6 Cara Membuat Face Mist di Rumah untuk Memanjakan Kulit Berminyak

24 September 2019, at 13:00
0
0
6 Cara Membuat Face Mist di Rumah untuk Memanjakan Kulit Berminyak

Satu hal yang paling menyebalkan dari kulit berminyak adalah, meski berada di ruangan ber-AC sekalipun, wajah tetap akan memproduksi sebum dan membuatmu jadi terlihat kusam. Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan face mist.

Facial mist bisa membantu menghidrasi wajah di manapun kamu berada supaya terlihat lebih fresh. Meski skincare yang satu ini mudah ditemukan di pasaran, tapi sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri di rumah lho.

Kalau kamu mau lebih irit budget, coba yuk resep membuat face mist untuk kulit berminyak berikut ini!

1. DIY face mist dengan teh hijau

teh hijau
tech-nature.com

Teh hijau diketahui mengandung antioksidan alami dan polifenol yang bersifat sebagai anti inflamasi sekaligus bisa mengendalikan produksi sebum.

Sehingga akan sangat baik untuk menangani wajah berminyak dan berjerawat. Cara membuat face mist dari green tea juga sangat mudah.

Cukup masukkan 2 kantong teh hijau ke dalam air mendidih selama satu jam. Tunggu hingga dingin, dan face mist buatanmu siap digunakan.

2. DIY face mist dengan tomat

tomat
bonnieplants.com

Tomat ternyata punya kandungan asam yang bisa mengontrol minyak di wajah. Selain itu, bahan dapur ini mengandung vitamin C yang bisa mencegah jerawat, membersihkan pori, dan mendatangkan rasa sejuk.

DIY facial mist untuk kulit berminyak dari tomat bisa kamu buat dengan memarut buahnya lalu ambil airnya. Setelah itu campurkan dengan air kelapa supaya khasiatnya semakin mantab.

3. DIY face mist dengan mentimun

mentimun
fusionteas.com

Mentimun punya segudang manfaat untuk kecantikan. Diantaranya mampu menjaga elastisitas kulit, melembabkan wajah, mengurangi peradangan, hingga mengontrol sebum. Karena itulah, kamu juga patut menggunakannya sebagai bahan face mist.

Caranya, blender 1-2 buah mentimun hingga halus. Lalu saring hasilnya dan ambil airnya saja untuk digunakan sebagai pengganti face mist andalanmu.

Baca juga: Gampang Ditemukan di Rumah, 7 Bahan Alami Ini Ampuh untuk Mengatasi Wajah Berminyak

4. DIY face mist dengan aloe vera

lidah buaya
iconvo.com

Punya tanaman lidah buaya di rumah? Kamu bisa memanfaatkannya sebagai face mist untuk mengatasi wajah berminyak ataupun masalah lainnya.

Cara membuat face mist dari aloe vera juga nggak kalah mudah. Kamu tinggal mencampurkan dagingnya yang sudah dibersihkan dengan air dan minyak esensial lavender ke dalam botol spray.

5. DIY face mist dengan air mawar

air mawar
falaporto.com.br

Air mawar juga termasuk bahan alami yang sering digunakan untuk pembuatan skincare dan makeup. Hal ini karena sifat astringen di dalamnya punya segudang manfaat.

Mulai dari mengontrol minyak berlebih supaya wajahmu nggak kusam hingga membersihkan sisa kotoran yang menyumbat pori-pori dan biasanya jadi cikal bakal munculnya komedo.

Untuk mengubahnya menjadi face mist, kamu bisa campurkan air mawar dengan jojoba oil. Ramuan ini akan berguna untuk mengecilkan pori dan menjaga kulit wajah agar senantiasa terhidrasi dengan baik.

6. DIY face mist dengan minyak cengkeh

minyak cengkeh
toiimg.com

Jarang diketahui, minyak cengkeh juga banyak membantu pemilik kulit berminyak. Karena rempah ini mengandung antioksidan, anti peradangan, anti jamur dan anti mikroba.

DIY facial mist kulit berminyak bisa kamu lakukan dengan mencampurkan minyak cengkeh bersama air rebusan daun nimba. Setelah itu tinggal masukkan ke botol spray dan siap digunakan.

Itulah beberapa cara membuat facial mist untuk kulit berminyak yang gampang dipraktekkan di rumah. Selamat mencoba!

0 Comment