Qupas Healthy

6 Cara Alami Menghilangkan Kutil yang Bisa Kamu Praktikkan di Rumah, Aman dan Mudah!

05 December 2019, at 03:00
6 Cara Alami Menghilangkan Kutil yang Bisa Kamu Praktikkan di Rumah, Aman dan Mudah!

Kutil merupakan infeksi yang terjadi permukaan kulit dan ditandai dengan adanya benjolan kecil bertekstur kasar dengan warna pucat atau kecoklatan. Masalah ini disebabkan oleh human papilloma virus (HPV).

Meskipun bukan masalah yang serius, namun kutil seringkali mengganggu dan dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Selain itu, masalah kesehatan ini mudah mudah menular atau menyebar ke area tubuh lainnya.

Akan tetapi kamu nggak perlu bingung. Nih, Qupas sudah merangkum 6 cara menghilangkan kutil secara alami, aman, mudah, khusus buat kamu!

1. Cuka Apel

cuka apel
baotuoiltre.com

Cuka apel terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengatasi kutil. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan asam asetat yang dapat membunuh berbagai jenis bakteri dan virus di dalamnya.

Kamu bisa melarutkan cuka apel dengan air, kemudian mengoleskannya ke kutil dengan kapas. Setelah itu, tutuplah dengan perban semalaman dan ulangi hingga kutil menghilang.

Kandungan dari cuka apel perlahan-lahan akan membakar kulit yang terinfeksi sekaligus merangsang sistem imun untuk melawan kutil.

2. Bawang Putih

bawang putih
womenshealthmag.com

Selain cuka apel, kamu juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat alami kutil. Kandungan antivirus dan antibakteri dianggap mampu melepuhkan dan merontokkan jaringan kulit berlebih yang membentuk kutil.

Hancurkan bawang putih, kemudian letakkan di atas kulit. Tutup dengan perban semalaman dan lakukan setiap hari sampai kutil menghilang.

3. Lemon

lemon
abelandcole.co.uk

Penelitian yang diterbitkan dalam India Journal of Dermatology, menyebutkan bahwa kandungan asam sitrat dalam perasan lemon memiliki sama efektifnya dengan krim tretinoin topikal yang berfungsi untuk menghilangkan kutil.

Selain itu, efek samping yang ditimbulkan juga lebih sedikit lho. Kamu bisa mengoleskan perasan lemon kemudian menutupnya dengan perban semalaman. Ulangi setiap hari sampai kutil hilang.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Secara Alami, Coba Yuk!

4. Nanas

nanas
medicalnewstoday.com

Kandungan asam dan enzim pelarut yang dimiliki oleh buang nanas ternyata juga bisa membantumu untuk menghilangkan kutil.

Kamu bisa menaruh langsung potongan kecil buah nanas segar ke area yang bermasalah, atau menjadikannya pasta terlebih dahulu supaya dapat dioleskan seperti salep.

5. Kulit Pisang

kulit pisang
iranianuk.com

Beberapa ahli menyebutkan bahwa kandungan kalium dalam kulit pisang mampu melawan virus penyebab kutil.

Oleh sebab itu, kamu bisa mencobanya dengan membalut bagian yang terinfeksi dengan kulit pisang yang sudah dipotong menyesuaikan ukuran. Gantilah secara rutin di siang hari dan kutil akan menghilang dalam beberapa waktu.

6. Lidah Buaya

lidah buaya
100percentpure.com

Memiliki kandungan asam malat dan bersifat antiradang, lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan kutil.

Kamu bisa langsung menggosokkan lidah buaya pada kutil atau menggunakan gel lidah buaya sebagai alternatif.

cara menghilangkan kutil
healthination.com

Wah, ternyata ada banyak cara menghilangkan kutil yang bisa kamu tiru di rumah ya Sobat Qupas?

Pilih salah satu bahan alami di atas yang paling mudah ditemui dan lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Jangan minder lagi ya!