Qupas Travel

5 Wisata Wonogiri untuk Melihat Keindahan Alam dari Ketinggian, Bikin Jatuh Cinta!

23 December 2019, at 03:00
2
5 Wisata Wonogiri untuk Melihat Keindahan Alam dari Ketinggian, Bikin Jatuh Cinta!

Wonogiri memang nggak sepopuler wilayah tetangganya, yakni Solo atau Surakarta, khususnya soal pariwisata. Tapi bukan berarti kabupaten yang berlokasi di tenggara Jawa Tengah ini nggak punya wisata keren sama sekali.

Justru Kabupaten Wonogiri menawarkan beragam destinasi. Beberapa di antaranya pun bakal membuatmu melihat keindahan alam dari ketinggian.

Penasaran dimana saja lokasinya? Simak deh ulasan Qupas berikut ini!

1. Gunung Besek

gunung besek wonogiri
instagram.com/theguhwe

Berada di antara Wonogiri dan Pacitan, gunung yang ketinggiannya cuma 850 mdpl ini cocok dikunjungi untuk para pendaki pemula. Gunung dengan ketinggian sedang di Jawa Tengah ini pun bakal membuatmu seolah menyaksikan pemandangan alam seperti di Sumba.

Menariknya lagi, untuk menuju puncaknya kamu nggak perlu bersusah payah. Cukup mengendarai motor sampai di rumah warga untuk memarkirkan kendaraan. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan melewati beberapa rumah warga.

Tiket masuk Gunung Besek : Belum ada (informasi bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Bukit Cumbri

bukit cumbri wonogiri
instagram.com/ariefsatria_

Bukit Cumbri berada di antara Wonogiri dan Ponorogo Jawa Timur. Wisata ini menjadi salah satu tempat favorit para pemburu sunrise maupun sunset.

Untuk menuju puncaknya pun nggak terlalu sulit. Kamu cuma perlu waktu sekitar 20 sampai 40 menitan dari area parkir. Akses menuju spot tertingginya pun nggak terlalu ekstrem. Worth it banget buat pemula!

Tiket masuk Bukit Cumbri : Gratis, cuma bayar parkir sekitar Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Soko Gunung

soko gunung wonogiri
instagram.com/setyawan_bn

Wisata Wonogiri selanjutnya yang bisa jadi alternatif tempat liburanmu adalah Soko Gunung. Berada di ketinggian sekitar 780 mdpl, destinasi ini menawarkan kesejukan dan panorama alam dari ketinggian. Spot foto berupa menara pandang pun tersedia.

Sebenarnya, Soko Gunung adalah nama dari desa di Wonogiri. Kebetulan saja wilayahnya berada di titik tertinggi jajaran Bukit Gajah Mungkur. Nggak heran, spot ini juga ikut populer ketika wisata Waduk Gajah Mungkur juga banyak dikenal traveler.

Tiket masuk Soko Gunung : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: 5 Wisata Wonogiri yang Bikin Kamu Nggak Tahan Buat Main Air

4. Gunung Gandul

gunung gandul wonogiri
instagram.com/garagarariri

Namanya memang gunung. Tapi sebenarnya ketinggian tempat wisata di Wonogiri ini cuma sekitar 600 mdpl saja.

Untuk bisa sampai di destinasi ini, kamu cuma perlu waktu kurang lebih selama 30 menit dari pusat Kota Wonogiri. Dari area parkir, cuma 15 menitan agar bisa sampai di puncaknya. Selama menuju puncaknya, kamu akan melewati anak tangga hingga area berbatu.

Nah, begitu sampai di spot tertinggi Gunung Gandul, kamu bisa menyaksikan panorama alam yang cantik, seperti Gunung Gajah Mungkur, Wisata Waduk Tandon, Waduk Gajah Mungkur, hingga Gunung Lawu.

Tiket masuk Gunung Gandul : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Watu Cenik

watu cenik wonogiri
instagram.com/itta_nopitasarii06

Dulu, area ini hanya digunakan sebagai landasan paralayang dan kurang terawat. Namun, karena inisiatif warga sekitar, Watu Cenik kini menjadi wisata yang banyak diburu traveler.

Dari destinasi ini, pemandangan Waduk Gajah Mungkur akan terlihat. Beragam spot foto seperti balon udara hingga kerangka berbentuk 'love' bisa ditemukan di Watu Cenik.

Tiket masuk Watu Cenik : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itu dia beberapa wisata di Wonogiri yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian. Gimana, tertarik mampir di salah satunya?