5 Wisata Wonogiri yang Bikin Kamu Nggak Tahan Buat Main Air

06 September 2018, at 02:05
0
0
5 Wisata Wonogiri yang Bikin Kamu Nggak Tahan Buat Main Air

Sebagian besar orang pasti sudah mengenal Waduk Gajah Mungkur sebagai wisata Wonogiri yang paling populer. Namun, ternyata Wonogiri nggak hanya punya satu destinasi wisata saja. Ada beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi di sini saat liburan nanti. Termasuk area yang menawarkan panorama keindahan wilayah perairannya.

Mulai dari pantai, air terjun hingga telaga akan kamu temukan saat berkunjung ke Wonogiri. Selain menawarkan panorama alam yang menakjubkan, tentu kamu juga bisa hunting foto di sini. Penasaran? Nah, ini dia beberapa kawasan wisata perairan di Wonogiri tercantik versi Qupas yang dijamin bikin kamu ketagihan untuk datang.

Baca juga: Taman Ramadanu Magelang, Keindahan Kebun Bunga yang Bikin Kamu Serasa di Belanda

1. Telaga Claket

telaga claket
instagram.com/notobudiyanto

Destinasi wisata ini sayang kamu lewatkan saat kamu berlibur ke Wonogiri. Berada di bawah kaki perbukitan, lebar Telaga Claket ini membentang sekira satu hektar. Perairannya yang tenang pun menjadi daya tarik tersendiri, terutama buat kamu yang mencari ketenangan. Sebagai nilai tambah, di sini juga banyak spot foto yang bisa membuat feed Instagram-mu makin keren.

telaga claket wonogiri
instagram.com/damasrakanda

Telaga Claket sendiri terletak di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Tempatnya berada di dekat Bendungan Colo dan bisa ditempuh selama 60 menit dari Solo. Untuk bisa masuk ke wisata yang sering disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolo ala Wonogiri ini, kamu hanya perlu membayar Rp 5 ribu saja. Kamu pun bisa lebih puas hunting foto, karena tempat ini buka dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB.

2. Pantai Nampu

pantai nampu wonogiri
instagram.com/primaskh

Pesona Pantai Nampu juga nggak kalah menarik saat kamu berkunjung ke Wonogiri. Tempat wisata yang terletak di Gunturharjo, Paranggupito ini sudah mulai menampakkan keindahannya mulai dari area parkir hingga bibir pantai. Hamparan pasir putih yang luas serta area tebing di sekitarnya pun menambah keeksotisan objek wisata ini. Pastinya ada banyak spot foto yang akan membuat hasil jepretanmu makin keren.

Untuk bisa sampai ke sini, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 70 km dari pusat Kota Wonogiri. Kalau kamu berangkat dari Solo, waktu perjalanan yang ditempuh bisa mencapai 3 jam. Di sepanjang perjalanan, kemungkinan kamu akan menemui tikungan tajam serta tanjakan dan turunan curam. Namun, panorama yang disuguhkan, seperti perbukitan hijau hingga area bebatuan karst akan memanjakan indera penglihatanmu.

pantai nampu
instagram.com/filiphusjohandemey

Harga tiket untuk bisa masuk ke objek wisata ini pun terbilang murah. Cukup sediakan budget Rp 5 ribu, kamu sudah bisa masuk tempat ini. Biaya tambahan seperti parkir kendaraan pun murah, yakni Rp 5 ribu (motor) dan Rp 15 ribu (mobil). Jam buka wisata ini memang 24 jam, tapi sebaiknya datang pagi sampai sore saja supaya lebih aman dan hunting foto lebih seru.

3. Jurug Kemukus

jurug kemukus
instagram.com/a.budi.r

Wisata Wonogiri satu ini tentu akan membuatmu terpesona dengan pemandangan indahnya. Air terjun Kemukus atau Jurug Kemukus ini punya tingkat tiga dengan ketinggian masing-masing 30 meter untuk aliran pertama dan 40 meter di pancuran kedua dan ketiga. Nggak hanya itu, pepohonan dan tebing-tebing menjulang tinggi juga ada di sini, sehingga menambah keindahan alamnya.

