5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem

31 October 2018, pada 03:00
0
0
5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem

Banyak wisata Trenggalek yang nggak pesonanya nggak kalah memikat dari destinasi liburan di Jogja, Malang maupun Bandung.

Coba deh datang ke salah satu Kabupaten di Jawa Timur ini. Pasti kamu akan menemukan banyak tempat menarik, terutama yang menyuguhkan pemandangan alam.

Mulai dari pantai, air terjun, gunung, bukit hingga goa pun ada di sini. Jadi nggak perlu bingung lagi untuk cari tempat wisata saat berada di Trenggalek.

Penasaran dimana saja lokasinya? Pst! Ini bocoran informasi dari Qupas yang perlu kamu simak.

1. Gunung Prongos

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/nmdee_

Salah satu keindahan alam yang ditawarkan Trenggalek bisa didapatkan di Gunung Prongos. Saat berada di atas puncaknya, kamu bisa melihat hamparan hutan pinus dan rumah penduduk.

Sebenarnya lokasi wisata ini dulunya adalah bekas tambang batu gamping. Tapi seiring berjalannya waktu, Gunung Prongos berubah fungsi jadi destinasi liburan di Trenggalek.

Berada di atas ketinggian 550 mdpl, tentu saja wilayah ini punya udara yang sejuk. Terlebih lagi dengan adanya pohon-pohon pinus yang tumbuh di sekitarnya.

Coba deh datang ke sini mumpung tiket masuknya gratis. Jaraknya dari pusat Kota Trenggalek pun hanya sekitar 7,8 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih selama 22 menit berkendara.

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/fikri.zm

Sebelum sampai di wisata yang terletak di Desa Timahan ini, jalan menantang akan kamu lalui. Selain belum teraspal, tanjakan tajam juga akan kamu temui.

Jadi pastikan dulu kendaraanmu dalam kondisi prima sebelum berangkat ke Gunung Prongos. Satu hal lagi, sebaiknya jangan datang saat musim hujan karena medan di area wisata alam ini pasti semakin sulit.

Alamat: Desa Timahan, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek

Jam buka: -

Tiket masuk: Gratis

2. Goa Ngerit

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/indraiswanto84

Belum move on dari kawasan dataran tinggi, yuk coba datang ke Goa Ngerit!

Meski namanya goa, tapi kamu nggak hanya akan menemukan area gelap minim cahaya. Air terjun hingga pemandangan perbukitan pun bisa kamu nikmati saat berada di sini.

Di kawasan wisata ini sendiri terdapat banyak goa kecil yang tersebar di beberapa batu raksasa. Kedalamnnya pun bervariasi, yakni mulai dari 30 hingga ratusan meter.

Begitu memasuki lokasi wisata Goa Ngerit, gunung batu bertumpuk-tumpuk akan menyambutmu di sini. Bahkan ada pula yang menyerupai labirin, lho.

Tertarik untuk berkunjung? Mumpung jaraknya dari pusat kota hanya sekitar 12,8 kilometer dan bisa ditempuh selama kurang lebih 29 menit berkendara.

Dari Trenggalek, ambil jalur menuju ke Kecamatan Gandusari dan Kampak. Selanjutnya arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Watulimo.

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/rinupamungkas

Setelah melewati kawasan hutan pinus dan jalan menanjak, itu artinya kamu sudah dekat dengan kawasan wisata Goa Ngerit.

Lanjutkan saja perjalananmu sampai menemukan rumah batu atau lebih tepatnya di perbatasan Desa Senden dan Pakel.

Mudah kan? Yuk langsung liburan ke Goa Ngerit mumpung tiket masuknya gratis.

Alamat: Desa Senden, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk: Gratis

3. Pantai Pelang

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/irfa.senja

Bisa dikatakan kalau Pantai Pelang ini adalah wisata Trenggalek yang cukup unik. Kenapa ya?

Karena di sini kamu nggak hanya bisa menikmati suasana pantai saja. Panorama air terjun yang nggak kalah memikat juga bisa kamu saksikan.

Air Terjun Grobogan Sewu namanya. Jaraknya dari Pantai Pelang pun hanya sekitar 300 meter saja.

