5 Wisata Semarang Dekat Stasiun Tawang, Pilihan Tepat Buat Liburan Si 'Tukang Jalan'

26 September 2019, at 15:00
0
0
5 Wisata Semarang Dekat Stasiun Tawang, Pilihan Tepat Buat Liburan Si 'Tukang Jalan'

Kereta api menjadi salah satu alat transportasi favorit para traveler yang ingin liburan hemat. Pun demikian dengan mereka yang berencana mampir ke Kota Semarang. Ada dua stasiun di Semarang yang sering dituju oleh traveler, yaitu Poncol dan Tawang.

Nah, kali ini yang bakal kita bahas adalah Stasiun Tawang. Di tempat pemberhentian kereta ini, bukan cuma desain bangunannya yang menarik. Wisata di sekitar Stasiun Tawang juga jadi incaran wisatawan. Dimana saja lokasinya?

1. Kota Lama Semarang

kota lama semarang
instagram.com/rantiarsela

Pernah tahu rumah akar di Semarang? Ternyata letaknya di dekat Stasiun Tawang, lho. Tepatnya di kawasan Kota Lama Semarang.

Spot rumah akar ini memang selalu menarik perhatian. Letaknya pun dekat dari Stasiun Tawang, dan kamu bisa menempuhnya cuma dengan jalan kaki.

Selain spot rumah akar, deretan bangunan era kolonial juga menjadi daya tarik Kota Lama Semarang. Menariknya, walau gedung tersebut sudah berusia antara 200 sampai 300 tahun, banyak di antaranya yang kondisinya sangat baik dan berfungsi normal.

rumah akar semarang
instagram.com/adfriando__

Kawasan Kota Lama Semarang sudah ramai sejak abad ke-17. Saat itu wilayah ini merupakan salah satu pusat perdagangan di Indonesia. Selanjutnya di abad ke-18 dan 19, banyak pedagang China dan Arab juga datang ke Kota Lumpia ini.

Ada bangunan ikonik yang bisa kamu masukkan daftar kunjunganmu kalau ke sini, diantaranya Gereja Blenduk yang dibangun abad 18 dan Jembatan Mberok yang didirikan pada abad ke-17.

Lokasi Kota Lama Semarang : Tanjung Emas, kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang

Tiket masuk Kota Lama Semarang : Gratis

2. Dream Museum Zone (DMZ)

dmz semarang
instagram.com/jonathanliem90

Masih di kawasan Kota Lama Semarang, ada Dream Museum Zone (DMZ) yang bisa kamu kunjungi, terutama buat yang gemar selfie. Jadi letaknya juga nggak jauh dari stasiun.

Museum unik di Semarang ini menyediakan 11 sampai 12 ruangan. Masing-masing ruangan ada sekira 5 sampai 7 spot foto. Nggak perlu bingung kalau datang sendiri, karena di sana ada petugas yang siap membantu untuk memotretmu.

Lokasi DMZ Semarang : Kawasan Kota Lama, Jl. Branjangan No.3-9, Old Town, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang

Tiket masuk DMZ Semarang : Rp100 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Semarang Kreatif Galeri

semarang kreatif galeri
instagram.com/dotsemarang

Wisata Semarang dekat Stasiun Tawang dan berada di kawasan Kota Lama ini juga pantang kamu lewatkan. Khususnya buat yang suka beli oleh-oleh.

Berbagai produk ynag dijual di sini, yaitu dari pakaian sampai aksesoris dengan harga beragam. Kartu Semarang Hebat untuk Trans Semarang juga dijual di sini, lho.

Lokasi Semarang Kreatif Galeri : Jl. Letjen Suprapto No.7, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang

Tiket masuk Semarang Kreatif Galeri : -

Baca juga: Nggak Usah Bingung, Gini Caranya Milih Oleh-oleh Saat Traveling

4. Lawang Sewu

lawang sewu
instagram.com/mirasisilawati06

Lawang Sewu bisa dibilang jadi destinasi wisata Semarang yang wajib dikunjungi. Gedung yang dulunya merupakan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS ini punya desain yang kental akan suasana kolonial.

Sesuai dengan namanya, banyak pintu di wisata Semarang ini, meski jumlahnya nggak sampai seribu (dalam Bahasa Jawa 'sewu').

Buat si tukang jalan sejati, coba deh mampir ke Lawang Sewu. Jaraknya lumayan sih, yaitu sekitar 3 kilometer. Kalau jalan kaki dari Stasiun Tawang, estimasi waktunya sekira 38 menitan. Jadi buat yang nggak terbiasa jalan kaki, bisa naik kendaraan umum, pesan ojek atau taksi online.

Lokasi Lawang Sewu : Jl. Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang

Tiket masuk Lawang Sewu : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Simpang Lima

simpang lima semarang
instagram.com/hardjono.a

Agak jauh dari Stasiun Tawang, ada Simpang Lima yang bisa kamu kunjungi. Terutama yang sedang cari wisata gratisan. Di kawasan ini, ada lapangan yang bisa dibilang jadi alun-alun Kota Semarang. Dikenal juga dengan nama Lapangan Pancasila.

Kawasan ini bisa dijadikan sebagai area wisata bersama keluarga. Di sini ada becak dan sepeda lampu. Aneka kuliner juga dijual di wisata murah Semarang ini.

Lokasi Simpang Lima : Jl. Simpang Lima, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang

Tiket masuk Simpang Lima : -

Itulah kelima wisata Semarang yang dekat dari Stasiun Tawang. Buat kamu yang liburan ke Kota Lumpia menggunakan kereta, bisa mampir ke sana.

0 Comment