6 Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkan Uban yang Muncul di Usia Muda, Coba deh!

21 June 2019, at 11:00
0
0
6 Bahan Alami Ini Ampuh Menghilangkan Uban yang Muncul di Usia Muda, Coba deh!

Uban umumnya akan mulai muncul dikala usia sudah menginjak 40 tahun ke atas. Tapi nggak sedikit juga yang memiliki rambut putih saat umurnya masih relatif muda.

Selain faktor penuaan, penyebab uban ternyata cukup beragam. Mulai dari stres, genetik, penggunaan bahan kimia, kurangnya asam folat, dan kebutuhan vitamin rambut yang nggak terpenuhi.

Kemunculan rambut putih di usia muda ini sering bikin rasa percaya diri seseorang hilang. Kalau kamu juga mengalaminya, Qupas akan kasih tahu cara menghilangkan uban dengan bahan alami. Seperti berikut!

1. Kopi

kopi
tjori.com

Kamu suka minum kopi hitam? Mulai sekarang coba pakai bubuknya untuk menghilangkan uban.

Cara menghilangkan uban dengan kopi hasilnya permanen dan sangat mudah. Cukup campurkan bubuknya bersama plain yoghurt lalu oleskan ke rambutmu secara merata.

Diamkan selama satu jam lalu bilas dengan air hangat dan shampo. Ritual ini bisa kamu lakukan seminggu sekali.

2. Daun Jambu Biji

daun jambu bji
stylecraze.com

Bahan alami untuk uban ini nggak susah dicari tentunya. Kamu bisa menumbuk beberapa helai daun jambu biji yang sudah dibersihkan lalu campur dengan sedikit air.

Balurkan ramuan yang telah kamu buat ke seluruh rambut sampai ke kulit kepala sambil diiringi dengan pijatan. Tunggu selama 30 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Supaya hasilnya bisa cepat terihat, kamu bisa merawat rambut dengan cara ini dua kali dalam seminggu.

3. Minyak Kelapa

minyak kelapa
naturesway.imgix.net

Minyak kelapa punya kandungan vitamin E, vitamin C, dan zat besi yang mampu merangsang regenerasi sel pada batang rambut. Untuk menghilangkan uban, kamu bisa mengkombinasikannya dengan lemon.

Campurkan kedua bahan ini lalu aplikasikan pada rambut dan iringi dengan pijatan lembut. Diamkan selama 10-30 menit kemudian bilas sampai bersih.

Baca juga: Lengkuas dan 5 Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Makin Cantik, Sudah Tahu?

4. Bawang Bombay

bawang bombay
blogspot.com

Bumbu dapur yang satu ini kaya akan enzim katalase. Dan ternyata, kandungan ini mampu menghilangkan hidrogen peroksida yang menyebabkan rambut jadi cepat beruban.

Kamu bisa memarut bawang bombay dan ambil cairannya. Kemudian balurkan ke seluruh rambut lalu biarkan selama 30 menit.

Setelah itu kamu bisa membilas rambut dengan shampo sampai bersih. Selain mengatasi uban, bawang Bombay juga ampuh untuk membasmi ketombe dan mencegah kerontokan lho.

5. Minyak Kemiri

kemiri
ucarecdn.com

Minyak Kemiri termasuk bumbu dapur yang khasiatnya sangat banyak dan sudah terbukti ampuh. Salah satunya bisa menghilangkan uban.

Nggak perlu beli mahal, kamu bisa dapatkan minyak esensial ini dengan menumbuk biji kemiri yang sudah disangrai hingga minyaknya keluar.

Setelah itu, usapkan minyak kemiri ke seluruh rambut dan diamkan selama 15 menit. Kalau sudah, bilas rambutmu sampai benar-benar bersih dan terbebas dari minyak.

6. Teh

teh
standardmedia.co.ke

Kamu mungkin pernah dengar, manfaat teh untuk kecantikan sangat banyak. Salah satunya bisa mengatasi uban yang mengganggu penampilanmu.

Caranya, seduh teh dan campurkan dengan satu sendok teh garam. Oleskan ke rambut dan biarkan selama satu jam.

Kalau sudah, bilas dengan air sampai bersih. Kamu bisa mengulangi hal perawatan rambut ini setiap hari sampai uban benar-benar musnah.

Baca juga: Ragam Manfaat Teh Hijau Bagi Kecantikan, Bisa untuk Memanjangkan Bulu Mata

Itulah sekian bahan alami yang bisa kamu pakai sebagai cara menghilangkan uban. Nggak perlu menguras kantong dan mudah dilakukan tentunya!

0 Comment