Qupas Travel

5 Wisata Tasikmalaya dengan Sensasi Alam yang Menenangkan

23 January 2019, at 04:00
5 Wisata Tasikmalaya dengan Sensasi Alam yang Menenangkan

Liburan ke Tasikmalaya? Jangan lupa mampir ke wisata favoritnya.

Yap! Sebab salah satu kota di Provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak potensi wisata. Khususnya yang bertemakan tentang alam.

Kalau kamu adalah tipe traveler yang ingin berlibur di tempat tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, bisa jadi beberapa objek wisata di bawah ini merupakan area favoritmu.

Penasaran, kan? Yuk, langsung simak ulasan Qupas di bawah ini!

1. Wisata Curug Sawer Tasikmalaya

curug sawer
instagram.com/rahardian_e

Seakan menyaksikan keindahan di balik tirai, Curug Sawer pasti akan memikatmu dengan sejuta pesonanya. Tingginya kurang lebih 50 meter dengan bentuk aliran yang menarik.

Sebab cucuran airnya seolah membentuk sebuah tirai dan debitnya juga nggak terlalu deras. Plus, kondisi alam yang masih alami dan hijau membuat objek wisata Tasikmalaya ini menjadi idaman para traveler.

Nggak tahan untuk berenang dan bermain air di sini? Tentu saja bisa asalkan harus tetap hati-hati.

Letaknya sendiri kurang lebih 29 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh sekira 1 jam. Sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi agar bisa sampai ke wisata air terjun ini.

wisata curug sawer tasikmalaya
instagram.com/waragan_rahman

Dari pusat Kota Tasikmalaya, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke Kecamatan Cipatujah. Selanjutnya beloklah ke Kecamatan Salopa sampai menemukan petunjuk arah ke Desa Mandalamekar, Jatiwaras.

Setelah sampai di Kantor Desa Mandalamekar, parkirkan kendaraanmu di rumah warga. Nggak perlu ragu lagi saat menitipkan alat transportasimu karena masyarakat setempat sangat ramah.

Perjalanan masih akan dilanjutkan dengan melalui jalan setapak sejauh 500 meter dengan kondisi licin dan terjal. Apalagi saat hhujan.

Jadi, pastikan untuk selalu hati-hati selama menuju ke arah Curug Sawer.

Lokasi: Mandalamekar, Jatiwaras, Tasikmalaya, Jawa Barat

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang

2. Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

gunung galunggung
instagram.com/pakrw25

Kurang lengkap rasanya kalau kamu belum mampir ke wisata alam satu ini. Sebab tempat ini seolah menjadi destinasi liburan yang ikonik di Tasikmalaya.

Di sini, kamu dapat menyaksikan kaldera yang terbentuk akibat letusan gunung hebat pada tahun 1982. Bahkan seiring berjalannya waktu, danau menjadi terbentuk di dasar kawah.

Jaraknya sendiri dari pusat Kota Tasikmalaya adalah sekitar 17 kilometer. Untuk bisa mencapai puncaknya, kamu perlu menaiki 620 anak tangga dari tempat parkir.

wisata gunung galunggung tasikmalaya
instagram.com/dodih97

Memang perjalanan cukup melelahkan. Tapi semua akan terbayar ketika kamu sampai di puncaknya. Perpaduan panorama Kota Tasikmalaya dan tanaman hijau bisa kamu saksikan dari dataran tinggi.

Puas menikmati pemandangan alamnya yang memukau, kamu bisa istirahat sejenak dengan mampir di warung-warung dekat wisata gunung di Tasikmalaya ini.

Lokasi: Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Enam ribu lima ratus rupiah (area wisata Gunung Galunggung) dan tambah dua ribu rupiah (menuju kawah)

3. Wisata Curug Dengdeng Tasikmalaya

wisata curug dengdeng tasikmalaya
instagram.com/rayghipary

Wisata Tasikmalaya ini pasti akan akan memesonamu karena keindahannya. Di sini, kamu bisa melihat kecantikan air terjun berundak atau bertingkat.

Dari setiap tingkatan, kamu pun bisa menyaksikan panorama yang berbeda. Ketinggiannya pun terbagi menjadi:

  • Tingkatan pertama: Tinggi sekitar 13 meter. Dari sini, kamu dapat melihat aliran Sungai Cikembang dan hamparan sawah yang cantik.
  • Tingkatan kedua: Tingginya sekitar 11 meter. Dari tempat ini, kebanyakan pengunjung akan mandi tepat di jatuhnya air.
  • Tingkatan ketiga: Tingginya kurang lebih 9 meter. Dari sini, kamu akan melihat bentuk air terjun secara keseluruhan.

