5 Wisata Purworejo, Kampung Halaman WR Soepratman yang Bikin Jatuh Cinta

28 October 2019, at 12:00
0
0
5 Wisata Purworejo, Kampung Halaman WR Soepratman yang Bikin Jatuh Cinta

Hari ini, sudah 91 tahun berlalu, tepatnya 28 Oktober 1928, setelah berlangsungnya Kongres Pemuda dan menjadi hari lahirnya Sumpah Pemuda. Di momen penting ini, Wage Rudolf Soepratman atau lebih dikenal dengan nama WR Soepratman adalah salah satu tokoh penting yang terlibat di dalamnya.

Wartawan sekaligus musisi yang punya biola model Amatus ukuran 4/4 atau standar ini juga merupakan pencipta lagu kebangsaan Tanah Air kita, yaitu "Indonesia Raya". Kemudian ia memperdengarkan lagu ciptaannya itu di Kongres Pemuda Kedua yang akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda.

Meski sudah menciptakan Indonesia Raya, WR Soepratman mulai terlupakan. Hidupnya pun memprihatinkan. Ia dibelit kemiskinan, lalu jatuh sakit. Semua barangnya dijual demi makan dan berobat.

wr soepratman
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Hingga pada 16 Agustus 1938, kondisi kesehatannya semakin melemah. Ia pun meninggal di usia 35 tahun dan belum sempat mendengarkan lagu Indonesia Raya setelah Indonesia dinyatakan merdeka.

Sebagai pemuda penerus bangsa, alangkah lebih baik kita nggak melupakan sejarah serta perjuangan para pahlawan. Nggak terkecuali WR Soepratman, pria yang lahir di Purworejo pada tanggal 9 Maret 1903.

Berkaitan dengan tempat kelahiran sang tokoh nasionalis tersebut, siapa sangka ternyata Purworejo punya pesona. Khususnya di bidang pariwisata alamnya. Banyak tempat wisata di Purworejo yang dijamin bikin kamu jatuh cinta. Coba deh intip ulasan singkat berikut ini!

1. Curug Muncar

curug muncar
instagram.com/jayy_dyn

Air terjun di Purworejo ini dulu mungkin dikenal tempat liburannya para petualang. Tapi sekarang bisa dikunjungi siapa saja, terlebih lagi jika sudah dikelola oleh pemerintah setempat.

Dengan ketinggian sekira 90 meter dengan debit sedang serta terdapatnya kolam alami di bawahnya, membuat Curug Muncar semakin menarik.

Untuk menuju ke sini, kamu perlu membawa motor trail. Sedangkan buat yang bawa mobil, kamu perlu memarkirkan kendaraanmu dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Lokasi Curug Muncar : Kalibang, Kaliwungu, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk Curug Muncar : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Deret Mahoni

deret mahoni
instagram.com/m.adrianhartanto

Bak negeri dongeng, mungkin itu yang bakal kamu rasakan setelah tiba di Deret Mahoni. Wisata Purworejo ini sebenarnya hanya deretan pepohonan. Kendati demikian, pemandangannya sangat epik.

Buat para pecinta fotografi, coba deh mampir ke tempat wisata gratis ini. Jalan lurus dengan kiri kanan pepohonan mahoni besar yang rimbun, dijamin bakal sukses membuatmu terpesona.

Lokasi Deret Mahoni : Krajan, Nampurejo, Kec. Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk Deret Mahoni : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Glamping De Loano

glamping de loano
instagram.com/folk.jogja

Wisata Purworejo ini cocok buat yang ingin santuy di akhir pekan. Bertema glamping alias Glamorous Camping, kamu bakal merasakan sensasi berkemah, tapi mendapatkan banyak bonus berupa fasilitas layaknya hotel.

Destinasi yang baru saja diremikan pada 14 Februari 2019 bernama Glamping De Loano ini merupakan hasil sinergi bentuk kerjasama antara BOB dan Perhutani. Jadi bakal dikelola kedua belah pihak.

Meski masih dalam tahap pengembangan, wisata ini cukup diminati milenial. Kamu juga tertarik buat mampir?

Lokasi Glamping De Loano : Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk Glamping De Loano : Tarif inap mulai Rp100 ribu per orang (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Ini Nih Wisata di Purworejo yang Lagi Digandrungi Para Milenial, Kamu Juga?

4. Hutan Pinus Kalilo

hutan pinus kalilo
instagram.com/riza_fe

Ini nih salah satu wisata alam di Purworejo yang nggak kalah hits beberapa waktu belakangan. Di sini, kamu bisa menyaksikan panorama hutan pinus hingga spot foto yang intagenik.

Dikelola dengan baik oleh pemuda setempat, membuat wisata yang juga cocok buat rekreasi keluarga ini worth it buat dikunjungi. Ditambah lagi dengan adanya beragam fasilitas, seperti parkir yang nyaman, MCK, hingga camping ground.

Lokasi Hutan Pinus Kalilo : Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk Hutan Pinus Kalilo : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Goa Seplawan

goa seplawan
instagram.com/lelagracios

Wisata yang bisa ditempuh sekira 30 menit dari pusat Kota Purworejo ini bukan cuma menawarkan view goa eksotis. Panorama perbukitan hijau yang menyejukkan mata juga bisa kamu dapatkan saat berada di sekitar Goa Seplawan.

Saat berada di dalam goa, hawa dingin bakal kamu rasakan. Kamu bisa menyusuri goa dengan panjang kurang lebih 700 meter. Karena kondisi licin, jadi tetap hati-hati dan perhatikan jalanmu ya. Tapi kamu juga nggak perlu khawatir, di dalam goa ada sewa sepatu boots jaga-jaga biar nggak terpeleset.

Lokasi Goa Seplawan : Katerban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Tiket masuk Goa Seplawan : Rp8 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Itu dia wisata Purworejo, tanah kelahiran sang tokoh penting Sumpah Pemuda sekaligus pencipta lagu Indonesia Raya, WR Soepratman. Gimana, kamu sudah pernah mengunjungi salah satunya?

0 Comment