5 Wisata Temanggung untuk Menyaksikan Kegagahan Gunung Sumbing dan Sindoro

16 March 2019, at 11:00
0
0
5 Wisata Temanggung untuk Menyaksikan Kegagahan Gunung Sumbing dan Sindoro

Gunung kembar yang sering digambar anak SD ternyata bukan hanya fiksi saja, lho. Di kehidupan nyata, ada penampakan seperti itu. Tepatnya Gunung Sumbing dan Sindoro.

Letaknya yang berdekatan dan punya tinggi yang nyaris sama membuat keduanya disebut gunung kembar.

Nah, untuk kamu yang ingin menyaksikan kedua gunung tersebut, bisa mampir ke sederet wisata di Temanggung ini. Yuk intip!

Baca juga: Fakta Gunung Prau yang Bikin Kaget

1. Embung Kledung

embung kledung
instagram.com/adi_mrizal

Pemandangan ala Gunung Fujiyama di Jepang akan kamu saksikan di waduk kecil ini. Jernihnya air di sini semakin menambah daya tarik wisata di Jawa Tengah ini.

Meski fungsi embung ini difungsikan sebagai penadah hujan untuk keperluan irigasi, tapi keindahannya sayang untuk kamu lewatkan.

Ditambah lagi dengan pemandangan Gunung Sindoro. Pas banget untuk jadi latar fotomu.

wisata temanggung embung kledung
instagram.com/wahyu.kurniaji

Bahkan di sini juga disediakan spot seperti kursi gantung, ayunan, jembatan warna hingga rumah pohon. Di kawasan yang dijadikan sebagai agrowisata ini pun kamu bisa belajar tentang budidaya sayur, buah hingga bunga.

Agar bisa sampai di lokasi, kamu perlu menuju Desa Tlahap. Dari arah jalan raya, kamu masih perlu masuk jalan kecil sejauh 200 meter lagi.

Lokasi Embung Kledung : Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Jam buka : 06.00-17.15 WIB

Tiket masuk Embung Kledung : Rp4.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Desa Bansari

desa bansari temangggung
instagram.com/yogiefsyh

Gunung Sumbing beberapa hari ini cukup ramai dibicaraka. Pasalnya di sana ditemukan mayat tanpa identitas yang tinggal tulang belulangnya saja.Penemuan itu terjadi pada Sabtu, 9 Maret 2019 oleh pendaki bernama Ilham Hanapi.

Mungkin setelah mendengar kisah tersebut, ada yang takut untuk mendaki Gunung Sumbing. Di sisi lain, ada hasrat untuk menyaksikan kegagahan dataran tinggi tersebut.

bansari temangggung
instagram.com/yogiefsyh

Nggak perlu galau karena kamu bisa menyaksikan panorama Gunung Sumbing tanpa harus mendaki. Tepatnya di sekitar Desa Bansari yang berbatasan dengan Parakan.

Meski bukan wisata, namun wilayah ini cocok untuk dijadikan destinasi liburanmu. Sambil menghirup udara pagi di pedesaan, kamu juga bisa melihat kemegahan Gunung Sumbing.

Lokasi Desa Bansari : Temanggung, Jawa Tengah

Jam buka : 24 jam

Tiket masuk Desa Bansari : Gratis

3. Wisata Alam Posong

wisata alam posong temanggung
instagram.com/devitarsyi

Wisata di Temanggung ini juga memungkinkanmu untuk menyaksikan kemegahan Gunung Sumbing dan Sindoro. Bahkan saat cuaca cerah, kamu juga bisa melihat Gunung Merbabu, Ungaran dan lain sebagainya.

Baca juga: Pst! Ini Gunung dengan Ketinggian Sedang yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Karena terletak di lereng Gunung Sindoro, nggak heran kalau udara di Wisata Posong akan kamu rasakan. Ditambah dengan spot foto berlatar belakang pegunungan pasti makin buat kamu betah.

wisata posong temanggung
instagram.com/dsdiah18

Tempat asyik untuk menyaksikan sunrise maupun sunset di Jawa Tengah ini juga menyediakan beragam fasilitas, seperti gazebo hingga wahana flying fox.

Letak wisata ini memang cukup jauh dari pusat Kota Temanggung, yakni sekitar 26 kilometer. Estimasi waktu tempuhnya pun kurang lebih selama 1 jam.

Lokasi Wisata Alam Posong : Tlahap, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Jam buka : 04.00-16.30 WIB

Tiket masuk Wisata Alam Posong : Rp7.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Puncak Wonotirto

wonotirto temanggung
instagram.com/bayuafrizalf

Puncak Wonotirto terletak di lereng Gunung Sumbing. Tepatnya di sebuah desa di Kecamatan Bulu. Sepanjang perjalanan kamu akan melihat hutan pinus dari jauh serta hamparan tanaman tembakau.

Jangankan Gunung Sumbing. Gunung Sindoro pun bisa kamu saksikan dari atas puncak yang berada di ketinggian antara 1.900-2.000 mdpl.

puncak wonotirto
instagram.com/denycakurnia

Untuk menuju ke sana, kamu bisa menggunakan motor maupun mobil. Tapi sekitar 3 kilometer sebelum puncak, kamu perlu melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Setelah menyaksikan pemandangan alam di atas, kamu tertarik untuk mampir ke kawasan Puncak Wonotirto?

Lokasi Puncak Wonotirto : Kecamatan Bulu, Temanggung, Jawa Tengah

Jam buka :

Tiket masuk Puncak Wonotirto : -

5. Embung Tlogopucang

embung tlogopucang temanggung
instagram.com/temanggungku

Wisata di Temanggung ini memang merupakan telaga buatan yang fungsinya untuk tempat menampung air hujan guna mengatasi kekeringan.

Tapi di sisi lain, potensi wisata di tempat ini juga patut dikembangkan. Apalagi banyak yang takjub dengan pemandanga alam dengan latar pegunungan di sini.

Menariknya lagi, tempat ini juga dijadikan area camping ground sambil menikmati keindahan alam Desa Tlogopucang di malam hari.

tlogopucang
instagram.com/puspa.dk

Pun demikian dengan pemandangan senja dengan background Gunung Sindoro, Sumbing dan Prau sekaligus.

Lokasi Embung Tlogopucang : Tlogopucang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Jam buka : 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk Embung Tlogopucang : -

Nah, itulah kelima wisata Temanggung yang memungkinkanmu untuk menyaksikan kemegahan Gunung Sumbing dan Sindoro. Yakin nggak pengen main ke sana?

0 Comment