5 Wisata Taiwan yang Bikin Liburan Berkesan, Kamu juga bisa Belanja Sepuasnya!

17 November 2018, pada 04:00
1
0
5 Wisata Taiwan yang Bikin Liburan Berkesan, Kamu juga bisa Belanja Sepuasnya!

Taiwan atau Republik Tiongkok kaya akan destinasi wisata. Mulai dari tempat dengan nuansa alam, lokasi bersejarah hingga area perbelanjaan pun ada di salah satu negara di Asia Timur ini.

Nggak heran kalau negara ini menjadi tujuan wisata bagi para turis dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apa kamu termasuk traveler sejati yang punya niatan untuk berkunjung ke Taiwan?

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi wisata di Taiwan yang dijamin nggak akan membuatmu menyesal saat mengunjunginya. Nggak hanya bisa menikmati pesona alam, kamu pun bisa puas belanja oleh-oleh.

Mau tahu lokasinya dimana saja? Yuk intip ulasan Qupas berikut ini!

1. Taman Nasional Taroko

taman nasional taroko
instagram.com/thefairwindsfamily

Taman Nasional Taroko merupakan salah satu dari sembilan kawasan yang dilindungi di Taiwan. Lokasinya berada di bagian timur Republik Tiongkok.

Taman nasional yang memiliki luas hingga 92.000 hektar ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan dan dikelilingi kikisan tebing marmer akibat erosi Sungai Liwu.

Untuk bisa sampai ke sini kamu bisa menyewa motor dari Kota Hualien dengan biaya sekitar 600 dolar baru Taiwan (setara dengan 285 ribuan rupiah) per harinya.

Perlu kamu ketahui, sebagian besar tempat penyewaan motor hanya menerima SIM Taiwan saja. Tapi saat ini ada pula yang nggak menolak SIM internasional.

Ingat, saran ini hanya untuk kamu yang sudah mahir membawa motor. Sebab selama perjalanan kamu akan melewati area pegunungan dengan medan yang curam dan sempit.

Sebagai alternatif lain, kamu bisa mengikuti paket tour seperti one day trip yang biasanya ditawarkan oleh taksi atau penyewa mobil.

Biayanya mulai dari 700-1000 dolar baru Taiwan (setara dengan 333 ribuan sampai 475 ribuan rupiah) per orang selama 8 jam sehari. Tarif ini sudah termasuk pemandu wisata dari sopir serta bensin.

taman nasional taroko taiwan
instagram.com/lilise.g

Selain itu, kamu juga pergi ke Taman Nasional Taroko dengan mengendarai bus. Adapun beberapa jenis tiket yang bisa kamu adalah sebagai berikut:

  • Harga 1-day unlimited pass: 250 dolar baru Taiwan (setara dengan 119 ribuan rupiah)
  • Harga 2-day unlimited pass: 400 dolar baru Taiwan (setara dengan 190 ribuan rupiah)

Kalau memang ingin mengendarai bus, kamu harus selalu memperhatikan jadwal dan rute transportasi ini supaya nggak ketinggalan serta salah naik ya!

Sebagai tambahan informasi, tiket wisata ini memang gratis. Tapi kamu perlu melakukan pendaftaran dan izin satu minggu sebelumnya kalau ingin mengunjungi beberapa tempat serta mendaki.

Lokasi: Republik Tiongkok, Hualien County, Xiulin Township

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.30-17.00 waktu setempat

Tiket masuk: Gratis

2. Menara Taipei 101

menara taipei 101
instagram.com/haixing0527

Kalau di Dubai ada gedung paling tinggi di dunia bernama Burj Khalifa, Taiwan juga punya tempat seperti ini. Gedung Finansial Internasional Taipei atau Menara Taipei 101 namanya.

Bahkan Menara Taipei 101 ini menduduki peringkat ke-2 setelah Burj Khalifa, lho.

Nggak hanya tampilannya yang menawan, gedung ini juga punya fiber optik dan memiliki internet satelit dengna kecepatan 1 GB per detiknya.

Tersedia pula dua lift paling cepat di dunia yang dirancang oleh Toshiba. Kecepatan maksimalnya pun bisa sampai 63 kilometer per jamnya.

Bayangkan saja, pengunjung bisa dibawa dari lantai dasar hingga gedung tertinggi hanya dalam waktu 39 detik saja. Padahal bangunan ini terdapat 89 lantai.

Menariknya lagi, menara ini juga dijamin aman terhadap segala goncangan yang timbul akibat angin topan dan gempa bumi.

menara taipei 101 taiwan
instagram.com/bipraysaha

Hal ini karena Menara Taipei 101 telah distabilkan oleh pendulum seberat 800 ton yang ada di lantai 88.

Untuk bisa masuk ke sini, ada beberapa jenis tiket yang ditawarkan, yakni:

  • Harga untuk pengunjung dewasa: 500 dolar baru Taiwan (kurang lebih sekitar 237 ribuan rupiah)
  • Harga untuk pengunjung anak-anak dengan tinggi di atas 115 sentimeter serta pelajar: 450 dolar baru Taiwan (kurang lebih sekitar 214 ribuan rupiah)
  • Harga untuk pengunjung anak-anak dengan tinggi di bawah 115 sentimeter: Gratis
  • Tiket grup dengan minimal anggota 20 orang dan sudah melakukan reservasi: 450 dolar baru Taiwan (kurang lebih sekitar 214 ribuan rupiah)
  • Priority Pass: 1000 dolar baru Taiwan (kurang lebih sekitar 475 ribuan rupiah)

Tapi tenang saja kalau kamu nggak ingin naik ke Menara Taipei 101. Coba saja berpose dengan latar gedung ini. Dijamin hasilnya nggak kalah keren.

