6 Cara Membuat Pengharum Ruangan yang Tahan Lama dan Wanginya Semerbak

23 September 2019, at 11:00
0
0
6 Cara Membuat Pengharum Ruangan yang Tahan Lama dan Wanginya Semerbak

Buat kamu yang mungkin punya masalah dengan bau nggak sedap di rumah dan bingung memilih aroma pengharum ruangan yang cocok. Tenang, Qupas punya solusinya.

Nggak perlu beli, tapi kamu bisa membuat pengharum ruangan sendiri. Bahan dan aroma bisa kamu pilih sesuai selera.

Biar nggak makin penasaran, simak yuk cara membuat pengharum ruangan yang tahan lama dan wanginya semerrbak!

1. Pengharum Ruangan Lavender dan Lemon

pengharum ruangan levender
theheirloomlady.com

Pengharum ruangan dengan aroma lavender ini akan membuat ruangan menjadi nyaman ditempati karena memiliki aroma lebih segar. Tentunya itu karena semerbak bau lemon yang menambah awet aroma lavender.

Cara membuat pengharum ruangan ini cukuplah mudah, hanya dengan mencampurkan satu tetes air sulingan lavender dan perasan lemon. Ditambahkan sedikit alkohol agar lebih segar.

2. Bees Wax

menyalakan lilin bees wax
savvyhomemade.com

Selain membuat pengharum ruangan semprot, kamu pun bisa membuat aroma manis dari lilin madu ini. Kamu hanya perlu menyiapkan lilin lebah, sumbu, dan toples.

Butiran lilin lebah yang berbentuk seperti beras dicairkan terlebih dahulu dan dicampur dalam satu toples kaca, lalu diberi sumbu. Oven dengan suhu panas selama beberapa menit saja.

3. Scented Candle Coffee

scented candle coffee
rcs.co.za

Lilin dengan aroma kopi memang sangat enak untuk dijadikan pengharum ruangan. Terlebih lagi buat pecinta minuman berkafein ini.

Lilin kopi ini bisa menghasilkan aroma wangi untuk menenangkan pikiran. Apalagi kalau diberi tambahan irisan kulit jeruk di pinggir lilin kopi.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Lagi Ngetren, Sudah Tanam di Rumahmu?

4. Gel Air Freshener



cara membuat pengharum ruangan
helloglow.co

Kata siapa membuat pengharum ruangan berbentuk gel ini sulit? Nggak juga kok. Menariknya, lilin gel ini bisa bertahan hingga 4 minggu lamanya lho.

Cara membuatnya cukup mudah, yaitu hanya dengan mencampurkan 1 ons bubuk gelatin, air cangkir dingin, 30 tetes minyak esensial, dan pewarna.

5. Lilin Teh Aromatik

lilin teh aromatik
marthastewart.com

Cara membuat pengharum ruangan yang satu ini juga nggak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan bunga-bunga cantik yang biasanya diseduh menjadi teh aromatik.

Salah satunya seperti bunga Chamomile. Campurkan tanaman ini dengan paraffin atau beeswax. Paraffin yang digunakan yang nggak memiliki aroma ya. Pasalnya, bunga Chamomile sendiri sudah memiliki aroma wangi yang menyerbak.

6. Potpourri

potpourri
images.britcdn.com

Potpourri adalah cara untuk membuat pengharum ruangan yang biasa dilakukan oleh orang-orang dari negara Barat. Cara unik membuat pengharum ruangan yang dibuat dari bunga kering ini gampang dilakukan.

Biasanya bunga-bunga yang dibuat adalah bunga mawar, bunga melati, dan bunga lavender. Lalu dicampurkan dengan minyak esensial dan rempah-rempah seperti cengkeh agar harum.

Well, enam cara membuat pengharum ruangan sendiri tersebut bisa kamu sesuaikan dengan seleramu. Kalau sobat Qupas ingin membuat pengharum ruangan yang mana nih?

0 Comment