Untuk bisa sampai ke tempat ini, kamu bisa memulainya dari Kecamatan Cikatomas. Jarak dari Tasikmalaya adalah sekitar 28,1 kilometer.

curug dengdeng
instagram.com/dikikhaerudin

Setelah sampai di kecamatan ini, arahkan kendaraanmu menuju Desa Tawang. Selama perjalanan menuju wilayah ini, jalanan berupa tanah dan berlumpur.

Terlebih ketika menuju Curug Dengdeng yang jauh lebih ekstrem. Jalanan menanjak dan menurun akan kamu temui.

Sesampainya di lokasi parkir, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Meski cukup melelahkan, tapi semua itu akan terbayar ketika kamu sampai di wista air terjun.

Hamparan sawah yang hijau, deruh air yang jatuh dengan eksotisnya siap memanjakan indera penglihatanmu. Jadi, sudah siap bertualang?

Lokasi: Cikatomas, Tawang, Pancatengah, Tasikmalaya, Jawa Barat

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Gratis, tapi sediakan dana sumbangan untuk pembangunan fasilitas

Baca juga: 5 Wisata Jawa Barat yang Anti Mainstream Selain di Bandung dan Bogor

4. Wisata Curug Agung Galunggung Tasikmalaya

curug agung galunggung
instagram.com/toto_triyanto

Keindahan Gunung Galunggung bukan hanya terletak dari kawahnya saja. Namun di sini juga ada air terjun yang nggak kalah memikat.

Curug Agung Galunggung namanya. Aliran airnya sendiri berasal dari Gunung Galunggung, salah satu wisata yang terbentuk dari bencana.

Menariknya lagi, di sini juga tersedia gardu pandang yang pastinya asyik untuk lokasi berswafoto. Dengan latar pemandangan alam hijau, pasti hasil jepretanmu tampak keren.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata di Tasikmalaya ini, kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan dari Gunung Galunggung ke persimpangan yang diarahkan oleh poster di sebelah kiri.

wisata curug agung galunggung tasikmalaya
instagram.com/waragan_rahman

Setelah sampai di lokasi parkir kendaraan wisata Gunung Galunggung, kamu masih perlu jalan kaki dengan jauh kurang lebih 200 meter.

Tapi perlu diingat, kamu hanya bisa menikmati keindahannya saja tanpa harus turun melewati tebing yang dihalangi oleh besi.

Lokasi: Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya, Jawa Barat

Jam buka: -

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

5. Wisata Kebun Teh Taruju Tasikmalaya

wisata kebun teh taraju tasikmalaya
instagram.com/nenaretna_01

Keindahan alam Tasikmalaya juga dibuktikan dengan keberadaan Kebun Teh Taraju. Wilayah ini luasnya mencapai 8.027 hektar.

Hamparan tanaman teh yang tertata rapi dapat kamu saksikan dari tempat ini. Bahkan jika dilihat dari nilai sejarahnya, ternyata wilayah Taraju ini telah menjadi penghasil teh sejak zaman penjajahan Belanda.

Untuk bisa sampai ke wisata kebun teh ini, kamu bisa melalui Jalan Mayor S.L. Tobing ke arah Jalan Raya Mangkubumi. Dari sini, beloklah ke kiri menuju Jalan Sukahaji hingga Jalan Kalawagar.

Lanjutkan perjalanan sampai kamu menemukan pertigaan. Ambil rute ke Jalan Puspahiang sampai terlihat Jalan Mandalasari.

kebun teh taraju
instagram.com/rulydiahnurtanti21

Selanjutnya beloklah ke kiri menuju Jalan Sukawelas. Ikuti terus jalan tersebut dan belokkan kembali kendaraanmu ke kanan. Dari sini, berarti kawasan kebun teh sudah cukup dekat.

Lokasi: Banyuasih, Taraju, Tasikmalaya, Jawa Barat 

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Gratis

Gimana, tertarik untuk mampir ke wisata Tasikmalaya seperti yang sudah Qupas bahas di atas? Agendakan untuk liburanmu nanti, ya!

Untuk kamu yang ingin lebih update informasi tentang travel ala Qupas, bisa juga langsung download aplikasinya di Play Store dan App Store. Gratis kok!