5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan

02 December 2018, pada 04:00
3
0
5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan

Nganjuk punya sederet wisata yang nggak kalah keren dari wilayah lain di Jawa Timur maupun provinsi lain. Bahkan mungkin bisa dibilang lebih.

Beragam wisata alam yang super eksotis ada di salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Mulai dari danau, bukit hingga air terjun pun ada.

Keputusanmu untuk liburan ke Nganjuk pun dijamin nggak akan sia-sia. Terlebih lagi ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, nggak terkecuali hunting foto.

Nah, biar nggak penasaran, langsung simak saja yuk ulasan Qupas berikut ini! Pasti kamu jadi nggak sabar untuk segera liburan ke Nganjuk.

1. Watu Lawang Nganjuk

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/mans.surya04

Pesona Nganjuk memang begitu memikat. Seperti ketika kamu mampir di Bukit Watu lawang yang ada di kawasan Sawahan.

Hamparan pepohonan hijau dan pemandangan 4 air terjun dari jauh dapat kamu lihat dari ketinggian. Bukan hal nggak mungkin kalau kamu akan berdecak kagum.

Terlebih lagi di area ini ada beberapa spot foto yang keren dengan latar spektakuler. Jadi siapkan saja kamera dan pose terbaikmu saat datang ke wisata bukit ini.

Untuk bisa sampai di lokasi wisata dengan ketinggian 1.500 mdpl ini, kamu cukup mengikuti jalan utama hingga tiba di wilayah Berbek.

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/izzaputria

Dari sini, kamu akan menemukan papan bertuliskan Wisata Air Terjun Sedudo. Ini artinya kamu sudah ada di area Bukit Watu Lawang.

Sebab pintu masuk wisata bukit ini letaknya bersebelahan dengan pemeriksaan tiket masuk Air Terjun Sedudo.

Pasca memarkirkan kendaraan, kamu masih harus mendaki bukit sejauh 300 meter dengan estimasi waktu kurang lebih selama 15 menit saja.

Jika kamu berencana untuk membawa kendaraan roda dua, sebaiknya bawa motor bergigi dan bukan matic. Pastikan pula kendaraanmu dalam kondisi prima saat menuju ke kawasan wisata eksotis ini.

Lokasi: Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Gratis dan hanya perlu menyediakan budget untuk parkir kendaraan

2. Air Terjun Sedudo

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/arrekmalang

Tentu banyak orang yang sudah mengenal wisata air terjun satu ini. Nggak heran sih, apalagi panoramanya memang benar-benar memesona.

Air terjun ini berada di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut. Jadi bukan hal aneh kalau udara di sini super sejuk dan bikin betah.

Pesona air terjun yang yang tingginya sekitar 105 meter ini terletak pada alirannya yang meluncur dari tebing. Ada di lereng Gunung Wilis, tentu saja pemandangan destinasi wisata satu ini kian eksotis.

Menariknya lagi, ada kepercayaan bahwa Air Terjun Sedudo punya kekuatan supranatural. Salah satunya dipercaya membawa berkat awet muda bagi orang yang mandi di aliran airnya.

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/endangbudi63

Dari pusat Kota Nganjuk, kamu perlu menempuh jarak sekitar 30 kilometer ke arah selatan apabila ingin tiba di Air Terjun Sedudo.

Jalur transportasi ke arah lokasi wisata pun terbilang baik dan jalan mulus. Meski begitu, medan cenderung menanjak dan berkelok mengingat berada di area gunung.

Kondisi jalan ini pun terbilang sulit dilewati oleh transportasi umum seperti bus. Jadi sebaiknya gunakan kendaraan pribadi roda empat maupun dua.

Lokasi: Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Dua ribu lima ratus rupiah

3. Embung Estumulyo

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/mans.surya04

Satu lagi wisata Nganjuk yang nggak kalah menarik untuk kamu kunjungi. Embung Estumulyo namanya.

Selain punya panorama yang cantik, tempat ini juga sepi pengunjung. Dan kamu bisa masuk ke kawasan ini secara cuma-cuma alias gratis.

