6 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Nggak Perlu Nyebur Buat Dapat Momen Serunya

03 September 2019, at 15:00
0
0
6 Air Terjun di Jawa Timur dengan Gardu Pandang, Nggak Perlu Nyebur Buat Dapat Momen Serunya

Deretan air terjun di Indonesia menyajikan pesonanya tersendiri. Kamu pun bisa merasakan kesegaran airnya dengan cara nyebur atau sekadar main-main di tepian.

Tapi selain dengan cara 'klasik' tersebut, sekarang ini sudah ada cara asyik yang lain untuk menikmati cantiknya air terjun, yaitu dengan memandangnya lewat gardu pandang.

Seperti beberapa air terjun di Jawa Timur berikut ini. Kamu bisa melihat alirannya dari gardu pandang tanpa perlu basah-basahan. Dimana saja sih lokasi tepatnya?

1. Air Terjun Nglirip

air terjun nglirip
instagram.com/rizki_firman_a

Wisata di Tuban ini menyajikan aliran air terjun dan pemandangan sekitar yang menyejukkan mata. Jarak dari pusat Kota Tuban sekitar 37 Km ke arah barat daya. Menariknya, untuk menuju air terjun ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Sekarang, kamu bisa menikmati air terjun di Tuban ini dari gardu pandang yang disediakan oleh pengelola. Tiket masuknya juga murah, yaitu Rp5 ribu, tapi nggak termasuk parkir ya.

Nah, kalau waktu terbaik menikmati air terjun ini adalah saat pergantian musim kemarau dan hujan.

Lokasi Air Terjun Nglirip : Desa Mulyo Agung, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

2. Coban Watu Ondo

coban watu ondo
instagram.com/rerefirmansyah

Nama lengkapnya adalah Coban Kembar Watu Ondo, karena ada dua air terjun yang saling berhadapan. Keduanya pun mengalirkan kesegaran di antara Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Masing-masing ketinggiannya adalah 15 meter dan 69 meter.

Untuk menikmati langsung air terjun, ada anak tangga yang bisa kamu lewati. Tapi sekarang kamu juga bisa menyaksikan keindahan wisata Batu ini dari atas gardu pandang.

Soal tiket masuk, kamu cuma perlu bayar Rp10 ribu di hari biasa dan Rp20 ribu khusus liburan berdasarkan informasi terbaru. Terjangkau kan?

Lokasi Coban Watu Ondo : Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur

3. Air Terjun Putuk Truno

air terjun putuk truno
instagram.com/sherlie_citra

Air terjun di Jawa Timur dengan gardu pandang ini letaknya di kaki Gunung Welirang dan Arjuno. Tingginya mencapai 45 meter.

Untuk bisa liburan di wisata Pasuruan ini, kamu cuma perlu menyediakan budget sekitar Rp15 ribu. Dengan tarif tersebut, kamu sudah bisa menikmati beragam fasilitas menarik yang meliputi:

  • Kamar mandi
  • Taman
  • Tempat berteduh
  • Bangku
  • Warung

Lokasi Air Terjun Putuk Truno : Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Baca juga: 5 Kebun Teh di Jawa Timur Buat yang Si Penyendiri

4. Air Terjun Tumpak Sewu

air terjun tumpak sewu
instagram.com/mxmwood

Kalau air terjun di Probolinggo ini memang lebih cantik saat dinikmati dari atas ketinggian. Nggak heran kalau sudah disediakan gardu pandang di sini.

Bisa dibilang Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu wisata di Probolinggo yang populer di mata traveler lokal maupun dunia. Meski begitu, tiket masuknya tetap ramah buat sobat misqueen kok, yaitu mulai dari Rp10 ribu.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu : Jalan Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

5. Wisata Alam Banyuanyar

wisata alam banyuanyar
instagram.com/lungodolan.id

Wisata Alam Banyuanyar atau WAB ini masih baru dibuka sekitar awal Januari lalu di lahan keluarga yang dulu nggak terlalu terawat. Setelah kerjasama antara kelompok masyarakat dan pemilik lahan, akhirnya destinasi ini menjadi wisata yang cukup menjanjikan.

Tiket masuk wisata di Kalibaru ini sekitar Rp5 ribu. Beda dengan parkirnya yang dimulai dari Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu khusus mobil.

Dari parkiran, kamu cuma perlu jalan kaki sampai menemukan aliran air yang menyegarkan. Tepat di bawahnya ada kolam alami. Kalau nggak mau basah-basahan, kamu bisa foto-foto di sekitar gardu pandangnya.

Lokasi Wisata Alam Banyuanyar : Dusun Curah Leduk, Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur

6. Coban Jahe

coban jahe malang
instagram.com/yunna.d

Coban Jahe letaknya sekitar 23 kilometer dari pusat Kota Malang. Untuk bisa sampai ke sini, tinggal ikuti arah ke Gunung Semeru dan Bromo saja. Nggak jauh dari gerbang Kecamatan Tumpang, kamu bakal menemukan petunjuk arah ke Coban Jahe. Dari sini, jaraknya sekitar 7 kilometer.

Selain panorama alam yang memukau, di sini kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas seri, mulai dari flying fox sampai river tubing, lho. Tiket masuk ke wisata air terjun Malang ini sekitar Rp10 ribu. Beda lagi kalau mau main wahana seperti river tubing, biayanya bisa mulai dari Rp75 ribu sampai Rp100 ribu.

Lokasi Coban Jahe : Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Itulah keenam wisata air terjun di Jawa Timur yang dilengkapi dengan gardu pandang. Cocok banget buat yang lagi malas basah-basahan. Gimana, tertarik buat mampir?

0 Comment