawan_putra

Setelah dilanda rasa penat, liburan ke wisata tema alam adalah pilihan tepat. Nah, salah satu pilihannya adalah Coban Canggu.

Panorama alamnya sangat memikat. Berbagai macam tumbuhan hijau yang mengelilingi area air terjun serta ornamen dinding dengan bentuk unik adalah daya tarik Coban Canggu.

Berada di lereng Gunung Welirang, hawa di sekitar Coban Canggu juga sangat sejuk. Belum lagi dengan airnya yang jernih yang semakin membuat perasaan semakin lega begitu melihatnya.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata air terjun ini, ada dua rute yang bisa kamu pilih kalau berangkat dari Kota Mojokerto, yakni:

  • Mojokerto - Dlanggu - Pacet (jarak tempuh sekitar 32 kilometer)
  • Mojokerto - Mojosari - Pacet (jarak tempuh sekitar 42 kilometer)

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/livyah08

Akses untuk menuju ke lokasi wisata pun nggak sulit. Kamu pun bisa menggunakan motor maupun mobil.

Tapi sesampainya di lokasi parkir, kamu masih harus melewati anak tangga dengan panjang kurang lebih 600 meter untuk bisa tiba di Coban Canggu.

Memang perjalanan panjang akan kamu tempuh. Meski begitu, semuanya akan terbayar begitu kamu sudah berada di lokasi air terjun yang tingginya mencapai 70-80 meter ini.

Alamat: Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Tujuh ribu rupiah per orang; maksimal sepuluh ribu per orang (saat hari raya)

5. Maha Vihara Majapahit

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/wasairul

Pasti kamu pernah dengar tentang patung Buddha tidur yang ada di Thailand, tepatnya di Wat Pho. Apalagi wisata tersebut adalah salah satu tujuan utama saat liburan ke Negeri Gajah Putih.

Tapi bagaimana untuk yang belum punya kesempatan untuk liburan ke Thailand? Tenang saja, kamu bisa berkunjung ke Mojokerto kok.

Pasalnya di Mojokerto, tepatnya di kawasan Trowulan ada patung Buddha tidur seperti yang ada di Thailand.

Dengan ukuran yang mencapai panjang 22 meter, lebar 6 meter serta 4,5 meter untuk tingginya, patung Buddha di Mojokerto disebut-sebut replika terbesar ketiga di dunia.

5 Wisata Mojokerto Populer untuk Pecinta Dunia Fotografi
instagram.com/jazabd

Jangankan patung Buddha. Di wisata ini kamu juga bisa menyaksikan bangunan vihara dengan bentuk serta aroma yang khas.

Patung-patung lain juga bisa kamu saksikan di sini. Bahkan ada pula miniatur Candi Borobudur di kawasan Maha Vihara Majapahit.

Sambil menyaksikan patung Buddha tidur, kamu juga bisa kok hunting foto di sini. Dijamin hasilnya nggak akan mengecewakan.

Yuk langsung liburan ke Maha Vihara Majapahit! Mumpung jaraknya dari pusat Kota Mojokerto hanya sekitar 14,2 kilometer saja.

Alamat: Jalan Raya Trowulan, Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Hanya perlu memberi sumbangan sukarela untuk kebersihan wisata

Itulah beberapa wisata Mojokerto yang bisa jadi pilihan untuk destinasi liburanmu nanti. Nggak hanya menyuguhkan panorama alam, kamu juga bisa menemukan tempat bersejarah di salah satu kabupaten di Jawa Timur ini.

Jangan lupa juga, semua lokasi wisata yang sudah Qupas rekomendasikan itu tentu cocok untuk para pecinta dunia fotografi. Jadi jangan ragu lagi untuk liburan ke Mojokerto ya!

 
0 Komentar