Qupas Beauty

6 Cara Melindungi Wajah dari Polusi yang Menerpa Setiap Hari

19 February 2020, at 08:00
6 Cara Melindungi Wajah dari Polusi yang Menerpa Setiap Hari

Meski nggak terlihat langsung, polusi ternyata bisa menimbulkan kerusakan yang serius pada wajah. Mulai dari kulit kering, jerawat, flek hitam, hingga penuaan dini.

Kalau kamu termasuk orang yang aktif beraktivitas di luar ruangan, paparan polusi tentunya jadi 'santapan' setiap hari. Tapi, bukan berarti kamu bisa tinggal diam dan membiarkan wajahmu dirusak olehnya.

Oleh karena itu, Qupas akan memberimu 6 cara melindungi wajah dari polusi yang wajib kamu coba.

1. Triple Cleansing

Ilustrasi Membersihkan Wajah (Foto: instagram.com/cosrx_paper)
instagram.com/cosrx_paper

Dengan kualitas udara yang semakin memprihatinkan, kamu tentunya sadar, berapa banyak debu dan kotoran yang akan menempel di wajah setiap harinya.

Untuk itu, jangan pernah malas untuk segera membersihkan wajah setelah sampai di rumah. Kalau perlu, lakukan triple cleansing supaya debu, kotoran, dan sisa makeup benar-benar terangkat secara maksimal.

2. Memakai Skincare Antioksidan

Memakai Skincare Antioksidan (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Skincare berbahan green tea dikenal bagus untuk mengobati jerawat, menghidrasi wajah, dan meremajakan kulit. Tapi selain itu, formulanya juga ampuh melindungi wajah dari bahaya polusi lho.

Hal ini karena teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang mampu menangkal bahaya radikal bebas dari polusi. Itulah mengapa, memakai skincare berbahan green tea setiap hari bisa jadi salah satu langkah tepat untuk melindungi wajahmu.

3. Re-Apply Sunscreen

Ilustrasi Memakai Sunscreen (Foto: instagram.com/innisfreeusa)
instagram.com/innisfreeusa

Sunscreen jadi salah satu skincare wajib yang nggak boleh kamu lewatkan untuk dipakai setiap hari. Seperti yang kita tahu, fungsinya nggak cuma melindungi wajah dari sinar UV tapi juga dari berbagai bahaya polusi.

Dan yang terpenting, jangan lupa untuk mengaplikasikannya ulang setiap 3-4 jam sekali ya. Karena pertahanan yang diberikan sunscreen akan memudar dan nggak bisa bertahan seharian karena berbagai faktor.

Baca juga: 8 Skincare Anti Polusi yang Wajib Dipakai Kalau Kamu Hidup di Kota Besar Seperti Jakarta

4. Detoksifikasi Kulit

Memakai Masker Detoksifikasi (Foto: instagram.com/sukinskincare)
instagram.com/sukinskincare

Untuk menjaga agar wajah tetap bersih dan cantik, kamu perlu melakukan detox secara rutin. Istilah yang dikenal sebagai proses pembuangan racun ini akan membuat kotoran, polutan, dan sel kulit mati terangkat dari wajah.

Salah satu cara mudah untuk detox wajah adalah dengan maskeran. Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa memilih produk berjenis clay mask atau masker berbahan charcoal yang memang dikenal mampu menutrisi sekaligus membuang racun dari dalam kulit.

5. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Eksfoliasi Kulit (Foto: instagram.com/thebathbox)
instagram.com/thebathbox

Entah apapun kegiatanmu sehari-hari, eksfoliasi kulit harus jadi perawatan rutin yang kamu lakukan setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Terlebih lagi, ritual ini juga bisa bikin kulitmu terbebas dari tumpukan kotoran akibat polusi dan membantu skincare yang kamu pakai bekerja lebih efektif.

Saat ini ada dua jenis produk exfoliator yang bisa ditemukan di pasaran. Yaitu physical exfoliator seperti facial scrub dan chemical exfoliator seperti peeling pad. Kamu pun bisa memilih sesuai dengan kebutuhan wajahmu.

6. Pakai Masker Penutup Wajah

Memakai Masker Wajah (Foto: ikidane-nippon.com)
press.ikidane-nippon.com

Meski terlihat sepele, memakai masker penutup wajah juga bisa sedikit menghalangi polusi supaya nggak masuk ke dalam kulit. Terlebih lagi buat kamu yang setiap hari wara-wiri dengan kendaraan roda dua.

Selain itu, memakai aksesoris lain seperti syal atau kacamata juga bisa jadi langkah tepat untuk menjaga wajahmu supaya tetap sehat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melindungi wajah dari polusi. Selamat mencoba!