Lokasi: No. 7, Section 5, Xinyi Road, Xinyi District, Taipei City, Republik Tiongkok

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.00-22.00 waktu setempat

Tiket masuk: Mulai dari 237 ribuan rupiah

3. Sun Moon Lake

sun moon lake
instagram.com/bbtian

Belum lengkap rasanya kalau kamu belum berkunjung ke Wisata Taiwan satu ini. Sebut saja Sun Moon Lake, danau terbesar di Republik Tiongkok.

Pemandangan yang ada di kawasan ini pun begitu cantik. Panoramanya pun akan terlihat kian menawan kalau kamu melihatnya dari gondola.

Selain menggunakan gondola, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan cantik Sun Moon Lake dengan menyewa perahu.

Kamu juga bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi danau. Tarifnya adalah 300 dolar baru Taiwan (setara dengan 142 ribuan rupiah).

Untuk bisa sampai ke wisata eksotir ini, kamu bisa naik bullet train (HSR) dengan tujuan Taichung HSR. Selanjutnya turun dari eskalator ke ground level (satu level di bawah ticket gate).

sun moon lake taiwan
instagram.com/speechlesstravel

Di sini terdapat counter bus menuju ke Sun Moon Lake. Kamu pun bisa membeli paket wisata ke danau ini.

Terdapat paket wisata ke Sun Moon Lake seharga 730 dolar baru Taiwan (setara dengan 347 ribuan rupiah). Tarif ini sudah termasukfasilitas berikut ini:

  • Bus pulang-pergi
  • Ropeway (gondola)
  • Round-the-lake bus
  • Tiket ferry pp
  • Voucher diskon sewa sepeda

Setiap 25 menit, bus bisa mengangkutmu ke Sun Moon Lake. Lama perjalanannya pun sekira 1,5 jam kalau dari Taichung HSR atau hampir 2 jam jika dari pusat kota Taichung Railway Station.

Perlu kamu ingat, ada larangan untuk berenang di area danau kecuali pada saat Festival Pertengahan Musim Gugur yang diadakan setiap tahun. Namanya Swimming Carnival of Sun Moon Lake.

Lokasi: Yuchi Township, Nantou, Republik Tiongkok

Jam buka: -

Tiket masuk: Bisa membeli paket wisata dengan harga mulai 347 ribuan rupiah

Baca juga: 5 Tahap Membuat Visa Taiwan Agar Liburanmu Lancar

4. Wufenpu

wufenpu
instagram.com/meiiw_taneeya

Bukan hanya ada tempat bersejarah dan wisata alam saja. Taiwan juga punya destinasi menarik lainnya, yakni pusat perbelanjaan.

Eits! Jangan membayangkan tempat ini adalah mall mewah dengan harga yang super menguras kantong. Untuk kamu yang punya budget batas, dijamin puas belanja di sini.

Yap! Wufenpu namanya. Letaknya di Distrik Songshan. Di sini banyak toko yang menjual baju grosiran, lho.

Nggak hanya lucu dan trendi. Harganya pun cukup murah dan bisa kamu tawar.

Untuk bisa sampai ke lokasi belanja ini, kamu bisa melakukan perjalanan ke Songshan Station menggunakan MRT. Tepatnya di jalur Green Line 3.

wufenpu taiwan
instagram.com/bryanmikhail

Selanjutnya keluarlah melalui Exit 3 dan jalanlah lurus hingga menyeberang Songlong Road. 

Kompleks perbelanjaan terletak di dalam gang dan jalur depan dan kirimu.

Selain itu, Wufenpu juga bisa dijangkau dengan mengunakan kereta dari Stasiun Utama Taipei. Lalu ambillah kereta lokal ke utara ke Songshan Station.

Lokasi: Alley 9, Lane 443, Yongji Road, Xinyi District, Taipei, Republik Tiongkok

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 14.00-23.00 waktu setempat

Tiket masuk: -

5. Taipei Story House

taipei story house taiwan
instagram.com/catmom0212

Bangunan bersejarah ini dulunya dikenal dengan nama Yuanshan Mansion. Tapi kini lebih dikenal sebagai museum yang bisa kamu temukan di Taipei Expo Park.

Dulu rumah dengan tampilan manis ini didirikan oleh Chen Chao-chun, seorang pedagang teh sekitar tahun 1913-1914.

Ternyata dulu bangunan ini adalah guest house untuk para saudagar kaya dan orang-orang lokal dengan kedudukan penting.

inside taipei stroy house taiwan
instagram.com/elaineho_kui

Lantai dasar pada rumah bersejarah ini dibangun menggunakan material batu bata. Sedangkan kayu digunakan untuk membangun lantai bagian atas.

Pintu masuk portico yang sengaja dibuat klasik bisa kamu temukan di sini. Bahkan di Taipei Story House kamu bisa menyaksikan pameran teh dan sejarah lokal.

Lokasi museum ini pun cukup dekat jika dari Yuanshan Station. Kamu pun bisa menemukan tampat ini dengan mudah sehingga nggak perlu khawatir tersesat.

Lokasi: No. 181-1, Section 3, Zhongshan N Rd, Zhongshan District, Taipei City, Republik Tiongkok

Jam buka: Setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 10.00-17.30 waktu setempat; Senin tutup

Tiket masuk: 50 dolar baru Taiwan (sekitar dua puluh tiga ribuan rupiah)

Itulah beberapa wisata Taiwan yang bikin liburanmu makin berkesan. Bukan hanya tempat belanja, negara ini juga menyajikan panorama alam yang begitu memikat.

Jadi sudah siap bertualang? Pastikan dulu visa Taiwan-mu masih aktif ya, sahabat Qupas!

0 Komentar