57 Kosmetik Palsu dan Berbahaya Disita BPOM, Hayo Kamu Punya Nggak?

10 October 2018, at 08:20
0
0
57 Kosmetik Palsu dan Berbahaya Disita BPOM, Hayo Kamu Punya Nggak?

Dengan gelombang tren kosmetik yang masif dan semakin bervariasi, kamu perlu waspada dengan produk kosmetik yang mungkin saja mengandung bahan berbahaya.

Pasalnya, berdasarkan laporan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Bulan September lalu, terdapat 57 produk kosmetik yang tidak berijin edar. Tidak hanya itu, ada juga yang merupakan produk palsu atau di merek aslinya tidak mengeluarkan produk tersebut.

Bagaimana informasi lengkapnya? Qupas sudah merangkumnya untukmu.

pom.go.id


Dikutip dari laporan resmi BPOM yang diunggah di website-nya (pom.go.id), pada tanggal 4-5 September 2018 lalu, BBPOM Pontianak bersama Korwas PPNS Ditrekrimsus Polda Kalbar menarik total 57 jenis produk kosmetik tanpa ijin edar dari berbagai tempat di Pontianak.

Parahnya, produk tanpa ijin edar alias ilegal tersebut ternyata diperjualbelikan secara bebas melalui platform online. Kebanyakan penjual menjajakannya di Instagram dan Facebook.

Wah, jangan-jangan selama ini kita membeli salah satu produk itu!

Setidaknya, terdapat total 4.198 buah produk yang ditemukan oleh petugas BBPOM Pontianak. Menurut prakiraan, seluruh produk yang ditarik mencapai nilai hingga ratusan juta rupiah.

Nah, apa saja produknya?

1. Sabun, toner, krim pemutih dengan merk 'RD' 
2. Sabun, toner, krim dengan merk 'CR'
3. Krim 'Temulawak'
4. V-C Injection 
5. Lipgloss dan lipstik merk 'Naked'
6. Lipgloss merk 'NYX'
7. Claridem
8. Hydroquinone

Seperti yang sudah kamu ketahui, produk kosmetik ilegal atau yang tidak memiliki ijin edar memiliki potensi bahaya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Dengan kata lain, produk ini belum melalui proses verifikasi BPOM yang akan memastikan bahwa produk tersebut memang aman digunakan.

Biasanya, produk semacam ini dijual sangat murah kepada konsumen. Karena itu, konsumen menjadi tergoda untuk membelinya. Sebagian dari mereka mungkin tidak berpikir kalau bisa saja produk tersebut ilegal atau bahkan palsu.

okezone.com

Nah, kamu bisa bayangkan betapa bahayanya menggunakan kosmetik palsu. BPOM pun menyarankan kepada masyarakat untuk melakukan prosedur pengecekan 'CEK KLIK'.

Metode ini mengharuskanmu untuk CEK Kemasan produk, Label dan juga Ijin Edarnya.

Nah, girls. Cara itu sangat mudah dilakukan. Kamu tidak punya alasan lain untuk menghindari prosedur tersebut, karena ini toh untuk kebaikanmu.

Baca juga: Lakme Rilis Koleksi Bareng Syahrini, yuk Intip Apa Saja Produknya!

catatanmini.com

Kamu boleh saja tergiur dengan harga miring produk kosmetik dari luar negeri, tapi pastikan bahwa produk tersebut legal. BPOM pun memberikan akses kepada masyarakat untuk memeriksa kosmetik apa saja yang telah lolos verifikasi di website mereka.

Kamu bisa mempelajari masalah ini dengan lebih teliti supaya kamu tidak mengalami kendala di kemudian hari. 

Daripada susah belakangan karena kosmetik yang tidak aman, lebih baik kamu belajar menjadi konsumen yang lebih bijak dan teliti. 
 

0 Comment