5 Wisata Semarang dengan Pemandangan Lereng, Bikin Ketagihan Foto

31 August 2018, at 10:36
1
0
5 Wisata Semarang dengan Pemandangan Lereng, Bikin Ketagihan Foto

Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang bisa kamu jadikan destinasi untuk berlibur. Pasalnya, wisata Semarang cukup menarik perhatianmu, mulai dari kuliner Semarang hingga beberapa lokasi yang menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan. Poin plus-nya, kamu juga bisa menikmati hawa sejuk Semarang Atas. Bahkan, cocok juga untuk hunting foto.

Beberapa wisata Semarang yang Qupas rekomendasikan buat kamu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. Bahkan, lokasinya yang berada di lereng pun akan membuatmu semakin bisa menikmati kesejukan, keindahan dan ketenangan. Penasaran? Yuk, intip beberapa lokasi yang tentunya punya harga tiket terjangkau berikut ini.

Baca juga: Sehari di Kota Semarang, Ke Mana Aja Ya?

1. Bantir Hills

bantir hills
instagram.com/tiyanjr

Satu lagi wisata Semarang yang siap memanjakan matamu dengan suguhan alamnya, yakni Bantir Hills. Buat kamu yang doyan foto, tempat ini cocok banget untuk dikunjungi. Berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, Bantir Hills bakal membuatmu menikmati kesejukan sekaligus pemandangan super cantiknya.

Bantir Hills berada di Jalan Bantir, Desa, Losari, Sumowono, Bantir, Losari, Sumowono, Semarang. Untuk bisa sampai ke sini, Pasar Sumowono adalah patokannya. Dari sini, jalan lurus saja menuju arah Curug 7 Bidadari. Selanjutnya, kamu akan menemukan papan petunjuk menuju Bantir Hills.

spot foto wisata bantir hills
instagram.com/fajar_dikaa05

Saat berencana untuk ke sini, siapkan tenaga optimal karena kamu masih harus berjalan kaki dimana aksesnya menanjak. Meski begitu, rasa lelah akan terbayar dengan suguhan pemandangan cantik di sepanjang perjalanan. Bekal makanan dan minuman sebaiknya juga kamu bawa lantaran di sini nggak ada penjual. Tapi tetap harus jaga kebersihan, ya!

Jam operasional objek wisata ini dimulai dari 08.00 sampai 17.00 WIB. Terkait harga tiket, kamu cukup sediakan budget Rp 6 ribu saja. Terjangkau, kan? Apalagi semua itu akan terbayar karena kamu akan menikmati pemandangan menakjubkan sambil berpose.

2. Umbul Sidomukti

umbul sidomukti
instagram.com/ghazy_sena

Objek wisata satu ini juga bisa jadi pilihanmu untuk berlibur. Berada di kaki Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti menyuguhkan pemandangan alam Semarang Atas. Nggak hanya itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru di sini, salah satunya adalah wahana outbond yang menantang. 

Tapi, buat kamu yang nggak suka dengan hal-hal ekstrem, coba saja untuk berenang di sini. Ada juga kafetaria yang bisa digunakan untuk bersantai, lho. Kamu juga bisa hanya sekedar menikmati keindahan wisata yang dibangun di lereng atau foto-foto saja. Menariknya lagi, penginapan juga di sediakan di sini.

sunset umbul sidomukti
instagram.com/atika_muth

Wisata ini beralamat di Desa Sidomukti Jimbaran, Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang. Untuk menuju ke sini, butuh waktu sekitar 1 jam jika kamu berangkat dari Kota Semarang. Jalur mudah untuk masuk ke sini adalah dari pintu tol Gayamsari. Selanjutya, ikuti arah menuju Yogyakarta atau Solo dan keluar lewat pintu tol Ungaran.

Dari sini, ikuti terus jalur Semarang Solo / Yogya sampai bertemu Pom Bensin Lemah Abang, lalu ambil arah ke kanan menuju Bandungan. Setelah menemui pertigaan pasar Jimbaran, belok kanan hingga melewati jalan yang cukup sempit. Jangan khawatir nyasar, karena kamu sudah hampir tiba di Desa Sidomukti dan tentunya lokasi wisata.

Fasilitas yang tersedia di Umbul Sidomukti memang super lengkap. Tapi, harga tiket untuk masuk objek wisata ini cukup terjangkau. Cukup sediakan budget Rp 5 ribu sampai maksimal Rp 100 ribu, kamu sudah bisa melakukan berbagai aktivitas di sini. Mau coba?

3. Eling Bening

eling bening
instagram.com/danarsibolang

Eling Bening adalah salah satu objek wisata yang bakal menyuguhkan pemandangan cantik. Dari sini, kamu bisa menyaksikan langsung Danau Rawa Pening yang terhampar di bawah. Deretan perbukitan hijau, Gunung Merbabu, Andong dan Temoloyo pun bisa kamu saksikan di Eling Bening. Pas banget untuk mencari suasana tenang maupun hanya sekedar hunting foto.

Eling Bening sendiri terletak di Jalan Sarjono, Bawen, Semarang. Untuk menuju ke sini, cukup ikuti rute Semarang, Tembeleng, Gombel, Ungaran, Bawen, Ambarawa hingga sampai di objek wisata. Setelah sampai di pertigaan sebelum Terminal Bawen, pilih arah kanan menuju Ambarawa.

spot foto wisata eling bening

Selanjutnya, jalan terus sampai kamu menemukan pertigaan lagi di depan Monumen Palagan. Ambil arah kiri sampai kamu kembali menemukan pertigaan. Selanjutnya, ikuti petunjuk jalan sampai menemukan lokasi wisata cantik ini.

