5 Wisata Terindah di Indonesia Ini Mirip dengan Tempat Lain di Luar Negeri

18 November 2018, pada 04:00
1
0
5 Wisata Terindah di Indonesia Ini Mirip dengan Tempat Lain di Luar Negeri

Salah satu pesona Indonesia adalah panorama alamnya. Bahkan di Tanah Air ini banyak wisata terindah yang sangat memanjakan mata.

Kamu pun nggak perlu jauh-jauh untuk liburan ke luar negeri. Sebab banyak wisata di Indonesia menyuguhkan pemandangan yang nggak kalah cantik.

Menariknya lagi, beberapa di antaranya ada yang nyaris mirip dengan tempat di luar negeri. Jadi kamu bisa menghemat budget untuk liburan.

Penasaran kan dimana saja lokasinya? Simak saja ulasan Qupas berikut ini! Dijamin kamu akan takjub.

1. Bukit Kapur Arosbaya

bukit pelalangan madura
instagram.com/aditzt

Keindahan Bukit Kapur Arosbaya ini sayang untuk kamu lewatkan. Adanya pahatan dari sisa penambangan kapur semakin membuat objek wisata di Madura ini semakin terlihat eksotis.

Terlebih lagi kalau kamu masuk ke dalam kawasan bukit kapur. Seberkas cahaya yang masuk melalui lubang besar seolah menjadi salah satu objek paling menarik untuk difoto.

Bahkan begitu selesai mengambil foto, sadarkah kamu kalau wisata ini mirip dengan tempat di luar negeri?

Ya! Sebut saja Antelope Canyon yang ada di Amerika Serikat seperti terlihat pada gambar ke-2 ini.

antelope canyon amerika serikat
instagram.com/damienborelphotography

Saat berada di Antelope Canyon, kamu bisa menyaksikan formasi bebatuan yang indah.

Bukankah bentuknya nyaris sama dengan Bukit Kapur Arosbaya? Jadi untuk apa jauh-jauh ke luar negeri kalau di Indonesia saja sudah ada pemandangan yang menakjubkan seperti ini?

Lokasi: Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jawa Timur

Cara ke Bukit Arosbaya: Dari Kota Bangkalan, ambil rute ke Kecamatan Arosbaya. Selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju ke situs religi makam para Raja Bangkalah "Air Mata Ibu" atau Pesarean Aermata. Masuklah ke jalan kecil di sebelah kanan Pesarean Aermata. Nggak jauh dari sini, kamu akan menemukan lokasi.

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

2. Danau Toba

danau toba sumatera utara
instagram.com/harryreira

Siapa lagi sih yang meragukan keindahan Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini?

Terlebih lagi, tepat di sisi timurnya terdapat tempat bernama Parapat terbentang luas.

Dari sini, kamu pun bisa menikmati udara sejuk dan menyaksikan kecantikan Pulau Samosir yang terbentuk akibat letusan Gunung Api Toba ratusan ribu lalu.

Betapa indahnya pemandangan di salah satu wilayah di Indonesia ini. Bahkan ternyata ada tempat yang mirip dengan kawasan Danau Toba.

Namanya Danau Lugu. Letaknya pun ada di dataran tinggi Yunnan Barat Utara di pusat Daerah Otonomi Ninglang Yi di Republik Rakyat Cina.

Coba deh lihat gambar satu ini! Nyaris mirip kan?

danau lugu china
instagram.com/otome.178

Hamparan danau yang luas dan gugusan pulau juga bisa kamu lihat. Bahkan mungkin kamu hampir nggak bisa membandingkan wisata mana yang letaknya di Indonesia maupun Cina.

Jadi bagaimana? Ingin berkunjung ke Danau Toba secepatnya?

Lokasi: Sumatera Utara

Cara ke Danau Toba: Salah satu caranya menggunakan pesawat dari Bandara di Medan menuju Silangit. Selanjutnya kamu bisa menggunakan taksi untuk bisa sampai ke Danau Toba Parapat (jaraknya sekitar 77 kilometer). Bisa juga naik kereta dan turun di Stasiun Medan. Rute selanjutnya, kamu bisa menggunakan transportasi angkot (tujuan Terminal Amplas nomor 38/48) - Bus Sejahtera (tujuan Parapat) - angkot (tujuan Danau Toba).

Jam buka: -

Tiket masuk: -

3. Jembatan Akar Baduy

jembatan akar baduy banten
instagram.com/agungwiral

Wisata terindah di Indonesia selanjutnya terletak di perkampungan Baduy, Banten. Bahkan di wilayah ini juga ada jembatan akar yang eksotis.

Tepatnya di Desa Batara, perkampungan Baduy, berdiri jembatan akar yang elok. Lintasan ini awalnya hanya pohon bambu di atas sungai sebagai penghubung lokasi ladang dan perkampungan.

Tapi seiring berjalannya waktu, akar-akar pohon rimbun tumbuh menjalar pada bambu. Konon prosesnya sekitar 50-70 tahun.

Siapa sangka, ternyata jembatan akar ini mirip dengan salah satu tempat di luar negeri. Lebih tepatnya ada di wilayah Cherrapunji, India.