Pemandangan bukit yang terbelah dan air yang tenang menjadikan area ini semakin indah dan instagenik. Terletak di tengah hutan, tentu membuat Embung Estumulyo ini kian menantang untuk dikunjungi.

Sambil menikmati panorama indah dan sejuknya udara pegunungan, bisa juga sekalian memancing di danaunya. Dijamin seru deh.

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/noeha_creation

Kawasan wisata ini sendiri berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Nganjuk. Jika melalui Jalan Sawahan-Berbek, estimasi waktu untuk mencapai lokasi kurang lebih selama 50 menit berkendara.

Tapi perlu diingat, karena bukan area wisata resmi, pastikan untuk mengunci ganda pada kendaraan bermotormu.

Lokasi: Desa Bulurejo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk

Jam buka: -

Tiket masuk: -

Baca juga: 5 Wisata Alam Ponorogo yang Bikin Hati Ayem

4. Air Terjun Singokromo

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/hakimsunjoyo

Berkunjung ke wisata air terjun bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat. Terlebih lagi dengan adanya suara aliran air yang kian membuat hati menjadi tenang.

Coba deh mampir ke Air Terjun Singokromo yang nggak kalah cantik dengan Sedudo. Meski ketinggiannya hanya mencapai 20 meter, debit airnya cukup besar kok.

Dari pusat Kota Nganjuk, wisata ini jaraknya sekitar 30 kilometer. Untuk kamu yang membawa kendaraan roda empat hanya bisa sampai di pintu gerbang bawah.

Selanjutnya kamu masih perlu berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi wisata dengan jarak sekitar 300 meter. Bisa juga menggunakan jasa ojek kalau kamu merasa lelah.

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/dwianitaa.s

Sepanjang jalan, kamu akan menyaksikan pepohonan yang rimbun disertai suara serangga hutan dengan bunyi yang menenangkan.

Semakin mendekati air terjun, jalan semakin sempit. Kamu pun akan menuruni tebing melalui undakan dari tanah.

Sebaiknya tetap waspada ketika menuruni area tebing ini. Hal ini karena jalan yang basah dan licin.

Lokasi: Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Dua ribu rupiah (parkir motor)

5. Waduk Perning

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/exclusiveelextro

Layaknya waduk pada umumnya, wisata ini pada awalnya juga difungsikan untuk mengairi sawah di area sekitar saja.

Tapi karena keindahannya, banyak kawula muda yang memanfaatkannya untuk sekedar selfie dan membagikannya ke jejaring sosial. Setelah itu, tempat ini pun juga menjadi salah satu objek wisata.

Bukan hanya danau saja yang bisa kamu lihat di sini. Sepanjang area menuju waduk, kamu dapat menyaksikan jajaran bukit, persawahan hingga hutan cemara.

Di Waduk Perning juga tersedia perahu kecil (muat 4 orang), motor cross, kolam pemancingan hingga taman. Selain itu, ada pula dermaga untuk para pecinta selfie.

5 Wisata Nganjuk yang Eksotis untuk Liburan Berkesan
instagram.com/vinydwinanda

Jarak Waduk Perning dari pusat Kota Nganjuk memang terbilang jauh, yakni sekitar 32,2 kilometer. Waktu tempuhnya pun kurang lebih selama 53 menit berkendara.

Rute tercepat untuk bisa segera tiba ke lokasi adalah melalui Jalan Raya Madiun-Surabaya/ Jalan Sudirman. Yuk langsung liburan ke wisata satu ini.

Lokasi: Perning, Jatikalen, Kabupaten Nganjuk

Jam buka: -

Tiket masuk: -

Ternyata wisata Nganjuk nggak kalah memikat kan? Terlebih lagi panorama alam yang disuguhkan benar-benar memanjakan mata.

Untuk kamu yang sudah punya rencana untuk liburan ke Nganjuk, boleh deh mampir ke wisata yang sudah Qupas rekomendasikan. Dijamin nggak akan rugi.

0 Komentar