6 Alasan Mengapa Susah Mencari Sahabat di Usia 20-an

07 October 2018, at 06:00
1
0
6 Alasan Mengapa Susah Mencari Sahabat di Usia 20-an

Ngaku aja. Buat kamu yang sekarang sudah berusia 20-an, pasti merasa kalau lingkaran pertemananmu semakin kecil. Bahkan kamu juga susah mencari sosok sahabat.

Masalah ini ternyata tidak dialami segelintir orang saja. Rata-rata mereka yang sudah menginjak usia kepala dua, telah bekerja di tempat yang mereka inginkan atau fokus dengan kegiatannya masing-masing.

Nah, ini jadi salah satu sebab mengapa persahabatan susah dibentuk. Lalu, ada alasan apa lagi?

Qupas punya jawabannya!

Baca juga: 5 Film Hollywood Bertema Remaja, Nostalgia Zaman SMA

1. Karakter yang Berubah

gogirl.id

Perubahan sifat dan karakter itu wajar. Manusia tak mungkin hidup begitu-begitu saja. Seiring dengan pertambahan usia, pandangan hidup pun berubah.

Tapi, nampaknya tidak semua orang mau menerima perubahan dalam diri kita. Mungkin teman dekatmu di kala SMA merasa kamu bukan orang yang sama dengan yang ia sukai dulu.

Ini juga berlaku untuk teman kantor di tempatmu bekerja saat ini. Kebanyakan dari mereka mungkin kurang bisa menerima sifatmu. Meski sesungguhnya, mereka tidak memahamimu dengan benar.

Karena sentimen ini, akhirnya sosok sahabat pun semakin langka ditemukan.

2. Berkutat dengan Keinginan Diri Sendiri

newfrontiers.co.uk

Coba hitung, berapa jam kamu habiskan setiap minggunya untuk bertemu dengan teman di luar kantor? Mungkin 2-5 jam seminggu, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Ini membuktikan kalau kamu sudah terlanjur fokus dengan pekerjaan atau aktivitasmu. Tidak seperti dulu ketika masih bersekolah, waktumu bersama orang lain menjadi semakin sedikit.

Keterbatasan waktu yang kamu miliki akhirnya membuat kamu kehilangan kesempatan untuk bertemu dengan sosok-sosok yang berpotensi menjadi sahabatmu. Apalagi kalau kamu ingin bercengkrama dengan kantor yang mungkin sudah sama-sama lelah dan tak sanggup kalau harus bertemu dirimu di luar jam kantor.

3. Terpisah Jarak

merries.co.id

Selain karena faktor pekerjaan dan kesibukan masing-masing, jarak juga menjadi alasan mengapa di usia 20-an, kamu susah sekali mendapatkan sosok sahabat. Teman di kantor tak begitu ramah padamu, jadi temanmu kebanyakan berasal dari sekolah yang sama denganmu.

Tapi, apa daya. Kamu sudah bekerja di kota A, sedangkan teman dekatmu berada di kota B. Kalian pun jarang bertemu. 

Padahal, kesempatan itu bisa kamu manfaatkan untuk mendekatkan diri dengan teman yang mau mengerti dan memahami perasaanmu. Hanya di waktu-waktu seperti inilah kita punya kesempatan untuk menikmati hidup.

Akibatnya, semakin hilang lah harapanmu menemui seorang sahabat.

4. Merasa Jengah pada Drama Kehidupan

cloudfront.net

Semakin dewasa, kita cenderung bertambah bijak. Hal ini tentu saja sangat positif. Tapi seringkali ini berakibat negatif pada hubungan sosial kita.

Biasanya, orang yang bijaksana enggan menghabiskan waktunya untuk melakukan aktivitas yang tak berguna. Buat apa membuang waktu untuk bertemu dengan orang-orang yang justru membuatmu kesal.

Meski tidak sampai membuatmu jengah, bagimu, waktu-waktu senggang lebih berharga jika digunakan untuk menyenangkan dirimu sendiri. Dengan cara-cara bisa kamu lakukan tanpa harus ada orang lain. 

Nah, karena alasan ini akhirnya kamu pun semakin ketat memilih sahabat.

5. Hubungan dengan Pasangan

apatadi.com

Di Indonesia, rata-rata usia pernikahan berada di level 20-an. Itu berarti, di umur ini, kamu sudah serius menjalin hubungan dengan kekasihmu.

Ternyata, ini pun juga bisa menjadi sebab mengapa kamu sulit mendapat sosok sahabat di usia ini. Kamu merasa kalau waktumu lebih berharga untuk pasanganmu.

Atau, kamu sudah menganggap pasanganmu sebagai sahabatmu juga. Kalau ini sih, oke-oke aja ya! Jadi silakan saja, lanjutkan pilihanmu.

6. Pemahaman tentang Sahabat Berubah

hellosehat.com

Apa sih arti sahabat untukmu? Buat kamu yang sekarang, dimana usia sudah menunjukkan angka yang cukup dewasa, kamu cenderung lebih bijak memahami arti sahabat.

Kalau dulu, sahabat adalah teman dekat yang mau menemanimu kemana saja atau berbincang bersamamu di waktu senggang. Tapi di usia 20-an, arti sahabat bagimu mungkin sudah berbeda.

Sahabat adalah sosok yang bagaimanapun kamu berubah, dimana pun kamu berada dan apapun yang kamu lakukan, ia tetap mendukungmu. Ia juga akan dengan senang hati menyambutmu ketika kamu membutuhkannya.

7. Sudah Nyaman dengan Diri Sendiri

hellosehat.com

Yang terakhir, biasanya yang membuat kebanyakan orang di usia 20-an merasa sulit mendapatkan sahabat adalah karena ia sudah nyaman dengan diri sendiri. Ia tahu bahwa yang terpenting dalam kehidupan sosialnya adalah kestabilan emosi.

Nah, ini tidak melulu harus membutuhkan seorang teman. Kalau kamu sudah tahu bagaimana cara menghibur diri sendiri, tak ada sahabat pun kamu merasa baik-baik saja.

Betul atau tidak?

OK. Jadi, meskipun kamu tidak memiliki sosok sahabat sama sekali di lingkaran pertemananmu saat ini, tidak masalah. Kamu baik-baik saja meski tak ada orang terdekat yang ada bersamamu setiap saat.

Fokuskan energimu kepada diri sendiri dan orang tua, karena mereka juga sangat membutuhkanmu. Kamu pun masih membutuhkan mereka untuk ada dalam hidupmu.
 

0 Comment