Coba deh lihat foto berikut ini! Nyaris nggak bisa dibedakan ya?

jembatan akar cherrapunji india
instagram.com/formallygormally

Jadi kamu nggak perlu lagi deh liburan jauh-jauh sampai ke India kalau ingin berpose di jembatan akar-akar cantik ini.

Sebab di Provinsi Banten, Indonesia juga ada jembatan akar yang fotogenik banget ini. Bahkan kamu juga bisa sambil belajar budaya Suku Baduy.

Lokasi: Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten

Cara ke Jembatan Akar Baduy: Kamu bisa naik kereta Patas Rangkas Jaya dari Stasiun Tanah Abang ke Rangka Bitung. Selanjutnya menuju ke Desa Ciboleger hingga tiba di Perkampungan Baduy. Sekitar 8 kilometer dari Desa Ciboleger, tepatnya di Desa Batara, kamu akan menemukan Jembatan Akar Baduy. Untuk bisa sampai ke sini, kamu perlu menggunakan jasa ojek dan dilanjutkan dengan jalan kaki.

Jam buka: -

Tiket masuk: -

Baca juga: 5 Pulau Keren di Taman Ujung Kulon, Yuk Jelajah Indonesia!

4. Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran
instagram.com/harivalzayuka

Hamparan padang rumput dapat kamu saksikan begitu memasuki kawasan Savana Bekol, Taman Nasional Baluran.

Saat musim hujan, kawasan ini akan dihiasi dengan rerumputan hijau yang tumbuh subur. Sedangkan di musim kemarau apa yang terjadi?

Tentu saja pesonanya nggak kalah menarik. Bahkan mirip dengan tempat di luar negeri yang pasti kamu sudah tahu.

Yap! Tepatnya di Cagar Alam Maasai Mara, Kenya, Afrika Timur. Coba deh lihat foto di bawah ini! Mirip dengan Baluran kan?

maasai mara kenya afrika
instagram.com/chmill

Nggak heran kalau Taman Nasional Baluran juga dijuluki sebagai Africa van Java.

Hmmm, jadi untuk apa lagi jauh-jauh liburan ke Afrika? Cukup berkunjung ke Baluran, kamu sudah bisa menikmati sensasi padang savana yang eksotis.

Lokasi: Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Cara ke Taman Nasional Baluran: Kamu bisa menuju ke kawasan Kecamatan Banyuputih menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Tepat di sisi kiri jalan (kalau berangkat dari Situbondo), kamu akan menemukan gapura sebagai tanpa pintu masuk wisata.

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.30–16.30 WIB

Tiket masuk: Lima belas ribu rupiah (hari biasa) dan tujuh belas ribu lima ratus rupiah (hari libur)

5. Pulo Cinta

pulo cinta gorontalo
instagram.com/titasya

Pulo Cinta sebenarnya merupakan resor yang ada di daerah Boalemo, Gorontalo. Konsep dan desainnya pun sangat unik sehingga cocok banget untuk kamu kunjungi.

Apalagi pemandangan pantai yang cantik bisa kamu saksikan. Bahkan air laut yang jernih pasti membuatmu tergoda untuk berendam di dalamnya.

Tapi kenapa namanya Pulo Cinta ya? Ceritanya berawal saat masa penjajahan Belanda, dimana pulau ini konon menjadi tempat pelarian antara Pangeran Gorontalo dan putri dari salah seorang pedagang asal Negeri Kincir Angin.

Saat itu terjadi peperangan dan penolakan dari masyarakat setempat dan membuat cinta mereka nggak direstui. Akhirnya mereka pun memilih untuk melarikan diri dan mengasingkan diri ke Pulo Cinta.

Terlepas dari cerita sejarahnya, siapa sangka ternyata Pulo Cinta ini mirip dengan tempat di luar negeri. Bisa tebak dimana?

Yap! Tepatnya di Pulau Bora Bora, Polinesia. Coba deh intip foto di bawah ini! Mirip kan?

pulau bora-bora polinesia
instagram.com/vivirviajandook

Jadi kamu nggak perlu lagi sampai liburan ke Polinesia kalau ingin menikmati kecantikan alam yang seperti ini. Cukup datang ke Gorontalo saja.

Selain hemat biaya, kamu juga bisa belajar sejarah Pulo Cinta.

Lokasi: Patoameme, Botumoito, Kabupaten Boalemo, Gorontalo

Cara ke Pulo Cinta: Bandar Udara Jalaluddin, Gorontalo, mobil jemputan dari Pulo Cinta Eco Resort siap mengantarmu ke Pelabuhan Boalemo. Dari sini, kamu bisa naik boat selama 20 menit hingga tiba di Dermaga Pulo Cinta.

Jam buka: -

Tiket masuk: Tarif menginap di resort mulai dari 3 juta 500 ribu rupiah (weekday) dan 4 juta 500 ribu rupiah (weekend)

Itulah beberapa wisata terindah di Indonesia yang ternyata mirip dengan sejumlah tempat di luar negeri. Nggak nyangka banget kan?

Kamu pun nggak perlu lagi memaksakan diri untuk liburan ke luar negeri. Sebab di Tanah Air sudah tersedia destinasi liburan yang memanjakan mata.

0 Komentar