Jurug Kemukus berada di Dusun Ngijo, Desa Purwoharjo, Karangtengah. Untuk bisa sampai ke sini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil dari arah Kota Wonogiri ke Kecamatan Baturetno. Kemudian, lokasi yang kamu tuju adalah Karangtengah dan berlanjut ke Dusun Ngampel. Di dusun ini, terdapat parkiran mobil.

air terjun kemukus wonogiri
instagram.com/eira_arie4321

Usaha keras pun perlu dilakukan untuk bisa sampai ke lokasi wisata. Untuk mencapai air terjun tingkat pertama, kamu harus mendaki tebing terjal dengan ketinggian 40 meter menggunakan tambang. Meski sulit, tapi pemandangan indah dari Jurug Kemukus ini pasti akan membuatmu terpesona.

Karena belum dikelola dan jarang dikunjungi wisatawan, kamu nggak perlu membayar tiket masuk untuk bisa sampai ke air terjun di Wonogiri ini. Kemungkinan hanya biaya parkir saja yang bisa kamu sediakan. Jangan lupa, persiapkan keperluan penting, seperti makanan dan alat keamanan lain mengingat akses menuju objek wisata terbilang sulit. Kamera terbaikmu pun wajib kamu bawa untuk mengabadikan pemandangan indah Jurug Kemukus.

Baca juga: 5 Wisata Semarang dengan Pemandangan Lereng, Bikin Ketagihan Foto

4. Pantai Sembukan

pantai sembukan
instagram.com/paeazka

Saat liburan ke pantai, suara deburan ombak hingga nuansa biru yang terpancar dari lautan akan membawa perasaan nyaman. Begitu pula kalau kamu liburan ke Pantai Sembukan yang terletak di Dusun Sembukan, Paranggupito, Wonogiri. Kawasan wisata ini dihiasi perbukitan dan tebing-tebing yan cukup tinggi. Menariknya, kamu bisa menikmati keindahan alamnya dari atas.

Untuk bisa sampai ke sini, rute yang bisa kamu ambil adalah Stasiun Balapan Solo - Grogol - Wonogiri - Pracimantoro - Paranggupito - Pantai Sembukan. Lama perjalanan untuk menuju ke objek wisata ini kurang lebih 2 jam24 menit dengan jarak tempuh 89 km. Sebaiknya pakai aplikasi Google Maps agar perjalananmu lebih mudah.

pantai sembukan wonogiri
instagram.com/wandienot

Harga tiket untuk bisa masuk ke sini terbilang murah, yakni Rp 5 ribu. Memang cocok untuk liburan ke sini, tapi sebaiknya tetap ikuti peraturan yang ada di Pantai Sembukan. Pasalnya, objek wisata ini terkenal dengan kisah mistis Nyi Roro Kidul. Selain itu, kamu juga nggak diperkenankan untuk berenang di sini karena banyak karang kecil tajam serta ombak yang besar.

5. Air Terjun Girimanik

air terjun girimanik
instagram.com/frendyaditya

Bagi penggemar objek wisata alam, Air Terjun Girimanik yang terletak di Desa Setren, Slogohimo ini juga sayang untuk dilewatkan. Apalagi, objek wisata ini juga punya tiga air terjun sekaligus, diantaranya Manikmoyo (70 meter), Temojoyo (30 meter) serta Condromoyo. Lokasinya yang berada di sebelah selatan Gunung Lawu membuat kawasan ini punya hawa sejuk. Pemandangannya pun nggak kalah cantik.

Lokasi wisata ini berada di sisi timur Wonogiri dengan jarak 35 km dari pusat kota. Kamu bisa memilih rute Wonogiri - Slogohimo dan menuju ke arah utara sejauh 10 km. Dari pintu masuk, kamu bisa menuju Air Terjun Manikmoyo yang ditempuh selama 5 menit.

manikmati suasana air terjun girimanik wonogiri
instagram.com/frendyaditya

Ada juga Air Terjun Temojoyo yang bisa memakan waktu 30 menit perjalanan karena kamu harus hati-hati untuk menuruni bukit lembah. Air terjun selanjutnya, yakni Condromoyo bisa kamu tempuh selama 15 menit perjalanan. Untuk tiket masuk, kamu hanya perlu membayar Rp 5 ribu saja dan bisa berpetualang di sini dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Murah banget, kan?

Itulah beberapa wisata Wonogiri yang siap membuat liburanmu lebih menyenangkan. Bukan hanya Waduk Gajah Mungkur, ternyata masih banyak wisata perairan keren versi Qupas yang bisa kamu kunjungi. Menariknya lagi, budget yang perlu kamu sediakan pun nggak sampai menguras kantong. Jadi, sudah siap berpetualang di Wonogiri?

0 Comment