Buat kamu yang nggak suka keramaian, sebaiknya kunjungi tempat ini di hari Senin sampai Jumat saja. Sebab, di akhir pekan tentunya akan dipenuhi oleh para pengunjung. Harga tiket wisata yang buka dari pukul 07.00 sampai 19.00 WIB ini adalah Rp 15 ribu per orang. Sedangkan untuk makanan, sediakan budget mulai dari Rp 20 ribu saja.

eling bening ambarawa
instagram.com/yolandaferiska/

Buat kamu yang doyan foto, tentu wisata ini cocok banget untuk kamu kunjungi. Tapi, foto terbaik bisa kamu ambil saat pagi dan sore hari saja. Suasana yang nggak terlalu terik akan membuat jepretanmu makin oke. Tertarik untuk berkunjung?

Baca juga: Asyiknya Wisata Kuliner Malam di Semarang ke 5 Tempat Makan Ini

4. Gardu Pandang Lereng Kelir

wisata lereng kelir
instagram.com/arga.pp

Objek wisata yang berada di ketinggian 715 meter di atas permukaan laut ini akan membuatmu takjub dengan pemandangan yang memesona. Dari sini, ada gardu padang dengan suguhan perbukitan hijau yang menyegarkan mata. Nggak hanya itu, spot foto yang tersedia di sini juga sayang kamu lewatkan.

Gardu Padang Lereng Kelir ini terletak di Brongkol, Gertas, Jambu, Ambarawa, Semarang. Kamu akan butuh waktu sekitar 1 jam jika berangkat dari pusat kota Semarang. Untuk bisa ke sini, kamu akan melewati Terminal Bawen dan pilihlah arah menuju ke Ambarawa yang akan membawamu ke Stasiun Jambu.

sunset di wisata lereng kelir
instagram.com/ulin_uyix

Lanjutkan perjalananmu sampai menemui gapura tapak di kiri jalan. Dari sini, kamu juga akan melintasi rel kereta api dengan jalanan yang mulai menanjak. Jangan khawatir nyasar, karena hal ini menjadi tanda kalau kamu sudah dekat dengan Gardu Padang Lereng Kelir.

Ada hal yang perlu kamu perhatikan kalau ke tempat ini, yakni pastikan kendaraanmu dalam keadaan prima. Sebab, akses menuju Lereng Kelir cukup ekstrem dengan jalanan yang menanjak dan berkelok. Bahkan, ada juga tanjakan curam do beberapa titik.

wisata lereng kelir
instagram.com/kharismaarum/

Meski begitu, kamu nggak akan nyesel saat datang ke sini. Selain suguhan pemandangan cantik, harga tiket juga super terjangkau. Cukup membayar Rp 5 ribu untuk hari biasa dan Rp 7 ribu di akhir pekan, kamu sudah bisa masuk ke objek wisata ini. Murah banget, kan?

5. Desa Wisata Lembah Kalipancur

desa wisata lembah kalipancur
instagram.com/_dedesu

Salah satu objek wisata yang ada di Jalan Raya Kalipancur, Manyaran, Ngaliyan, Kalipancur, Ngaliyan, Semarang ini juga nggak kalah cantik. Suguhan pemandangan lembah yang menyejukkan mata hingga spot foto bagus ada di sini. Salah satunya adalah di Aeroplane Cafe, bangkai pesawat yang akan membuatmu merasakan sensasi terbang.

Nggak hanya spot foto bangkai pesawat, Desa Wisata Lemmbah Kalipancur juga memiliki fasilitas lain. Di sana ada pemancingan, hutan jati, kolam renang, kandang-kandang ternak (bebek, kambing, kelinci, sapi, kuda, rusa), penangkaran burung, Japanese & Western Villages hingga wisata kuliner. Pas banget untuk liburan keluarga.

wisata lembah kalipancur
instagram.com/arie_cord

Akses menuju Desa Wisata Lembah Kalipancur nggak terlalu sulit. Cukup ambil jalan k e arah Gunung pati hingga melewati perumahan Greenwood. Jika berangkat dari Sam Poo Koong, kamu bisa mengikuti petunjuk arah menuju Goa Kreo. Kamu akan menjumpai desa ini di sebelah kiri setelah turunan.

Meski dilengkapi dengan berbagai fasilitas, harga tiket di sini pas banget di kantong. Cukup sediakan Rp 3 ribu per orang saja untuk bisa masuk ke sini. Dari jam 09.00 sampai 20.00 WIB, kamu sudah bisa menikmati pemandangan di desa wisata ini. Jadi, kapan mau ke sini?

Nah, itu dia beberapa wisata alam Semarang di kawasan lereng yang siap bikin hasil jepretanmu makin kece. Selain itu, tentu kamu juga akan menikmati pemandangan cantik sekaligus merasakan hawa sejuk Semarang Atas. Keuntungannya lagi, harga tiket masuk di beberapa wisata yang Qupas rekomendasikan itu juga sangat terjangkau. Sudah tentukan pilihan akan pergi kemana saat liburan nanti?

0 Comment