Wisata Pantai Pelang sendiri berjarak sekitar 57 kilometer dari pusat Kota Trenggalek. Untuk bisa sampai di lokasi wisata, arahkan kendaraanmu menuju ke Dongko dan Panggul.

Sesampainya di Kecamatan Panggul, kamu pun bisa mengikuti papan petunjuk ke Pantai Pelang yang sudah jelas. Tinggal ikuti saja, maka kamu akan tiba di wisata menakjubkan satu ini.

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/fsadam

Begitu sampai di area wisata, kamu bisa memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang tersedia. Dari kawasan ini, langsung saja deh berjalan menuju ke bibir pantai melewati muara sungai yang nggak terlalu dalam.

Jadi bagaimana? Pasti kamu tertarik untuk berkunjung kan? Mumpung tiket masuknya sangat terjangkau.

Alamat: Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Tujuh ribu lima ratus rupiah (Senin-Jumat); delapan ribu rupiah (Sabtu-Minggu)

Baca juga: 5 Wisata Tulungagung Tema Pantai, Kapan Mampir ke Sini?

4. Air Terjun Jurug Waru

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/rizky_dwi_sandy

Puas menikmati keindahan pantai sekaligus air terjun yang berpadu satu, coba juga berkunjung ke Jurug Waru.

Wisata ini adalah air terjun yang terletak di antara tebing yang bentuknya menyerupai daun waru.

Hamparan telaga berwarna hijau yang ada di sekitar air terjun pun menambah keeksotisan wisata ini. Menariknya kamu juga bisa bermain-main di tepinya.

Sambil bermain, sekali-kali abadikan menggunakan kamera canggihmu juga bisa. Dijamin hasilnya nggak akan mengecewakan.

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/rizky_dwi_sandy

Lokasi air terjun ini sendiri berada sekitar 17,7 kilometer dari pusat Kota Trenggalek. Rutenya pun dimulai untuk menuju ke Kecamatan Dongko dengan jalanan yang menanjak.

Dari wilayah ini, lanjutkan perjalanan sampai ke Desa Pandean dan menemukan Puskesmas. Beloklah ke kiri sampai menemukan petunjuk jalan menuju Jurug Waru.

Takut tersesat? Coba saja tanya pada warga sekitar.

Alamat: Desa Watuagung, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

5. Bukit Banyon

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/anangfer

Suka dengan wisata tema pegunungan? Datang saja ke Bukit Banyon yang ada di Trenggalek.

Terletak di ketinggian sekitar 1.175 mdpl, Bukit Banyon seakan membawamu ke negeri awan. Udara sejuk di sekitarnya pun bisa kamu nikmati.

Dari atas bukit ini, kamu juga bisa menyaksikan kecantikan matahari terbit maupun tenggelam. Gulungan awan putih yang menyelimuti Rejek Wesi, Trenggalek dan sekitarnya juga bisa kamu lihat.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata eksotis ini, kamu bisa kok menggunakan mobil atau motor. Dari Trenggalek, ambil arah ke Kecamatan Gandusari-Kampak.

5 Wisata Trenggalek Tema Alam yang Bikin Mata Adem
instagram.com/akhmed_damarw23

Setelah menemukan Pasar Gandusari, belok kiri sekitar 1 kilometer. Lalu pilih arah ke selatan dan ikuti jalan hingga sampai ke puncak.

Selama perjalanan menuju puncak Bukit Banyon, kamu akan melewati jalan yang yang cukup menanjak. Jadi pastikan dulu kondisi kendaraanmu dalam kondisi prima.

Meski sedikit membutuhkan perjuangan, semua itu akan terbayar setelah tiba di Bukit Banyon. Tunggu apa lagi? Yuk langsung meluncur ke wisat ini!

Alamat: Desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis

Nah, itulah beberapa wisata Trenggalek yang dijamin nggak akan membuatmu menyesal saat berkunjung. Terlebih lagi panorama alam yang disuguhkan begitu memesona.

Kabar baiknya lagi, ada juga destinasi liburan gratis di Trenggalek. Wah, cocok nih untuk liburan hemat. Yuk langsung meluncur ke wisata yang sudah Qupas rekomendasikan!

0 Komentar